4 Tradisi Unik di Beberapa Negara Menjelang Ramadan

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: inilah tradisi unik menyambut Ramadhan di beberapa negara yang ada di dunia.

Ilustrasi tradisi unik sebelum Ramadhan. [Foto: Ist]

Inilah tradisi unik menyambut Ramadan di beberapa negara yang ada di dunia.

Cekricek.id – Saat menyambut bulan Ramadan, tiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan suka cita atas datangnya bulan yang penuh berkah ini.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini ada 4 tradisi unik di beberapa negara di dunia dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Fanous di Mesir

Lampiran Gambar

Menjelang bulan Ramadan atau bulan puasa, di negara Mesir banyak dijumpai orang yang menjual fanous atau lentera warna-warni di toko-toko.

Hal itu dikarenakan warga Mesir memiliki tradisi memasang dekorasi fanous atau lentera yang dinyalakan di depan rumah mereka untuk menyemarakkan suasana malam hari di bulan Ramadan.

Lampu-lampu indah tersebut akan dipasang sepanjang jalan umum, di rumah, kafe, dan masjid. Nantinya, lampu itu akan membuat kota-kota di Mesir bagaikan kota magis di malam harinya.

Iftar Picnics di India

Lampiran Gambar

Tradisi iftar picnics ini merupakan piknik berbuka puasa yang dilakukan di teras-teras masjid sekitar kota.

Pada saat piknik itu, ratusan umat muslim di India akan berkumpul dan menghamparkan selembar kain besar sebagai alas hidangan makanan yang telah disiapkan dari rumah.

Selain itu, juga ada stan makanan yang bisa dicicipi oleh para pengujung di sekitar masjid tempat tradisi iftar picnics ini dilakukan.

Tradisi Haq al Laila di UEA

Lampiran Gambar

Haq al Laila merupakan tradisi yang sudah mengakar di Uni Emirat Arab. Anak-anak keluar ke jalanan sambil berpakaian meriah layaknya seorang putri dan pangeran Arab. Mereka kala itu sambil menenteng tas rajutan tradisional ditangannya.

Tak lupa, mereka berjalan mengelilingi pemukiman sambil menyanyikan lagu keagamaan dan menyerukan “Antona Allah Yutikom, Bait Makkah Yudikum” artinya “Berikan kepada kami dan Allah akan membalasmu, memberi kemudahan bagimu untuk berkunjung ke Makkah”.

Tradisi Padusan di Indonesia

Lampiran Gambar

Tradisi padusan merupakan salah tradisi yang dilakukan menjelang puasa di beberapa wilayah yang ada di Pulau Jawa. Dalam bahasa Jawa, Padusan berasal dari kata adus yang berarti mandi.

Jadi, padusan ini merupakan tradisi masyarakat Jawa untuk menyucikan diri, membersihkan jiwa raga dalam menyambut bulan penuh berkah dan ampunan.

Tradisi ini dilakoni dengan mendatangi sumber mata air murni dan biasanya dilakukan sehari sebelum puasa.

Baca juga: Menyambut Kematian, 3 Artis Sudah Sediakan Ini

[*/rik]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat Usai Anaknya Meninggal Dunia
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat dan Dinikahi Muncikari
Anak indigo ini beberkan sederet kelebihan dan hal yang biasa bagi kaumnya tapi mungkin jadi hal special bagi orang lain.
Pria Ini Bongkar Sederet Kelebihan Anak Indigo
Mama Pandan, seorang waria inspiratif besarkan seorang anak angkat dengan segala perjuangan di tengah banyaknya bully.
Begini Perjuangan Waria Ini Demi Sekolahkan Anak Angkat
Usai makan sesajen di sendang dan kuburan, seorang pria ini alami berbagai macam kejadian mistis diganggu makhluk halus.
Nekat Makan Sesajen, Pria Ini Alami Kejadian Mistis
Seorang ibu menumpahkan rasa kecewaannya karena rambut anaknya yang baru seminggu masuk sekolah dipotong tanpa izin oleh gurunya.
Viral Guru Potong Rambut Murid 7 Tahun Tanpa Izin, Sang Ibu Lapor KPAI