Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental

Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?

Ilustrasi: Alasan seseorang harus tidur. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh. Bukan hanya fisik, waktu tidur yang tidak tercukupi juga akan memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Seperti yang dijelaskan oleh aktris cantik Maudy Ayunda melalui tayangan di kanal YouTube pribadinya, Senin (05/12/2022). Dia mengutip sebuah buku karya Matthew Walker yang berjudul "Why We Sleep".

Dari buku tersebut, Maudy menyimpulkan hal yang dapat mempengaruhi tubuh dalam jangka pendek maupun jangka panjang jika tak memiliki cukup waktu tidur.

Selain itu, aktris cantik yang piawai dalam story telling itu juga menjabarkan hal apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Pentingnya Tidur yang Cukup Bagi Tubuh Manusia

Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental

Dalam penjabarannya, berikut ini adalah pentingnya tidur yang dijelaskan dalam buku "Why We Sleep":

Tidur Punya Banyak Manfaat yang Tidak Terhitung

Kita mungkin sudah terbiasa mendengar petuah tentang pentingnya menjaga kesehatan. Misalnya dengan pola makan yang baik dan olahraga yang teratur.

Namun, banyak yang tak menghiraukan jika tidur juga merupakan salah satu langkah dalam menjaga kesehatan.

Dalam buku karya Matthew Walker inilah, dijelaskan bahwa tidur ternyata dapat memengaruhi kinerja sistem kekebalan tubuh dalam untuk melawan penyakit dan infeksi.

Riset menyebutkan, ketika seseorang tidur kurang dari 6 atau 7 jam permalam maka akan melipatgandakan kemungkinan terkena kanker.

Kurang tidur juga tidak baik untuk kesehatan mental. Hal itu karena, otak manusia akan menjadi jauh reaktif secara emosional jika kurang tidur.

Ketika hal itu terjadi, maka tubuh akan menjadi mudah stres bahkan bisa sampai ke tahap stres kronis yang akhirnya membuat depresi atau gangguan cemas.

Manfaat lainnya dari tidur adalah dapat membantu menjaga berat badan. Sebab, tidur dapat membantu seseorang menjaga nafsu makan, yang membuat pilihan makanan menjadi lebih sehat.

Kurang tidur akan meningkatkan hormon ghrelin yang dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah merasa lapar, sekaligus menurunkan kadar hormon leptin, pembuat rasa kenyang.

Manfaat lainnya dari tidur adalah dapat memperkuat memori otak. Tidur dapat mempersiapkan otak untuk membuat ingatan baru, memperkuat ingatan tersebut dan mencegah lupa.

Kafein Adalah Musuh Tidur Teratur

Dalam tubuh ada yang namanya ritme circadian yang dapat mengatur kapan seseorang harus tidur dan kapan harus bangun. Selain itu, ada juga chemical yang disebut adenosine yang memberikan dorongan tidur atau rasa kantuk.

Sementara kafein akan memengaruhi adenosine dalam memberikan rangsangan kantuk pada tubuh. Hal itu membuat otak tak bisa membaca rasa kelelahan yang dirasakan tubuh hingga membuat kita tidak mengantuk untuk sementara.

Setiap minum kafein, 5-7 jam kemudian kafein masih ada di dalam sistem tubuh kita. Jadi, sebaiknya hindari minum kafein di waktu sore.

Baca juga: Susah Memulai Kebiasaan yang Baik? Ini 4 Langkah Mudahnya dari Maudy Ayunda

Itulah beberapa hal yang harus diketahui tentang pentingnya tidur dan hal apa yang membuat waktu tidur seseorang menjadi terganggu.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Tag:

Baca Juga

Cekricek.id - Perasaan nyeri pada area payudara apakah menjadi tanda bagi kanker payudara?. Apalagi terasa nyeri membakar
Apakah Nyeri Seperti Terbakar di Payudara Merupakan Tanda Kanker Payudara?
Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cekricek.id – Perempuan yang memiliki rambut pendek tetap bisa menatanya mereka dengan cara mencepol alias disanggul. Bahkan ada berbagai macam model yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal tersebut.
3 Inspirasi Model Sanggul untuk Wanita Rambut Pendek, Sederhana Tapi Tetap Cantik
Dulu Dianggap Tumbuhan Liar, Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Bisa di jual dengan Harga Selangit
Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Dulu Tumbuhan Liar, Kini Dijual dengan Harga Selangit
Cekricek.id - Belakangan ini operasi lasik identik untuk memperbaiki serta mengatasi berbagai masalah mata, tapi tidak untuk jenis penyakit ini
Masalah Mata yang Tidak Dapat Dikoreksi dengan Operasi Lasik