Maman Suherman: Kejahatan Terjadi Karena Diamnya Orang-orang Baik

Berita tebaru: Maman Suherman sebut kejahatan terjadi bukan karena banyak orang jahat, tetapi diamnya orang-orang baik.

Maman Suherman [Youtube]

Berita tebaru: Maman Suherman sebut kejahatan terjadi bukan karena banyak orang jahat, tetapi diamnya orang-orang baik

Cekricek.id – Maman Suherman selaku penulis dan jurnalis mengajak semua elemen masyarakat untuk tidak takut bersuara, dalam tayangan YouTube HAS Kreatif yang diunggah Rabu (13/4/2022).

Karena disampaikannya, saat ini media sosial punya peranan yang cukup besar dalam penanganan berbagai kasus.

"Dengan adanya tekanan publik jadi pejabat-pejabat juga takut. Makanya kasus tuh lebih cepat untuk diselesaikan," ucapnya.

Dibandingkan dengan zaman dulu, mungkin orang takut untuk bersuara karena merasa tidak akan didengar ataupun merasa sia-sia.

Tetapi dengan perkembangan zaman hal ini mulai berubah.

Misalnya saja seorang perempuan yang mengalami kasus pelecehan seksual. Apabila berkomentar di media sosial akan menarik perhatian banyak orang.

Maka bukan tidak mungkin jika kemudian ia menerima dan mendapat dukungan dari segelintir pihak yang akhirnya memberikan tekanan pada publik.

"Jangan kira kalau kita bicara nggak ada artinya. Karena komentar kita itu bisa di capture dan dikenang terus-menerus," tambah Kang Maman.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu kontrol sosial sebagai perwujudan dari peranan media sosial di masyarakat.

Ia juga menyampaikan pendapatnya mengenai pandangan kebanyakan orang selama ini.

Disebutkannya jika banyak orang merasa bahwa komunikasi publik yang ada di negara ini cenderung berpihak pada orang yang lebih tinggi.

Maksudnya adalah orang yang memiliki jabatan lebih tinggi dianggap selalu menyampaikan kebenaran sehingga dihormati secara berlebihan.

"Jadi kadang kebenaran bukan lagi pada siapa yang bicara tetapi di posisi mana dia berada," lanjutnya.

Masyarakat pun seolah takut dan tidak berani untuk membantah apapun yang disampaikan orang dengan posisi yang lebih tinggi daripadanya.

Kalaupun merasa tidak setuju dengan penyampaian sang petinggi, biasanya orang kecil lebih memilih untuk diam seolah tidak terjadi apapun.

Baca Juga: Leony Diisukan Lesbian: LGBT Bukanlah Kejahatan!

"Kalau dalam kriminologi kejahatan itu bukan karena banyaknya penjahat tetapi karena diamnya orang-orang baik," tandasnya 

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita terbaru: Seorang wanita mendapatkan uang Rp 500 juta dari ibu pacarnya yang diminta untuk putus dan menjauhi anaknya, Senin (16/5/2022).
Hubungannya Tak Direstui, Wanita ini Sogok Pacar Anaknya untuk Putus
Berita terbaru: Seorang mempelai pria tak dapat menahan air matanya saat bertemu dengan mantan di atas pelaminan, Minggu (15/5/2022).
Viral, Mempelai Wanita Nangis Ketemu Mantan di Pelaminan, Ekspresi Mempelai Pria Jadi Sorotan
Berita Terbaru: Seorang pria di India minta cerai lantaran tidak tahan karena sang istri tidak pernah mandi setiap hari.
Istri Tak Pernah Mandi, Pria ini Merasa Jijik dan Minta Cerai
Berita terbaru: Seorang emak-emak adu mulut dengan seorang anak muda di dalam pesawat, emak-emak tersebut mengatakan bahwa wanita muda tidak beretitude.
Viral, Emak-emak Adu Mulut dengan Wanita Muda di Pesawat, Sampai Keluar Kata 'Bacot'
Berita terbaru: Kisah haru pengantin pria yang ditinggal selamanya oleh sang istri yang meninggal dunia saat merayakan pernikahannya, Sabtu (14/5/2022).
Viral, Pengantin Wanita Meninggal di Hari Pernikahan, Diduga Kelelahan
Mesjid terapung
Viral, Masuk Masjid Terapung di Painan Sumbar Bayar Rp5.000