5 Pesugihan yang Masih Eksis di Tanah Air

Berita trending terbaru dan berita viral terbaru : berbagai macam praktik pesugihan masih ada yang berlaku di Indonesia sampai saat ini.

Berbagai macam pesugihan. [Foto.Ist]

Cekricek.id - Jauh sebelum Indonesia merdeka masyarakat telah mengenal berbagai tradisi maupun kepercayaan. Bahkan beberapa ritual masih sering dilakukan oleh sejumlah masyarakat.

Seperti salah satu ritual nya adalah dengan melakukan pesugihan yang diyakini dapat membawa keberuntungan tanpa bekerja keras. Pesugihan juga sangat identik dengan memberikan sumbangan kepada setan.

Ternyata berbagai macam praktik pesugihan masih ada yang berlaku di Indonesia sampai saat ini mengutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Buka Praktik Jasa "Ena-ena", 3 Mahasiswi Ini Layani 37 Tamu dalam 5 Hari, Raup Rp 33 Juta

Pesugihan Bulu Genderuwo

Lampiran Gambar

Mungkin tak banyak yang tahu ternyata ada pesugihan bulu genderuwo tanpa harus mengorbankan tumbal berupa nyawa manusia.

Akan tetapi hal ini dinilai begitu sulit karena pelaku pesugihan tersebut harus mencabut langsung bulu genderuwo.

Sebelum memulai ritual dirinya harus menyiapkan sebuah masakan yang berasal dari burung gagak. Kemudian ia harus berdiri sendiri di bawah pohon gayam tanpa mengenakan busana apapun.

Pesugihan Nyai Puspo Cempoko

Lampiran Gambar

Di posisi berikutnya ada nama pesugihan Nyai Puspo Cempoko ya mungkin juga terdengar asing di bagian telinga masyarakat.

Tujuan dari pesugihan tersebut adalah agar bisa membayar hutang dalam jangka waktu cepat tanpa harus bekerja.

Pesugihan ini dilakukan dengan cara mencarikan sosok laki-laki yang bersedia menjadi suami dari Nyai Puspo Cempoko.

Nyai tersebut diyakini merupakan sebagai penunggu pulau kabongan yang berada di daerah Rembang.

Selain menyediakan pria pelaku pesugihan ini juga harus menyediakan berbagai jajanan yang terdiri dari kembang, madu, kelapa hijau, bakaran menyan.

Pesugihan Babi Ngepet

Lampiran Gambar

Pesugihan babi ngepet mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat tanah air. Dari informasi yang ada di kisahkan jika pesugihan babi ngepet ini minimal harus dilakukan oleh dua orang.

Salah satu pihak bertugas sebagai babi untuk mencuri berbagai harta berharga milik orang lain. Sementara rekannya yang lain akan menjaga lilin agar tetap hidup sehingga sang babi ngepet bisa bekerja.

Pesugihan Minyak Kuyang atau Kawiyang

Lampiran Gambar

Beralih ke wilayah Kalimantan yang begitu dikenal dengan ilmu hitamnya ternyata ada sebuah pesugihan minyak kuyang atau kawiyang.

Minyak tersebut juga harus diletakkan di sebuah tempat atau wadah khusus yang diberi nama cecupu.

Minyak tersebut juga diyakini terdiri dari berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda. Salah satu hasiat yang diyakini oleh masyarakat adalah bisa mengembalikan uang yang sebelumnya telah dibelanjakan.

Pesugihan Nyi Blorong

Lampiran Gambar

Di posisi terakhir ada nama pesugihan Nyi Blorong yang begitu dikenal di daerah Jawa. Banyak yang menyebut jika pesugihan tersebut termasuk salah satu pesugihan kelas atas.

Pesugihan ini menggunakan tumbal yang nantinya roh milik orang yang ditimbulkan akan menjadi pengikut Nyi Blorong.

Yang paling mengerikan adalah korban atau tumbal yang diminta oleh Nyi Blorong tersebut. Karena hal ini justru dinilai berdasarkan keinginan dari Nyi Blorong bukannya ditentukan. [*/Nlm]

Baca juga: Anak Indigo Ini Ungkap Ada Artis Tumbalkan Diri untuk Pesugihan, Berinisial P

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Tag:

Baca Juga

Cekricek.id - Kembali sebuah konsep pernikahan massal dengan konsep unik terjadi di sebuah pesantren. Mempelai mirip seperti tahanan
Bikin Heboh, Pernikahan Massal di Pesantren Ini Pakai Konsep Tahanan Kepolisian
Cekricek.id – Beredar sebuah video viral yang disebut sebagai hajatan sunatan seorang anak dari sebuah keluarga yang diketahui digelar di kota Kembang, Bandung. Acara ini ramai disorot setelah potongan videonya beredar di sejumlah media sosial.
Viral Hajatan Sunatan yang Digelar Super Meriah, Siang Malam Selama Empat Hari dan Habiskan Uang Rp3 Miliar
Pria ini menikah ketiga kalinya didampingi oleh istri pertama dan kedua, bukannya sedih, namun istri pertama dan keduanya malah terlihat bahagia.
Viral, Pria Poligami Ketiga Kalinya, Istri Pertama dan Kedua Malah Bahagia
Cekricek.id - Seorang pria menjadi rebutan dari istri pertama dan kedua saat menikah untuk ketiga kalinya. Karena kedua istrinya juga rebutan
Menikah Ketiga Kalinya, Pria Ini Jadi Rebutan Istri Pertama dan Kedua Saat di Pelaminan
Dalam kariernya sebagai direktur pemakaman, Roger Jones telah mengalami permintaan pakaian penguburan yang unik dan aneh dari kerabat jenazah. Ini menunjukkan bahwa pemakaman bukan hanya proses fisik, tapi juga cara untuk meresapi kehilangan dan memperingati orang yang kita sayangi.
Pakaian Penguburan Unik dan Aneh: Kisah Direktur Pemakaman yang Menghormati Keinginan Terakhir dari Orang yang Meninggal
Temukan gantungan telinga unik yang mampu menyala dari seniman muda Diana Caldarescu di New York. Dibuat dari bahan logam seperti tembaga, perak sterling, emas 14 karat, dan kristal kaca, gantungan telinga ini akan menjadi pilihan yang menarik perhatian dan unik. Dijual dengan harga $128 hingga $158 per pasang dan dijamin dengan garansi 1 tahun. [Instagram]
Gantungan Telinga Unik yang Mampu Menyala dari Seniman Muda Diana Caldarescu di New York, Tren Baru dalam Dunia Perhiasan