Beberapa Hal Ini Patut Kamu Pertimbangkan Sebelum Menikah

Beberapa Hal Ini Patut Kamu Pertimbangkan Sebelum Menikah

Menikah. [Canva]

Banyak perempuan yang jika capek dikit kuliah atau kerja pasti langsung ngomong "Ah capek, pen nikah aja,". Pada dasarnya menikah bukanlah tempat berakhirnya masalah. Malah setelah menikah akan lain lagi masalahnya.
Pernikahan juga bukan uwu-uwu yang banyak dilihat di medsos. Bukan pula hanya untuk melepaskan nafsu semata.

Sebelum kamu memutuskan untuk segera menikah ada baiknya kamu perhatikan dulu beberapa hal ini dan mempertimbangkan matang-matang.

Persiapan mental dan fisik

Ini menjadi hal utama yang perlu kamu siapkan. Kamu  harus siap dengan bahtera rumah tangga dan segala risikonya. Sementara persiapan fisik adalah ketangguhan kamu membina rumah tanggamu nanti.

Hubungan seks

Kamu perlu wawasan dalam berhubungan seks dan perlu mengetahui edukasi seks. Karena bukan yang perlu ditutupi lagi, edukasi seks berguna agar kamu tidak gagap apalagi takut nanti setelah nikah.

Kemantapan Hati

Jika masih ragu-ragu di hatimu ada baiknya jangan buru-buru dulu nikahnya. Hati harus dimantapkan dan diyakinkan terlebih dahulu.

Financial

Ada sebuah pandangan menikah dengan bermewah-mewah baiknya  tak usah dilakukan. Karena biaya hidup setelah nikah yang perlu disiapkan. Resepsi sebaiknya di adakan sesederhana mungkin.

Kamu dan pasangan juga harus merencanakan juga masalah finansial ke depannya. Apakah akan kerja keduanya, bagaimana membayar tagihan dan sebagainya. Karena finansial sifatnya sensitif kalau tidak pandai mengatur maka kalian berdua juga yang akan kerepotan. Kalian juga bukan lagi menjadi tanggungan orang tua.

Baca juga: Tradisi Hubungan Badan Anak di Bawah Umur Salah Satu Suku di Papua

Restu Orang Tua

Ini juga sangat diperlukan. Tanpa restu kalian tidak akan mendapatkan kehidupan setelah nikah yang tentram, Peran di sini orang tua lah yang akan melihat bagaimana kalian nanti hidup bersama. Restu orang tua juga menjadi kunci pernikahan akan berjalan lancar, langgeng, bahagia serta berkah. Karena sejatinya pernikahan itu tidak hanya menyatukan dua orang saja tapi dua keluarga.

Nah itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengambil langkah untuk segera menikah. Semoga bermanfaat. [*]

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Pernikahan viral di media sosial yang memperlihatkan pengantin wanita berjabat tangan meminta izin menikah kepada wali karena ayah meninggal.
Viral, Pengantin Wanita Jabat Tangan Wali Nikah, Pengantin Pria Sampai Nangis Bercucuran Air Mata
Lantas apa jadinya jika saat pesta pernikahan disinggahi keranda mayat? Apakah hal ini menyedihkan atau bagaimana?
Heboh, Pesta Pernikahan Warga Ini Dilewati Keranda Berisi Jenazah
Cekricek.id - Hukum Menikahi 2 Kakak Beradik dalam Islam
Bagaimana Hukum Menikahi 2 Kakak Beradik dalam Islam?
Cekricek.id - Menjalani pernikahan yang penuh dengan kebahagiaan atau sakinah mawadah dan warahmah, simak 3 tips berikut ini
3 Tips Membentuk Rumah Tangga yang Sakinah dan Bahagia 
Cekricek.id - Begini hukumnya jika seorang suami mencontohkan kalimat talak kepada istrinya, walau tidak berniat serius saat mengucapkannya
Bagaimana Hukum Suami Mencontohkan Kalimat Talak ke Istri?
Cekricek.id - Bagaimana hukumnya menikah dengan sepupu sendiri dalam pandangan Islam?. Berikut dijabarkan oleh Ustaz Adi Hidayat
Bagaimana Hukumnya Menikah dengan Sepupu dalam Islam?