Taubat Sambel, Bagaimana Menyikapinya?

Cekricek.id, Portal Islam - Taubat sambel merupakan istilah yang dikhususkan bagi mereka yang menjalani taubat tapi tidak sungguh-sungguh

Taubat [Canva]

Cekricek.id, Portal Islam - Taubat sambel merupakan istilah yang dikhususkan bagi mereka yang menjalani taubat tapi tidak sungguh-sungguh. Atau kembali mengulangi kesalahan yang sama usai melakukan taubat. Sebagaimana penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat dalam tayangan di channel YouTube pribadinya mengutip pada Minggu (7/5/2023).

Sejatinya tobat itu sendiri adalah berupaya untuk memperbaiki diri atas semua kesalahan yang telah dilakukan dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Tapi bagaimana sekiranya jika seseorang justru dengan sengaja atau tidak kembali melakukan tindakan tersebut. Membuat julukan taubat sambel cocok disandingkan kepadanya.

Ia menjelaskan jika seseorang mulai mendapatkan hidayah ketika melakukan sebuah kesalahan maka segeralah ambil peluang untuk taubat tersebut. Karena sejatinya orang yang benar-benar berniat taubat adalah tidak melalaikan atau bersungguh-sungguh atas apa yang telah dirinya ucapkan.

Contohnya saja tidak mendahulukan hal lain untuk bertaubat sekiranya hidayah itu memang datang. Namun ketika seseorang memutuskan untuk menundanya pasti hal tersebut pun akan memunculkan sejumlah pertimbangan lain.

Begini Cara Menyikapinya

Cekricek.id, Portal Islam - Taubat sambel merupakan istilah yang dikhususkan bagi mereka yang menjalani taubat tapi tidak sungguh-sungguh

Ini jugalah yang membuat adanya timbul peluang tobat sambel karena memunculkan pemikiran lain yang terkadang tidak rasional dalam pikiran. Tapi seolah dibenarkan begitu saja oleh pemikiran pribadi. Akan ada banyak godaan yang muncul setelah menunda. 

Jadi begitu sadar salah tobat di saat itu karena semakin lama dipertimbangkan ya berjuang dengan kematian. Nanti berlomba siapa yang paling cepat salahnya siap tobatnya direncanakan malam sore aja datang gitu.

Nah ini rumus pertama jadi berbicaranya kita tidak menilai bagaimana diterima dulu berbicaranya bagaimana supaya tobatnya benar dulu. Jika belum terasa perubahan terus tobatin lagi terus tobatin lagi sampai betul-betul kita merasakan nikmatnya tobat dan menaklukkan nafsu itu, menaklukkan godaan setan itu.

Baca Juga: Ini Cara Taubat untuk Orang yang Terlanjur Berzina

Sehingga kita bisa menghindarinya dan perjuangan itu sampai meninggal. Jadi kalau seseorang berjuang terus begitu sampai dengan wafatnya. Minimal diterima usahanya untuk tobatnya dan dicintai oleh Allah itu yang mahal tuh dicintai itu ada di Quran surah kedua ayat 222.

Jangan pernah merasa berkecil hati dan beranggapan taubat kita belum diterima oleh Allah Itu maunya setan supaya putus asa lu bunuh diri putus asa.

Dapatkan update berita seleb dan berita artis setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung dengan kami di WhatsApp Group. Caranya klik link Cekricek News Update.

Baca Juga

Cekricek.id, Portal Islam – Menangis sering kali dijadikan sebagai salah satu cara untuk meluapkan emosi. Namun, tahukah kamu bahwa di balik kesedihan yang dirasakan lewat tangisan itu ada manfaat tersembunyi yang sangat berguna bagi kesehatan mental dan fisik.
Menangis Ternyata Baik untuk Kesehatan, Begini Menurut Pandangan Islam
Cekricek.id, Portal Islam - Ternyata ada sejumlah langkah untuk menjadi ahli Al Quran. Bahkan disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat
Masyaallah Ini 5 Langkah Menjadi Ahli Al Quran Ala Ustaz Adi Hidayat
Cekricek.id, Portal Islam - Apakah benar Nabi Nuh merupakan salah seorang Dewa di Hindu. Terutama banyaknya persamaan yang ditemukan
Dewa di Hindu Ini Adalah Nabi Nuh? dan Ramalan di Hindu Tentang Kedatangan Rasulullah
Cekricek.id, Portal Islam - Nabi Muhammad diketahui sebagai nabi terakhir yang diutus Allah . mengapa Nabi Isa malah diangkat ke langit
Nabi Muhammad Sebagai Nabi Terakhir, Tapi Kenapa Nabi Isa Malah Diangkat ke Langit?
Cekricek.id, Portal Islam - Mungkin ada yang penasaran terkait dengan bagaimana kehidupan di bumi sebelum dihuni oleh manusia.
Bagaimana Sih Kehidupan Bumi Sebelum Dihuni Manusia?
Cekricek.id, Portal Islam - Dalam Islam ternyata ada sebuah konsep perniagaan terbaik. Bahkan telah ditegaskan langsung dalam Al Quran
Begini Konsep Perniagaan Terbaik Menurut Al-Qur’an