5 Negara Tertua di Dunia

Berita trending terbaru dan berita viral terbaru : Kamu pasati gak nyangka, ternyata inilah 5 negara tertua yang ada di dunia.

Negara tertua di dunia. [Foto.Ist]

Cekricek.id - Setiap tahunnya berbagai wilayah ataupun negara di dunia tentu mengalami perkembangan. Namun terkadang tidak semua perkembangan tersebut menuju ke arah kebaikan malah terkadang terjadi sebaliknya.

Di dunia sendiri terdapat berbagai negara dengan beragam keberagamannya. Namun ternyata inilah 5 negara tertua yang ada di dunia mengutip dari berbagai sumber.

Baca juga: 4 Tradisi Unik di Beberapa Negara Menjelang Ramadan

Mesir

Lampiran Gambar

Urutan pertama ada negara Mesir yang telah ada sejak 6000 sebelum masehi. Pernyataan tersebut juga dapat ditelusuri dengan bukti penemuan kelompok berburu yang sempat menetap di lembah Sungai Nil.

Selain itu juga ada dinasti pertama Mesir yang tercatat telah ada sekitar 3100 sebelum Masehi. Ini mengindikasikan jika Mesir merupakan negara tertua di dunia.

Apalagi sejarawan mempercayai pendiri Mesir adalah seorang bernama Narmer yang juga membangun berbagai hal di sepanjang Sungai Nil. Disebutkan jika ia juga merupakan pendiri dari kota yang berada dekat Kairo yakni Memphis.

Hingga kemudian pada 332 sebelum masehi Alexander Agung berhasil menaklukkan Mesir. Dan terciptalah Mesir modern setelah adanya revolusi Mesir di tahun 1952.

China

Lampiran Gambar

Di urutan kedua ada negeri Cina yang diperkirakan telah berlangsung sejak 2070-1600 sebelum masehi. Dengan dinasti pertamanya yaitu Dinasti Xia.

Akan tetapi diperkirakan belum ada tulisan tangan yang tercatat dari dinas desa tersebut. Karena dinasti pertama sejarah Tiongkok mulai ditulis sejak Dinasti Shang (1600-1046 Sebelum Masehi).

Hingga kemudian ditemukannya bukti kuat mengenai keberadaan dari dinasti tersebut oleh pengadilan di tahun 1960 dan 1970-an.

Sementara Republik Rakyat Tiongkok sendiri baru didirikan sejak tahun 1949 dan semakin berkembang hingga saat ini menjadi Tiongkok modern.

India

Lampiran Gambar

Begitupun dengan India yang diperkirakan telah ada sejak 3300 sebelum Masehi. Karena sebelumnya telah banyak orang yang tinggal dan menciptakan peradaban di lembah Indus.

Akan tetapi India sendiri diperkirakan telah berlangsung sebagai sebuah bangsa sejak 1500-600 sebelum Masehi. Hal inipun dapat diketahui dengan beredarnya berbagai teks kerajaan pertama yaitu Weda sekitar tahun 1200 sebelum Masehi.

Akhir periode kerajaan tersebut dikatakan juga menyebabkan kebangkitan dari berbagai keyakinan yang dipercayai seperti Hindu, Jainisme, dan Budha di India.

Sedangkan negara India sendiri baru memperoleh kemerdekaan di tahun 1947 setelah lepas dari penjajahan Inggris.

Ethiopia

Lampiran Gambar

Diperkirakan jika peradaban manusia yang ada di Etopia telah ada sejak jutaan tahun. Seperti dengan adanya penemuan manusia yang mirip kera berusia 3,4 juta hingga 2,9 juta tahun.

Lalu sekitar 980 sampai 400 sebelum Masehi telah ada sebuah kerajaan pertama di negara tersebut Yaitu D’mt atau dikenal Da’amot.

Namun kerajaan pertama tersebut harus tunduk dan berakhir semenjak kerajaan aksumite naik di puncak kejayaannya.

Setelah itu barulah muncul dinasti Zagmer dan dinasti Solomon. Lalu pada tahun 1974 Ethopia terus diperintah oleh sejumlah monarki.

Yunani

Lampiran Gambar

Di posisi terakhir ada bangsa Yunani yang sempat menonjol pada periode Archaic. Jika dilihat dalam catatan sejarah ternyata periode Ayunan ini telah muncul sekitar 800 sebelum masehi.

Munculnya Yunani kuno ini kemudian diikuti oleh yunani-romawi, Yunani Bizantium, dan Yunani Ottoman.

Sementara untuk periode Yunani modern sendiri baru dimulai setelah adanya revolusi Yunani setelah tahun 1821. [*/Nlm]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat Usai Anaknya Meninggal Dunia
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat dan Dinikahi Muncikari
Anak indigo ini beberkan sederet kelebihan dan hal yang biasa bagi kaumnya tapi mungkin jadi hal special bagi orang lain.
Pria Ini Bongkar Sederet Kelebihan Anak Indigo
Mama Pandan, seorang waria inspiratif besarkan seorang anak angkat dengan segala perjuangan di tengah banyaknya bully.
Begini Perjuangan Waria Ini Demi Sekolahkan Anak Angkat
Usai makan sesajen di sendang dan kuburan, seorang pria ini alami berbagai macam kejadian mistis diganggu makhluk halus.
Nekat Makan Sesajen, Pria Ini Alami Kejadian Mistis
Seorang ibu menumpahkan rasa kecewaannya karena rambut anaknya yang baru seminggu masuk sekolah dipotong tanpa izin oleh gurunya.
Viral Guru Potong Rambut Murid 7 Tahun Tanpa Izin, Sang Ibu Lapor KPAI