Susah Memulai Kebiasaan yang Baik? Ini 4 Langkah Mudahnya dari Maudy Ayunda

Cekricek.id - Maudy Ayunda memberikan tips bagi siapa saja yang merasa kesulitan memulai suatu kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Dia membeberkan hal tersebut dengan cukup simpel sehingga mudah untuk dipahami.

Membangun kebiasaan baru ala Maudy Ayunda. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Maudy Ayunda memberikan tips bagi siapa saja yang merasa kesulitan memulai suatu kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Dia membeberkan hal tersebut dengan cukup simpel sehingga mudah untuk dipahami.

Bukan sembarang tips, aktris cantik yang baru menikah dengan orang Korea ini menyertakan sumber bacaan juga. Sehingga, apa yang disampaikannya tidak sembarangan dia bagikan tetapi ada sumbernya.

Kebiasaan adalah hal yang sudah melekat dalam rutinitas kita jika memang sudah terbiasa. Namun, untuk membangun suatu kebiasaan baru maka membutuhkan usaha untuk memulainya.

Jika sudah memulai, kita juga perlu melakukannya secara rutin dan terus-menerus hingga hal itu menjadi kebiasaan yang melekat pada diri.

Disitulah letak kesulitannya, karena tak semua orang bosa melakukan suatu hal baru secara terus menerus. Apalagi, jika hal itu adalah sesuatu yang baru dalam rutinitas kita.

Untuk itu, perlu mendengar penjelasan lebih ringkas dari Maudy Ayunda dan tentunya bagus untuk dijadikan referensi.

4 Langkah Mudah Memulai Kebiasaan Baru oleh Maudy Ayunda

Dilansir dari unggahan Short YouTube Maudy Ayunda, Rabu (30/11/2022) inilah empat langkah mudah memulai suatu kebiasaan baru yang dia kutip dari penulis James Clear adalah berikut:

Dibuat Jelas

Susah Memulain Kebiasaan yang Baik? Ini 4 Langkah Mudahnya dari Maudy Ayunda
Langkah mudah memulai kebiasaan baru dari Maudy Ayunda

Bagi Maudy, untuk memulai kebiasaan baru maka kita harus memastikan kegiatan apa yang ingin dimasukkan ke rutinitas tersebut. Tentunya, kita memerlukan alasan dan motivasi mengapa harus memiliki kebiasaan tersebut.

"Pertama, dibuat jelas dengan rangsangan-rangsangan tertentu yang kelihatan langsung di depan mata," katanya dengan yakin.

Maudy bahkan mengekspresikan pemaparannya dengan gestur tubuh yang meyakinkan.

Dibuat Menarik

Untuk menjadikan sesuatu sebagai kebiasaan, kita perlu menyukai sesuatu itu terlebih dahulu. Karena akan mudah melakukan hal yang sudah menarik minat dari awal. Oleh karena itu, PR untuk kita membuat kegiatan tersebut menjadi menarik dan disenangi untuk dilakukan.

"Yang kedua, dibuat menarik. Supaya kita tuh senang ngelakuinnya dan otak kita melepaskam hormon dopamin," lanjut Maudy.

Dibuat Mudah

Susah Memulain Kebiasaan yang Baik? Ini 4 Langkah Mudahnya dari Maudy Ayunda
Langkah mudah memulai kebiasaan baru dari Maudy Ayunda

Cara yang ketika membuat kebiasaan baru dapat kita lakukan dalam rutinitas sehari-hari adalah membuatnya "mudah". Kita harus menganggap kegiatan tersebut sebagai hal yang enteng untuk dilakukan.

Banyak orang yang susah memulai suatu kebiasan baru karena merasa sulit melakukannya.

"Dibuat mudah, supaya rasa mager kita tidak menang," kata Maudy.

Dibuat Memuaskan

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk memulai suatu kebiasaan baru adalah membuatnya menjadi hal yang memuaskan.

Ketika sudah bisa memulainya, maka apresiasi diri dengan rasa senang dan puas supaya kebiasaan itu bisa terus berlanjut dilakukan.

Baca juga: Hati-hati, Kebiasaan Makan dan Minum Berikut Ini Bisa Bikin Kulit Kering dan Tak Sehat

"Dan yang keempat, dibuat memuaskan. Supaya bisa menjadi kebiasaan yang jangka panjang," katanya Maudy.

Itulah empat langkah mudah dari Maudy Ayunda untuk memulai kebiasaan baru dan menanamkannya dalam rutinitas harian.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Perasaan nyeri pada area payudara apakah menjadi tanda bagi kanker payudara?. Apalagi terasa nyeri membakar
Apakah Nyeri Seperti Terbakar di Payudara Merupakan Tanda Kanker Payudara?
Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cekricek.id – Perempuan yang memiliki rambut pendek tetap bisa menatanya mereka dengan cara mencepol alias disanggul. Bahkan ada berbagai macam model yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal tersebut.
3 Inspirasi Model Sanggul untuk Wanita Rambut Pendek, Sederhana Tapi Tetap Cantik
Dulu Dianggap Tumbuhan Liar, Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Bisa di jual dengan Harga Selangit
Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Dulu Tumbuhan Liar, Kini Dijual dengan Harga Selangit
Cekricek.id - Belakangan ini operasi lasik identik untuk memperbaiki serta mengatasi berbagai masalah mata, tapi tidak untuk jenis penyakit ini
Masalah Mata yang Tidak Dapat Dikoreksi dengan Operasi Lasik