Pandji Pragiwaksono Cerita Pengalaman Karir di Amerika, Mulai dari Nol

Komika Pandji Pragiwaksono membagi pengalamannya ketika memutuskan untuk memulai karir di Amerika Serikat dan harus memulai dari awal.

Pandji Pragiwaksono [Instagram]

Komika Pandji Pragiwaksono membagi pengalamannya ketika memutuskan untuk memulai karir di Amerika Serikat dan harus memulai dari awal.

Cekricek.id - Seorang komika Pandji Pragiwaksono telah mantap memutuskan untuk pindah dan memboyong keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Hal ini ia sebutkan ketika tengah berbincang santai dengan rekannya Raditya Dika, Sabtu (13/7/22).

Bukan tanpa alasan, Pandji memutuskan pindah ke Amerika untuk meniti karir di sana. Ia menyebutkan bahwa menjadi komika di kota New York adalah impiannya sejak lama.

"Mimpinya itu adalah bangun pagi, kemudian bisa bilang ke diri sendiri wah gue adalah komedian New York", ujar Pandji.

Bukan main, bahkan Pandji Pragiwaksono telah menabung sejak tahun 2017 untuk biaya hidup di New York selama 3 tahun. Hal tersebut sudah ia perhitungkan sebelumnya, baik itu untuk sewa apartemen, subway, makan, sekolah dan lain sebagainya.

Di samping itu, ia juga menyebutkan bahwa ia memang benar-benar memulai dari nol dalam meniti jenjang karirnya disana. Mulai dari open mic seperti yang sebelumnya dilakukan di Indonesia.

Sebelumnya, ia sudah mendiskusikan dengan keluarga bahwa mereka memang harus pindah ke Amerika untuk melanjutkan hidup di sana. Ia akan memulai dari awal tahun 2022 untuk mencari orang yang bisa menjamin visa O1 agar mereka bisa menetap di sana. Dan akhirnya Pandji bisa mengusahakan hal tersebut dan akan memboyong keluarganya ke sana pada September nanti.

Mengenai biaya hidup di sana, Pandji menyebutkan bahwa memang biaya di sana cukup mahal. Meskipun sudah jadi komika di New York, ia menyebutkan bahwa ia hanya dibayar 15 dollar per satu kali manggung. Hal tersebut tentunya tidak mencukupi untuk hidup di sana. Namun, Pandji masih bisa mengusahakan biaya hidup mereka dari hasil menjadi youtuber.

Pandji Pragiwaksono Mulai Karir Dari Bawah

Lampiran Gambar

Mengenai cerita awal karir di sana, Pandji menyebutkan bahwa ia memulai dari bawah, seperti menjual tiket di jalanan ke orang-orang untuk menonton pertunjukannya. Ia menyebutnya sebagai barking.

Selain itu, ia juga pernah mengikuti salah satu audisi komika di sana namun gagal dan tidak ada pemberitahuan sampai saat ini.

Beranjak dari hal tersebut, kini Pandji sudah mulai mendapatkan panggungnya di sana meskipun tidak sebanyak di Indonesia. Namun ia sudah sering masuk podcast beberapa komika di Amerika.

Untuk menjadi komika di sana, Pandji mengakui bahwa budaya sungkan terkadang masih melekat kepada dirinya. Ia masih sering tidak enakan ketika disuruh manggung di show yang lebih besar.  

Baca juga : Pandji Pragiwaksono Blak-blakan Sebut Ada Menteri Gay

Bahkan ia menyebutkan bahwa materi pertama yang ia bawakan saat manggung adalah mengenai sungkan dan tidak enakan sama orang.

Namun sejauh ini Pandji sudah mulai membiasakan diri dengan hal tersebut dan mulai berbaur dengan budaya disana.

Baca Juga

Cekricek.id, Jakarta, Berita Artis dan Berita Seleb - Pengakuan blak-blakan dari seorang komika Pandji Pragiwaksono berkaitan pacar pertamanya
Blak-blakan Komika Pandji Pragiwaksono Akui Jika Pacar Pertamanya Adalah Cowok, Kok Bisa?
Berita artis, selebriti, dan hot gosip artis terbaru hari ini: Deddy Corbuzier berseloroh dalam unggahannya di Instagram tentang misi Pandji Pragiwaksono ke New York dalam mengejar mimpi.
Pandji Pragiwaksono ke New York Kejar Mimpi, Deddy Corbuzier: Mimpi Jadi Stand Up Comedy atau Bisa Ngeganja?
Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Pandji Prawigaksono sebut jika ada menteri gay di Indonesia, tepatnya menteri yang menjabat di bidang pariwisata.
Pandji Pragiwaksono Blak-blakan Sebut Ada Menteri Gay
Berita selebriti dan gosip artis: Komika kena masalah
Ini 5 Komika yang Pernah Kena Masalah Setelah Melucu
Dede Sunandar Jual 2 Mobil demi Nyaleg, Hasilnya Baru 10 Suara
Dede Sunandar Jual 2 Mobil demi Nyaleg, Hasilnya Baru 10 Suara
Chef Juna Dipanggil Polisi Usai Cekcok dengan Supir Truk di Tol
Chef Juna Dipanggil Polisi Usai Cekcok dengan Supir Truk di Tol