1995 adalah Tur Terbaik Bob Dylan

Bob Dylan

Bob Dylan. [Foto: Istimewa]

Cekricek.id - Bob Dylan telah memainkan lebih dari 3.000 pertunjukan di Never Ending Tour dan itu telah melalui pengulangan yang tak terhitung jumlahnya sejak awal 1988.

Clinton Heylin menyebut periode favorit Bob Dylan adalah tahun 1995. Hal itu diungkap Clinton Heylin dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

“Tahun itu luar biasa, benar-benar luar biasa,” katanya. “Sepanjang tahun sangat menarik dalam hal pergeseran dan perubahan yang dia lalui.”

Beberapa penggemar mungkin terkejut mendengar pendapat ini, karena itu adalah era yang hilang bagi Dylan.

Pada tahun 1995, sudah lima tahun sejak LP terakhirnya dari lagu-lagu asli (underwhelming Under the Red Sky ), dan yang paling dekat dengan pengakuan arus utama adalah Hootie and the Blowfish yang memasukkan beberapa baris "Idiot Wind" di hit mereka “Hanya Ingin Bersamamu.”

Sementara pengacaranya melepaskan Hootie, Dylan memulai tur 115-tanggal, salah satu yang terpanjang sepanjang karirnya.

Tur dimulai di Republik Ceko di Pusat Kongres Praha yang akrab, meskipun malam pembukaan ditunda karena Dylan menderita flu.

Dan ketika dia naik ke atas panggung pada 11 Maret untuk pertunjukan pertama, banyak penggemar mengatakan bahwa dia masih terlihat sedikit aneh.

“Sepanjang pertunjukan, dia mundur ke belakang panggung di antara angka-angka dan duduk membungkuk dua kali seolah mengumpulkan kekuatannya,” kenang penggemar Dylan dan adaptor Internet awal Mike Clending, “tetapi kemudian diluncurkan ke setiap nomor baru dengan lebih banyak perasaan.”

Mungkin untuk menghemat tenaganya, Dylan nyaris tidak menyentuh gitarnya malam ini. Ini memungkinkan dia untuk memfokuskan semua energinya pada vokalnya, dan itu membuat gitaris Bucky Baxter dan John Jackson, bassis Tony Garnier, dan drummer Winston Watson membawa lebih banyak bobot musik daripada biasanya.

“Saya sedang duduk di sini tadi malam, terkena flu,” kata Dylan pada satu titik. "Dengar, kamu punya tempat yang bagus untuk pulih dari flu!"

Tidak ada momen lemah di seluruh set 14 lagu, tetapi sorotannya adalah penampilan elektrik yang kuat dari “Crash on the Levee (Down in the Flood),” “Man in the Long Black Coat,” “All Along the Watchtower,” dan akustik yang lembut mengambil “Boots of Spanish Leather,” “It's All Over Now, Baby Blue,” dan “It Ain't Me Babe.”

Tidak ada rekaman papan suara dari pertunjukan, tetapi rekaman penonton yang luar biasa telah muncul.

Ada banyak bajakan 1995 hebat lainnya, termasuk Philadelphia (6/21/95) dan Oslo (29/6/95), tetapi ada sesuatu yang ajaib tentang pertunjukan Praha ini yang tidak mereka tangkap.

“Itu mungkin masih menjadi konser Dylan favorit saya sepanjang masa,” kata Heylin baru-baru ini kepada Rolling Stone. "Saya akan meletakkan acara itu di sebelah acara tahun 1966 yang ingin Anda pilih."

Dan sementara Dylan World telah merilis setiap pertunjukan 1966 tunggal yang mereka miliki di set 36-kotak, termasuk pasangan yang terdengar seperti mereka direkam di terowongan angin 20 mil dari panggung, mereka belum merilis satu pertunjukan pun dari 33- tahun sejarah Never Ending Tour, selain dari MTV Unplugged spesial.

Ketika mereka akhirnya melakukannya, pertunjukan Praha ini seharusnya berada di dekat bagian atas daftar mereka.

Baca Juga

Musisi Malang Abih RV Rilis Album Perdana "First Vault"
Musisi Malang Abih RV Rilis Album Perdana "First Vault"
THE RAIN Rilis "Lagu Kita Berdua", Single Terbaru Menuju Album ke-8
THE RAIN Rilis 'Lagu Kita Berdua', Single Terbaru Menuju Album ke-8
Sentuhan Emosional Sabiella Maris dalam Single Baru "Uneasy"
Sentuhan Emosional Sabiella Maris dalam Single Baru "Uneasy"
'24' dari aleksiah, Pengingat Bahwa Hidup Akan Semakin Baik di Masa Depan
'24' dari aleksiah, Pengingat Bahwa Hidup Akan Semakin Baik di Masa Depan
Cekricek.id - Peneliti Ciptakan Musik dari Jaring Laba-laba, Dengar Bunyi Misteriusnya
Peneliti Ciptakan Musik dari Jaring Laba-laba, Dengar Bunyi Misteriusnya
Cekricek.id - Kisruh Lagu 'Mungkinkah': Stinky akan Tuntut Balik Pencemaran Nama Baik
Kisruh Lagu 'Mungkinkah': Stinky akan Tuntut Balik Pencemaran Nama Baik