Inilah Rempah Termahal di Dunia, Segudang Khasiat dan Panennya Tak Mudah

Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Saffron adalah rempah termahal di dunia. Saffron tangkai putik bunga crocus sativus.

Saffron. [Foto: Canva]

Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Saffron adalah rempah termahal di dunia. Saffron merupakan tangkai putik dari bunga crocus sativus.

Cekricek.id Saffron merupakan rempah legendaris di dunia yang harganya sangat mahal. Pasalnya, untuk sekitar 1 pon atau 453 gram, harga Saffron bisa mencapai Rp 70 juta. Untuk kualitas terbaik, harga Saffron bisa mencapai Rp 150 juta per kilogramnya.

Saffron merupakan tangkai putik dari bunga crocus sativus atau yang lebih dikenal dengan nama saffron crocus yang berasal dari Yunani.

Harganya yang mahal sebanding dengan khasiat yang ada dari Saffron tersebut. Di mana Saffron dimanfaatkan sebagai bahan parfum, pewarna pakaian, hingga ramuan obat.

Saffron ini baik untuk kesehatan tubuh manusia. Rempah tersebut dapat meningkatkan suasana hati, membantu mengatasi keluhan saat menstruasi, dapat menurunkan berat badan, dapat melawan kanker, hingga baik bagi ingatan di otak.

Dalam Saffron terdapat kandungan picrocrocin, crocin, dan safranal. Tiga kandungan tersebut menentukan rasa, aroma, dan warna yang dihasilkan oleh Saffron.

Saffron juga dijadikan sebagai rempah di berbagai macam masakan. Dengan memasukkan sedikit Saffron dapat membuat cita rasa hidangan menjadi unik dan khas. Aromanya juga sangat harum, tak ayal digunakan sebagai bahan parfum.

Saffron bisa berubah warna dari merah menjadi kuning, ketika Saffron dijadikan sebagai pemberi warna pada masakan.

Tidak hanya khasiatnya saja yang membuat rempah ini dibandrol dengan harga yang mahal, tetapi juga cara memanennya Saffron tidaklah mudah. Harus hati-hati dalam memetiknya karena bagian putik Saffron sangatlah sensitif.

Mengutip dari Business Insider, untuk mendapatkan satu kilogram Saffron dibutuhkan 340.000 bunga Saffron Crocus karena satu kuncup bunga hanya terdapat tiga tangkai putik yang akan dijadikan rempah.

Saffron ini banyak terdapat di wilayah Kashmir di pegunungan Himalaya, India. Di akhir musim gugur, warga di sana berlomba-lomba untuk memanen bunga Saffron yang hanya mekar selama dua minggu dalam setahun.

Mereka memanennya dengan menggunakan tangan. Memisahkan lembaran kelopak dari bunga yang berwarna ungu ini. Kemudian, dikeringkan di bawah sinar matahari.

Selain di Kashmir, India, Saffron juga ditanam di negara lain yakni Spanyol, Afganistan, Belanda, hingga Amerika Serikat.

Baca juga: Manfaat Campuran Kopi dengan Kayu Manis

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita terkini: di TikTok lagi tren kipas angin yang dijadikan sebagai makmun shalat atau imam shalat. Tren ini dianggap permainkan shalat.
Viral Tren Kipas Angin Dijadikan Teman Shalat, Dapat Kecaman Warganet
Berita viral: Seorang mempelai pria mendadak jatuh pingsan usai ucapkan ijab kabul, mempelai wanita bukannya syok, ia malah berekspresi biasa saja.
Viral, Mempelai Pria Pingsan Usai Ijab Kabul, Reaksi Mempelai Wanita Jadi Sorotan
Berita terkini: viral jasa sewa pacar kini hadir di Indonesia. Poster iklan yang menawar jasa sewa pacar virtual itu pun telah beredar dimedsos.
Gadis Ini Buka Jasa Pacar Sewaan, Ada yang Berminat?
Kakek nikahi gadis. [Foto/Tangkapan layar Instagram]
Viral Seorang Kakek Nikahi Gadis Cantik Berusia 19 Tahun, Maharnya Bikin Melongo
Berita terbaru: Seorang kakek-kakek menikahi seorang gadis perawan yang masih berusia 19 tahun, wanita itu pun malu-malu saat dicium si kakek.
Viral, Kakek-kakek Nikahi Perawan Usia 19 Tahun, Malu-malu Saat Dicium
Berita artis: Aktor tampa Jefri Nichol mengungkapkan bahwa dirinya belum pernah ditolak oleh seorang cewek ketika menembaknya, Rabu (18/5/2022).
Jefri Nichol Ngaku Tidak Pernah Ditolak Oleh Cewek