Waspada, Ini 6 Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Ini enam bahaya yang dapat dialami orang yang suka bermain ponsel sebelum tidur.

Ilustrasi. [Canva]

Ini enam bahaya yang dapat dialami orang yang suka bermain ponsel sebelum tidur.

Cekricek.id - Ponsel menjadi salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan bagi sebagian besar orang. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya bermain ponsel.

Tak hanya itu, banyak pula orang yang miliki kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur. Namun ternyata tindakan tersebut tidak cukup baik untuk kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan, bermain ponsel sebelum tidur memiliki bahaya bagi kesehatan, salah satunya dapat memicu kanker otak.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut bahaya yang dapat timbul pada seseorang yang miliki kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur.

Gangguan Mata

Gangguan yang paling sering dialami orang yang kerap bermain ponsel sebelum tidur yakni gangguan mata. Sebab ponsel miliki pancaran cahaya yang tak baik untuk kesehatan mata.

Gejala yang dapat dialami berupa mata merah, mata kering, dan pandangan terlihat kabur. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan menatap layar hp terlalu lama. Berikan jarak untuk istirahat yang cukup sebelum kembali menggunakan ponsel agar mata tidak bekerja terlalu lelah.

Sarang Kuman, Bakteri dan Virus

Ponsel genggam memang sekilas terlihat bersih. Namun tanpa disadari, mereka juga miliki banyak kuman, bakteri hingga virus. Hal itu lantaran ponsel genggam menjadi benda yang paling sering dipegang.

Terkadang apakah tangan mereka dalam kondisi bersih sebelum memegang ponsel tersebut. Alhasil kuman, bakteri dan virus dapat mudah berpindah dari tangan ke ponsel.

Gangguan Siklus Tidur

Bermain ponsel sebelum tidur juga dapat mengganggu siklus tidur seseorang. Sebab, ponsel memancarkan sinar biru atau blue light dari layarnya yang membuat pengguna tidak akan mengantuk.

Sinar biru itu juga bisa membuat mekanisme otak menjadi berpikir bahwa saat itu masih siang hari dan membuat pengguna terus terjaga. Hal itu pun bisa mengganggu siklus tidur seseorang.

Sendi Jempol Jadi Kaku

Bermain ponsel genggam terlalu lama dapat membuat sendi jempol kaku lantaran terus dalam posisi tertekuk. Sehingga, saat pengguna mencoba kembali meluruskannya, akan terdengar bunyi cukup keras dan timbul rasa nyeri.

Biasanya saat menggunakan ponsel leher akan terus dalam posisi menunduk. Jika dibiarkan terus-menerus dapat membuat otot leher kaku dan kram. Kebiasaan menunduk terlalu lama bisa menyebabkan nyeri punggung, bahu, dan lengan.

Memicu Risiko Kanker Otak

Ponsel miliki gelombang radiofrekuensi yang dipancarkan. Gelombang tersebut dapat berpotensi memicu kanker. Sebab, gelombang itu bisa diserap oleh jaringan di tubuh yang letaknya berdekatan dengan handphone saat digunakan.

Beberapa tahun lalu, lembaga penelitian kanker internasional telah memasukkan gelombang radio frekuensi sebagai salah satu hal yang berpotensi karsinogenik. Gelombang tersebut berpotensi meningkatkan risiko kanker.

Baca juga: Bahaya Menggunakan Baju Baru yang Belum Dicuci

Gangguan Kesehatan Mental

Penggunaan ponsel terutama untuk membuka sosial media bisa mengganggu kesehatan mental. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering melihat unggahan kehidupan orang lain, umumnya merasa lebih tidak bahagia, depresi, dan merasa sendiri dibandingkan orang lain.

Alhasil, mereka akan cenderung membandingkan kehidupannya dengan orang lain. Jika terus berlanjut hal itu bisa mengganggu kesehatan mental si pengguna. [*]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Pentingnya untuk mengenal diri sendiri agar Kamu bisa mengetahui tujuan hidup sebenarnya yang telah dan akan dilakukan nantinya.
Sering Insecure dan Merasa Tidak Ada Tujuan Hidup? Ini Tips Kenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia
Manfaatkan Teknologi, Ini 5 Tips Meraup Penghasilan Lewat Internet
Manfaatkan Teknologi, Ini 5 Tips Meraup Penghasilan Lewat Internet
Cekricek.id - Dalam tujuan penciptaannya manusia dibuat atau diciptakan oleh Allah dengan tujuan untuk beriman dan mengenal Allah
Cara Mengenal dan Mendekatkan Diri Pada Allah
Berpikir yang berlebihan dapat membuat seseorang sulit tidur bahkan tidak bisa tidur sehingga berdampak pada kesehatan.
Cemas dan Susah Tidur Karena Banyak Pikiran? Ini Cara Mudah Atasinya
Rambut rontok menjadi polemik serius di kalangan laki-laki dan perempuan. Rambut rontok dapat membuat seseorang tidak percaya diri.
Simak! Ini Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mencegahnya
Cekricek.id - Keringat menjadi salah satu permasalahan banyak orang yang mengalami bau badan. Berikut tips mengatasinya secara mudah
Jangan Khawatir, Simak 3 Cara Mengatasi Bau Badan