5 Pesugihan yang Masih Eksis di Tanah Air

Berita trending terbaru dan berita viral terbaru : berbagai macam praktik pesugihan masih ada yang berlaku di Indonesia sampai saat ini.

Berbagai macam pesugihan. [Foto.Ist]

Cekricek.id - Jauh sebelum Indonesia merdeka masyarakat telah mengenal berbagai tradisi maupun kepercayaan. Bahkan beberapa ritual masih sering dilakukan oleh sejumlah masyarakat.

Seperti salah satu ritual nya adalah dengan melakukan pesugihan yang diyakini dapat membawa keberuntungan tanpa bekerja keras. Pesugihan juga sangat identik dengan memberikan sumbangan kepada setan.

Ternyata berbagai macam praktik pesugihan masih ada yang berlaku di Indonesia sampai saat ini mengutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Buka Praktik Jasa "Ena-ena", 3 Mahasiswi Ini Layani 37 Tamu dalam 5 Hari, Raup Rp 33 Juta

Pesugihan Bulu Genderuwo

Lampiran Gambar

Mungkin tak banyak yang tahu ternyata ada pesugihan bulu genderuwo tanpa harus mengorbankan tumbal berupa nyawa manusia.

Akan tetapi hal ini dinilai begitu sulit karena pelaku pesugihan tersebut harus mencabut langsung bulu genderuwo.

Sebelum memulai ritual dirinya harus menyiapkan sebuah masakan yang berasal dari burung gagak. Kemudian ia harus berdiri sendiri di bawah pohon gayam tanpa mengenakan busana apapun.

Pesugihan Nyai Puspo Cempoko

Lampiran Gambar

Di posisi berikutnya ada nama pesugihan Nyai Puspo Cempoko ya mungkin juga terdengar asing di bagian telinga masyarakat.

Tujuan dari pesugihan tersebut adalah agar bisa membayar hutang dalam jangka waktu cepat tanpa harus bekerja.

Pesugihan ini dilakukan dengan cara mencarikan sosok laki-laki yang bersedia menjadi suami dari Nyai Puspo Cempoko.

Nyai tersebut diyakini merupakan sebagai penunggu pulau kabongan yang berada di daerah Rembang.

Selain menyediakan pria pelaku pesugihan ini juga harus menyediakan berbagai jajanan yang terdiri dari kembang, madu, kelapa hijau, bakaran menyan.

Pesugihan Babi Ngepet

Lampiran Gambar

Pesugihan babi ngepet mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat tanah air. Dari informasi yang ada di kisahkan jika pesugihan babi ngepet ini minimal harus dilakukan oleh dua orang.

Salah satu pihak bertugas sebagai babi untuk mencuri berbagai harta berharga milik orang lain. Sementara rekannya yang lain akan menjaga lilin agar tetap hidup sehingga sang babi ngepet bisa bekerja.

Pesugihan Minyak Kuyang atau Kawiyang

Lampiran Gambar

Beralih ke wilayah Kalimantan yang begitu dikenal dengan ilmu hitamnya ternyata ada sebuah pesugihan minyak kuyang atau kawiyang.

Minyak tersebut juga harus diletakkan di sebuah tempat atau wadah khusus yang diberi nama cecupu.

Minyak tersebut juga diyakini terdiri dari berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda. Salah satu hasiat yang diyakini oleh masyarakat adalah bisa mengembalikan uang yang sebelumnya telah dibelanjakan.

Pesugihan Nyi Blorong

Lampiran Gambar

Di posisi terakhir ada nama pesugihan Nyi Blorong yang begitu dikenal di daerah Jawa. Banyak yang menyebut jika pesugihan tersebut termasuk salah satu pesugihan kelas atas.

Pesugihan ini menggunakan tumbal yang nantinya roh milik orang yang ditimbulkan akan menjadi pengikut Nyi Blorong.

Yang paling mengerikan adalah korban atau tumbal yang diminta oleh Nyi Blorong tersebut. Karena hal ini justru dinilai berdasarkan keinginan dari Nyi Blorong bukannya ditentukan. [*/Nlm]

Baca juga: Anak Indigo Ini Ungkap Ada Artis Tumbalkan Diri untuk Pesugihan, Berinisial P

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Tag:

Baca Juga

Berita terbaru: Sepasang remaja tanpa rasa malu nekat melakukan ciuman di tempat umum, videonya pun kini viral di media sosial, Minggu (22/5/2022).
Viral, Sepasang Bocah Cilik Nekat Ciuman di Tempat Umum
Kakek nikahi gadis. [Foto/Tangkapan layar Instagram]
Viral Seorang Kakek Nikahi Gadis Cantik Berusia 19 Tahun, Maharnya Bikin Melongo
Berita Bola: FC Barcelona dikabarkan tengah memburu striker Bayern Munchen Robert Lewandowski untuk memperkuat lini depan mereka
Lewandowski Terdengar Bicara tentang Barcelona Lewat Telepon
Berita terbaru: Seorang kakek-kakek menikahi seorang gadis perawan yang masih berusia 19 tahun, wanita itu pun malu-malu saat dicium si kakek.
Viral, Kakek-kakek Nikahi Perawan Usia 19 Tahun, Malu-malu Saat Dicium
Berita terbaru: Seorang wanita mendapatkan uang Rp 500 juta dari ibu pacarnya yang diminta untuk putus dan menjauhi anaknya, Senin (16/5/2022).
Hubungannya Tak Direstui, Wanita ini Sogok Pacar Anaknya untuk Putus
Berita terbaru: Seorang mempelai pria tak dapat menahan air matanya saat bertemu dengan mantan di atas pelaminan, Minggu (15/5/2022).
Viral, Mempelai Wanita Nangis Ketemu Mantan di Pelaminan, Ekspresi Mempelai Pria Jadi Sorotan