3 Tips Membentuk Rumah Tangga yang Sakinah dan Bahagia 

Cekricek.id - Menjalani pernikahan yang penuh dengan kebahagiaan atau sakinah mawadah dan warahmah, simak 3 tips berikut ini

Tips Rumah Tangga Samara [Canva]

Cekricek.id - Menjalani pernikahan yang penuh dengan kebahagiaan atau sakinah mawadah dan warahmah merupakan impian bagi setiap umat muslim. Terutama yang telah yakin dengan pilihan hidupnya saat menikah. Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk menciptakan keluarga harmonis seperti yang diidamkan oleh banyak orang.

Padahal sebenarnya ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk hal tersebut. Sebagaimana yang diungkapkan oleh ustadz Adi Hidayat dalam tayangan di channel YouTube pribadinya mengutip pada Selasa (27/9/2022).

“Setiap insan beribadah yang mengalami menjalani kehidupan berumah tangga sudah pasti berharap kehidupan rumah tangga yang dihiasi dengan ketenangan. Serta kedalaman cinta yang melahirkan ketentraman dalam rumah tangga,” ucapnya.

Hal tersebut biasa dikenal dengan kalimat samara (sakinah, mawaddah, warahmah). Bahkan ketiganya seringkali disingkat dan dituliskan baik dalam surat undangan bahkan pintu tempat memasuki kediaman atau acara pernikahan.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang muslim untuk menciptakan keluarga samara adalah dengan meningkatkan kadar keimanan sekaligus juga bertakwa kepada Allah.

“Salah satunya dengan mengetahui apa tujuan atau apa yang hendak dituju dalam menjalin bahtera rumah tangga,” lanjutnya,

Untuk itu, mengharuskan seorang hamba menjadi lebih kuat dan dekat hubungannya dengan Allah. Dalam bahasa Arab menunjuk kepada tanda yang popular dengan nama yang sama disebut dengan alamat untuk menunjukkan tanda yang mendekatkan kita pada tujuan.

Maka dari itu hendaknya seseorang yang menikah mampu membuat sebuah keputusan besar. Yaitu dengan meniatkan pernikahannya ini sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

“Kunci pertamanya niatkan pernikahan itu untuk membangun kedekatan dengan Allah SWT,” ucap Ustaz Adi Hidayat.

Bagaimana mungkin seseorang bisa mendapatkan kata samara, kalau jauh dari Allah. Karena itu pembuka yang pertama kata Alquran kalau menginginkan kehidupan rumah tangga maka mulai detik ini niatkan pernikahan untuk membangun kedekatan dengan Allah.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa bertakwa kepada Allah misalnya salah satu dia memperbanyak jenis ibadah yang harus dilakukan. Misalnya dengan rutin shalat berjamaah antar suami dan istri.

Juga mampu membuat masalah yang terjadi di rumah tangga bisa selesai dengan mengadu kepada Allah.  Hal kedua yang harus dilakukan adalah jangan pernah membawa berbagai sifat-sifat buruk yang masih terdapat di dalam diri sebelum menikah.

Tips Rumah Tangga Sakinah

Lampiran Gambar

Karena belum tentu semua sifat yang sebelumnya dimiliki tersebut masih cocok dipakai bagi seorang yang telah memiliki kewajiban.

“Jangan pernah mewariskan sikap yang kurang baik bawaan karakter sebelum rumah tangga setelah kalian menikah.” 

Kemudian juga yang terakhir adalah untuk tidak membuat masalah kecil menjadi besar dengan cara mudah memaafkan pasangan. Apabila melakukan kesalahan karena sejatinya ini juga masuk dalam perbuatan taqwa untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Bicara Soal Rencana Berumah Tangga, Nyari Pasangan yang Salat Subuhnya Kuat

Jangan jadikan sengketa yang baru muncul semenit melupakan kebaikan-kebaikan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Maka dari itu, maafkan maaf itu lebih tekad kepada takwa takwa itu lebih mendekatkan kepada samara. 

Sekaligus dengan mendatangi orang tua minta ridhonya untuk membuat rumah tangga menjadi samara. 

Baca Juga

Panduan Memilih Pasangan Hidup Menurut dalam Islam
6 Tips Memilih Pasangan Hidup Menurut dalam Islam
Cekricek.id - KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia
KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia
Cekricek.id - Mengungkap Teka-teki Yajauj Majuj dalam Lintas Budaya
Mengungkap Teka-teki Yajuj Majuj dalam Lintas Budaya
Mengapa Beberapa Negara Islam Memilih Tidak Merayakan Maulid Nabi?
Mengapa Beberapa Negara Islam Memilih Tidak Merayakan Maulid Nabi?
Membentuk Generasi Muda Pecinta Al-Qur’an di SDN 4 Padang Panjang
Membentuk Generasi Muda Pecinta Al-Qur’an di SDN 4 Padang Panjang
Gunung Qaf: Tempat Nabi Muhammad Bertemu dengan Generasi Bani Israil yang Hilang
Gunung Qaf: Tempat Nabi Muhammad Bertemu dengan Generasi Bani Israil yang Hilang