Unilak Resmi Buka Prodi Magister Akuntansi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Dibuka

Berita Riau Hari Ini: Unilak Resmi Buka Prodi Magister Akuntansi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Dibuka

Unilak Resmi Buka Prodi Magister Akuntansi. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Universitas Lancang Kuning (Unilak) resmi membuka Program Studi (Prodi) Magister Akuntansi di Pascasarjana. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor 187/E/0 Tahun 2022 tentang pembukaan Prodi Magister Akuntansi di Unilak yang ditandatangani oleh Menteri Dikbudristek, Prof. Dr. Nizam.

Rektor Unilak, Prof. Junaidi, mengungkapkan rasa syukur atas terbitnya izin pembukaan Prodi Magister Akuntansi dari Kemendikbudristek. Surat Keputusan telah diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Afdalisma, di Padang pada Jumat lalu. Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor III Unilak, Hardi

Pendiri Prodi Magister Akuntansi bertujuan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas bagi masyarakat Riau dan Indonesia. Berdirinya Prodi ini didukung oleh aspirasi dari alumni Unilak, praktisi keuangan/akuntansi, pebisnis, pakar ekonomi Riau, dan masyarakat luas.

"Ini merupakan kabar gembira, tahun ini dan di bulan Ramadan, Unilak mendapatkan keberkahan dari Allah. Kami patut bersyukur. Dengan hadirnya Magister Akuntansi ini, maka Sekolah Pascasarjana Unilak saat ini total ada 6 Prodi. 5 Prodi yang lebih dahulu berdiri yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, Magister Ilmu Lingkungan, Magister Pedagogi, dan Magister Ilmu Pertanian," ujar Prof. Junaidi pada Sabtu (16/3).

Prof. Junaidi menyebutkan bahwa masukan dan dorongan dari masyarakat menjadi motivasi bagi civitas akademika Unilak untuk mewujudkan Prodi Magister Akuntansi. Beliau mengapresiasi tim akademik yang telah bekerja keras untuk menghadirkan Prodi tersebut dan mengajak masyarakat Riau untuk segera mendaftar menjadi mahasiswa, terutama bagi praktisi keuangan, perpajakan, perbankan, bisnis, ekonomi, auditor, dan disiplin ilmu lainnya yang relevan.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unilak Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Hardi, menjelaskan bahwa bagi masyarakat yang ingin mendaftar dapat menyiapkan beberapa persyaratan, yaitu fotokopi ijazah dan transkrip nilai S1, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga, serta pas foto dengan latar belakang kuning. Pendaftaran mahasiswa baru dibuka hingga 12 April 2024.

"Lulusan Magister Akuntansi Unilak setelah lulus menyandang gelar M.Ak. Proses pembelajaran di Unilak menggunakan metode blended learning dan hybrid learning. Magister Akuntansi Unilak memiliki empat konsentrasi, yaitu Akuntansi Keuangan Syariah, Audit, Akuntansi Manajemen, dan Akuntansi Sektor Publik," ucap Hardi.

Beliau menambahkan, "Untuk pelaksanaan kuliah, ada kelas reguler A yang diadakan pada hari Senin-Kamis, dan reguler B yang diadakan pada hari Jumat dan Sabtu. Tenaga dosen yang mengajar berpendidikan Doktor yang telah ahli, pakar, dan profesional."

Baca juga: Gubernur Riau Tunda Penandatanganan Hibah Rumah Susun UNILAK, Rincian Aset Belum Lengkap

Dengan dibukanya Prodi Magister Akuntansi di Unilak, masyarakat Riau dan sekitarnya kini memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi lanjut di bidang akuntansi pada jenjang pascasarjana. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM di bidang akuntansi dan mendukung pembangunan ekonomi di Riau dan Indonesia secara umum.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Terkini Riau.
Prakiraan Cuaca Terkini Riau, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Berita Riau Hari Ini: Misteri Mayat Wanita Tanpa Busana Ditemukan Terlilit Kabel Listrik di Kampar
Misteri Mayat Wanita Tanpa Busana Ditemukan Terlilit Kabel Listrik di Kampar
Berita Riau Hari Ini: 34.271 Warga Riau Hafidz Al-Quran Berkat Program Satu Guru Hafidz Satu Desa
34.271 Warga Riau Hafidz Al-Quran Berkat Program Satu Guru Hafidz Satu Desa
Berita Riau Hari Ini: UIR Kukuhkan Tiga Profesor Baru, Tingkatkan Kualitas Akademik
UIR Kukuhkan Tiga Profesor Baru, Optimis Tahun 2041 Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia
Polemik Tumpukan Sampah di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Resah dan Pihak Terkait Saling Lempar Tanggung Jawab
Polemik Tumpukan Sampah di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Resah dan Pihak Terkait Saling Lempar Tanggung Jawab
Berita Riau Hari Ini: Petugas Gabungan Siaga di Pos-pos Rawan Karhutla Riau, Cegah Kebakaran Semakin Meluas
Petugas Gabungan Siaga di Pos-pos Rawan Karhutla Riau, Cegah Kebakaran Semakin Meluas