Cara Tepat Merawat Mobil Agar Selalu Prima Saat Digunakan

Berikut 4 Cara Tepat Merawat Mobil dengan langkah paling tepat yang dilakukan pemilik kendaraan untuk mobil kesayangan

Ilustrasi: Merawat mobil. [Canva]

Sudah membeli mobil dengan harga yang tidak murah, tentu saja Anda selaku pemiliknya harus merawat kendaraan kesayangan agar selalu nyaman saat digunakan. Sebaiknya Anda lakukan perawatan itu sejak awal memiliki mobil, agar saat digunakan selalu prima dan tanpa kendala.

Seperti diketahui, kini banyak masyarakat, terutama yang hidup di perkotaan, menghabiskan waktu di perjalanan. Tak heran, mobil sudah menjadi “rumah kedua” bagi kaum urban.

Karena itu, mereka banyak melakukan berbagai cara untuk merawat mobil kesayangan dengan biaya yang tentunya tidak sedikit.

Tak sembarangan dalam merawatnya, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam merawat mobil agar tetap nyaman selama digunakan.

Melalui keterangan tertulis yang diterima dari Duitpintar.com selaku broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, memberikan tips tepat merawat mobil agar selalu dalam kondisi prima dan nyaman saat digunakan.

Berikan Perlindungan Terbaik dengan Asuransi Mobil

Sebelum mengetahui apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk merawat kendaraan agar senantiasa prima saat digunakan, tentu saja hal paling tepat dilakukan setelah memiliki mobil adalah memberi perlindungan terbaik dengan asuransi mobil terbaik.

Pasalnya, kita tidak pernah tahu yang akan terjadi dengan mobil saat berada di jalan raya. Jika tiba-tiba mobil terjadi kecelakaan atau rusak parah, maka perusahaan asuransi yang akan mengcovernya sesuai dengan polis yang dipilih.

Untuk diketahui, ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih, di antaranya:

Asuransi Mobil All Risk/Comprehensive

Asuransi mobil All Risk atau comprehensive memberikan perlindungan mobil dengan jaminan lebih menyeluruh dari beragam kerusakan, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat atau bahkan kehilangan kendaraan.

Manfaat asuransi All Risk meliputi pertanggungan klaim akibat kecelakaan, tergelincir, lecet, penyok, pencurian, dan lainnya. Semua dapat ditanggung asuransi ini, asalkan sesuai dengan yang tertulis di dalam polis.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Sementara itu, asuransi Total Loss Only (TLO) merupakan asuransi yang memberikan jaminan pada mobil kamu senilai 75% dari harga mobil bila terjadi kerusakan atau kehilangan. Tetapi tentunya premi asuransi TLO ini lebih murah dibandingkan premi asuransi All Risk.

4 Cara Tepat Merawat Mobil

Cara berikut ini adalah langkah paling tepat yang dilakukan pemilik kendaraan untuk mobil kesayangan:

Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Memilih bahan bakar yang tepat merupakan cara merawat mobil paling penting dilakukan. Anda harus pahami kalau setiap mobil memiliki spesifikasi mesin yang tidak sama, karena itu gunakan bahan bakar yang tepat agar kinerja mesin mobil dapat bekerja secara optimal.

Sebaiknya isi bahan bakar di tempat yang resmi, hal ini untuk menghindari bahan bakar campuran atau kotor sehingga bisa menimbulkan kerusakan mesin. Dengan langkah ini, mobil akan jauh lebih terawat dan nyaman saat digunakan.

Rajin Mengganti Oli

Rata-rata oli mobil perlu diganti pada 5000 km sampai 7.500 km jarak tempuh. Jika Anda merasa telah melakukan perjalanan dengan jarak tempuh tersebut, sudah waktunya untuk mengganti oli.

Atau jika Anda menggantinya di bengkel resmi biasanya akan ada kertas yang memberikan informasi di angka kilometer berapa kamu harus mengganti oli.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui bahwa melakukan penggantian oli mobil  dengan cara meneteskan sedikit oli di tangan. Jika dirasa ada serpihan atau kotoran, sebaiknya Anda harus langsung mengganti oli mobil tersebut.

Rutin Melakukan Servis Mobil

Cara merawat mobil lainnya adalah rutin lakukan servis mobil mulai dari eksterior maupun interior. Anda bisa melakukannya sebulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Saat melakukan servis mobil ini, pastikan untuk memeriksa air radiator, aki, kabel dan lampu, rem dan kopling, dan hal-hal lainnya.

Saat melakukan servis mobil, sebaiknya di bengkel rekanan, lakukan servis di bengkel resmi dan terpercaya ya. Jangan sampai kita kena tipu oleh pihak bengkel yang 'nakal', hanya karena kita awam soal mesin mobil. Sebab, hal ini mungkin saja terjadi.

Hindari Terkena Baret

Agar mobil tetap kinclong, hindari terkena baret karena gesekan dengan benda lain seperti batang pohon, besi, dan lainnya.

Baca juga: Ini Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Nagita Slavina, Kamu Bisa Coba

Selain itu, saat mencuci mobil gunakan sabun khusus mobil yang tepat dan memakai lap halus saat mengeringkannya. Ini merupakan cara agar cat mobil kesayangan tidak baret dan selalu terawat.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Anda perlu mengetahui tanda-tanda WhatsApp yang anda miliki dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, anda perlu mengenali ciri-ciri berikut ini.
Kenali, Ini Tanda-tanda WhatsApp Anda Dibajak
Farah Quinn membagikan 10 tips menjadi wanita yang elegan dan disegani banyak orang. Tidak hanya ketika di luar rumah, di rumah pun wanita harus tampil elegan.
Ini 10 Tips Menjadi Wanita Elegan Menurut Farah Quinn
Selain tampilan eksterior yang memikat, interior Hyundai Stargazer menyuguhkan desain yang mengutamakan kepraktisan dan juga fungsional dalam setiap bagiannya.
Hyundai Stargazer Akan Hadir dengan Interior Baru
Tips terbaru: Jika kamu membeli mobil bekas, maka kamu perlu memperhatikan 4 Dampak yang Diperhatikan Mobil Bekas dengan Kilometer Tinggi
Kenali Dampak Mobil Kilometer Tinggi Sebelum Beli Mobil Bekas
Kantung mata
Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya
Mengisi waktu luang
Jauhi Ponsel, Ini Pilihan Aktivitas untuk Mengisi Waktu Luang Anda