Siput Laut Naga Biru, Memesona Tapi Hati-hati Sengatannya

Berita terbaru, terkini dan berita pilihan hari ini: Glaucus Atlanticus atau siput laut naga biru memiliki warna dan bentuk yang menarik. Tapi hati-hati terhadap sengatannya.

Glaucus Atlanticus. [Canva]

Berita terbaru, terkini dan berita pilihan hari ini: Glaucus Atlanticus atau siput laut naga biru memiliki warna dan bentuk yang menarik. Tapi hati-hati terhadap sengatannya.

Cekricek.id - Siput laut naga biru memiliki bentuk dan warna yang menarik menyerupai naga terbang, pokemon, hingga kadal biru. Hewan dengan nama ilmiah Glaucus Atlanticus ini hidup di daerah perairan beriklim sedang dan tropis.

Siput laut naga biru memiliki ukuran yang mungil yaitu 3 cm. Hewan tersebut memiliki kepala kecil, lengan, kaki, jari tangan dan jari kaki, serta ekor. Selain itu, mereka juga mempunyai garis-garis biru, hitam, dan perak yang fantastis.

Naga biru ini memakan Portuguese man o’wars (Physalia physalis) atau ubur-ubur Portugis. Meski terlihat cantik dan berukuran kecil, naga biru ini memiliki sengatan yang terletak di jari-jari mereka. Sengatan tersebut digunakan untuk menyengat ubur-ubur Portugis hingga manusia.

Menariknya lagi, sengatan tersebut tidak berasal dari tubuhnya sendiri. Melainkan, dari hewan yang mereka mangsa.

Sengatan dari siput laut naga biru ini begitu menyakitkan. Gejala yang akan timbul akibat sengatan naga biru adalah mual, nyeri, muntah, dan dermatitis kontak alergi akut. Selain itu, sengatan dari hewan ini berpotensi membengkak.

Berita terbaru, terkini dan berita pilihan hari ini: Glaucus Atlanticus atau siput laut naga biru memiliki warna dan bentuk yang menarik. Tapi hati-hati terhadap sengatannya.

Glaucus Atlanticus. [Canva]

Mereka memanglah hewan yang jinak. Namun, ketika diganggu apalagi sampai menyentuh dengan keras bagian tubuhnya, maka hewan ini tidak segan-segan untuk mengeluarkan sengatannya.

Pengobatan terbaik dalam menyembuhkan sel-sel menyengat dari siput laut naga biru adalah dengan membilas sel-sel tersebut yang masih ada di kulit dengan air laut. Setelah itu, gunakan air hangat atau es untuk menghilangkan rasa sakit dari sengatan tersebut.

Siput laut naga biru yang mirip dengan bluebottle atau physalia utriculus mengapung di permukaan air dan menghabiskan sebagian besar waktunya di lautan terbuka.

Siput laut naga biru ini dikenal sebagai monster laut dan pembunuh terindah di lautan akibat sengatannya yang berpotensi fatal dan mematikan. Tidak hanya itu, siput laut naga biru ini juga telah menelan banyak korban di pantai Afrika.

Jadi, saat kamu berkunjung ke pantai dan menemukan siput laut naga biru ini terdampar, jangan sekali-kali mencoba untuk mendekatinya, jika tidak ingin terkena sengatan yang sangat menyakitkan dari hewan itu.

Baca juga: 5 Hewan Bertubuh Kecil yang Sebabkan Banyak Kasus Kematian Pada Manusia

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita terbaru: Kasuari menjadi burung paling berbahaya di dunia lantaran memiliki jari kaki tebal dan tajam seperti belati.
Burung Kasuari Ternyata Paling Berbahaya di Dunia
Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Beberapa kebiasaan buruk mungkin biasa kamu lakukan, hal itu bisa saja mengundang setan.
Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mengundang Setan Lho
Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Seorang pria dibuat ketakutan lantaran menemukan katak zombie tanpa kepala yang masih hidup dan bisa melompat.
Ditemukan Katak Zombie Hidup Tanpa Kepala
Berita terkini, terbaru dan berita pilihan hari ini: Sapi di Bangladesh dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai sapi terkecil di dunia yang memiliki ukuran setinggi 20 inci.
Ini Sapi Terkecil di Dunia, Cuma 20 Inci
Berita terbaru, terkini dan berita pilihan hari ini: 5 tradisi dari suku di Indonesia ini terbilang ekstrem. Beberapa masih dilestarikan, sebagian sudah tidak ada lagi.
5 Tradisi Budaya Indonesia yang Terbilang Ekstrem, No. 5 Berburu Kepala Orang
Hewan seperti lebah, laron, merupakan hewan yang hanya bisa bertahan dalam waktu 1 malam jika tidak mendapatkan pasangan alias jomblo.
Laron, Hanya Bisa Hidup 1 Malam Jika Masih Jomblo