8 Agama Tertua di Dunia

Berita trending terbaru dan berita viral terbaru : Sebelum adanya agama Islam maupun Kristen, ini 8 agama tertua yang ada di dunia.

Agama tertua di dunia. [Foto.Ist]

Sebelum adanya agama Islam maupun Kristen, ini 8 agama tertua yang ada di dunia.

Cekricek.id - Agama yang diyakini oleh sejumlah orang pada saat ini tentunya telah berasal dari beberapa abad sebelumnya.

Namun pastinya masih ada orang yang bertanya-tanya tentang asal usul secara keseluruhan dari suatu agama yang ia yakini.

Sebelum beberapa agama seperti Islam maupun Kristen yang ada saat ini ternyata sudah ada agama yang lebih dahulu dipercayai oleh nenek moyang. Seperti 8 agama tertua di dunia berikut ini mengutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Buka Praktik Jasa "Ena-ena", 3 Mahasiswi Ini Layani 37 Tamu dalam 5 Hari, Raup Rp 33 Juta

Hindu (Sekitar 7.000 SM)

Lampiran Gambar

Di posisi pertama ada agama Hindu yang dianggap sebagai salah satu agama tertua. Menariknya lagi sampai saat ini agama tersebut masih dipraktikkan sampai sekarang.

Mungkin saat ini banyak orang yang menganggap jika Brahmanisme merupakan pendahulu di agama Hindu, Namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Karena di India hal ini justru dianggap sebagai salah satu atau bagian dari tradisi mereka. Kitab suci agama Hindu yang diperkirakan berusia 3500 tahun yaitu rig veda.

Akan tetapi sejumlah arkeolog justru menemukan adanya motif banteng dan sapi yang diperkirakan berasal dari tahun 7000 SM. Hal ini pun tak luput dari peradaban kuno yang sempat berada di dekat Sungai Indus.

Yudaisme/ Yahudi (Sekitar 2.000 SM)

Lampiran Gambar

Urutan berikutnya ada agama Yahudi atau Yudaisme. Dikatakan jika agama ini merupakan kelompok tertua dari tiga agama monoteistik Abraham (Ibrahim), dengan dua agama lainnya adalah Kristen dan Islam.

Dokumen keagamaan terpenting dalam Yudaisme adalah Taurat meskipun kini telah banyak teks penting maupun sakral.

Untuk saat ini budaya seni modern juga pisahkan atas tiga gerakan. Di posisi pertama ada Yudaisme Ortodoks atau sebutan bagi mereka yang paling konservatif dan masih mempertahankan sejumlah ritual tradisional.

Kedua ada Reformasi Yudaisme, Mereka masih mempertahankan identitas Yahudi akan tetapi setelah bersikap cukup terbuka dalam verbagai kepercayaan sekaligus praktiknya.

Dan di posisi terakhir ada yudaisme konservatif, Di mana mereka melakukan pendekatan moderat terhadap praktik Yahudi.

Zoroastrianisme (Sekitar 1.500 SM)

Lampiran Gambar

Agama tertua ketiga di dunia ada Zoroastrianisme yang diperkirakan telah ada sejak 1500 SM. Walaupun secara resminya agama tersebut baru didirikan pada abad ke 6 SM.

Perkiraan tersebut juga dapat dibuktikan melalui adanya sejumlah bukti arkeologis dan akar agama.

Dalam agama ini mereka menyebut Tuhan dengan sebutan Ahura Mazda. Agama tersebut tidak menyembah api namun meyakini jika cahaya itu mewakili kebijaksanaan sang pencipta.

Shinto (Sekitar 700 SM)

Lampiran Gambar

Banyak yang meyakini jika agama Shinto telah berkembang Sekitar tahun 700 SM. Namun agama ini sendiri baru diperkenalkan ke Jepang di abad ke-6 SM setelah agama Buddha.

Namun juga ada yang mengisahkan setelah agama Buddha semakin berkembang kedua ajaran ini akhirnya digabungkan.

Apalagi setelah adanya seorang bangsawan yang berkuasa malah menggabungkan agama tersebut untuk digunakan dalam membimbing rakyat Jepang.

Di negeri Sakura ini, Shinto secara resmi ditetapkan sebagai ajaran agama selama Periode Meiji (1868 - 1912).

Buddhisme (Sekitar 600 SM)

Lampiran Gambar

Posisi berikutnya ada agama Budha atau Buddhisme yang diperkirakan telah berkembang sekitar 600 SM.

Rupanya lebih dari 2500 tahun yang lalu ada salah seorang pangeran Nepal modern bernama Siddhartha Gautama yang dianggap sebagai salah satu pendirinya.

Setelah melihat adanya penderitaan rakyat di luar tembok istana yang memutuskan untuk mengesampingkan hidup mewah. Hingga akhirnya ia duduk di bawah pohon pencerahan dan akhirnya menjadi seorang budha.

Jainisme (Sekitar 600 SM)

Lampiran Gambar

Agama kuno yang satu ini diperkirakan berasal dari India yang bernama Jainisme yang telah muncul sejak abad ke-6 SM.

Apalagi agama yang satu ini diperkirakan juga memiliki kesamaan yang cukup banyak dengan agama Hindu maupun Budha.

Mereka Percaya adanya 24  tirthankara (nabi) yang telah mencapai spiritual tertinggi dari sebuah kebenaran. Selain itu nabi terakhir yang mereka percayai adalah seorang budak kontemporer bernama mahavira.

Konfusianisme (Sekitar 600 SM)

Lampiran Gambar

Agama yang diperkirakan telah ada sekitar 600 SM yang berasal dari Tiongkok. Walaupun tidak dipraktikkan secara tradisional namun Konfusianisme diakui sebagai sebuah agama.

Kepercayaan ini juga telah menyebar selama beberapa tahun dalam kehidupan spiritual serta politik masyarakat di Tiongkok.

Selain itu hal ini juga telah menyebar ke berbagai negara lain yang termasuk di bagian Asia Timur seperti Korea hingga Jepang.

Taoisme (Sekitar 500 SM)

Lampiran Gambar

Dan di posisi terakhir ada agama atau kepercayaan taoisme yang berdasarkan pada ajaran Tao Te Ching. Agama yang satu ini juga sangat dikenal karena memanfaatkan gagasan untuk persatuan dan kebalikan atau Yin dan Yang.

Di Tiongkok sendiri agama tersebut termasuk salah satu agama terkuat sebelum revolusi komunis. Dan bahkan hal ini juga telah kembali dianut dan diyakini oleh sebagian besar rakyat Tiongkok.

Agama tersebut juga dipraktikkan ke berbagai negara lain termasuk Taiwan, Asia Tenggara. [*/Nlm]

Baca juga: Luna Maya Pelukan Mesra dengan Morgan Oey, Jadian?

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat Usai Anaknya Meninggal Dunia
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat dan Dinikahi Muncikari
Anak indigo ini beberkan sederet kelebihan dan hal yang biasa bagi kaumnya tapi mungkin jadi hal special bagi orang lain.
Pria Ini Bongkar Sederet Kelebihan Anak Indigo
Mama Pandan, seorang waria inspiratif besarkan seorang anak angkat dengan segala perjuangan di tengah banyaknya bully.
Begini Perjuangan Waria Ini Demi Sekolahkan Anak Angkat
Usai makan sesajen di sendang dan kuburan, seorang pria ini alami berbagai macam kejadian mistis diganggu makhluk halus.
Nekat Makan Sesajen, Pria Ini Alami Kejadian Mistis
Seorang ibu menumpahkan rasa kecewaannya karena rambut anaknya yang baru seminggu masuk sekolah dipotong tanpa izin oleh gurunya.
Viral Guru Potong Rambut Murid 7 Tahun Tanpa Izin, Sang Ibu Lapor KPAI