5 Tradisi Menyedihkan yang Dialami Janda di India

Berita trending terbaru dan berita viral terbaru :beberapa tradisi menyedihkan yang harus dijalani oleh janda yang berada di wilayah India.

Tradisi menyedihkan janda di India. [Foto.Ist]

Cekricek.id-Ditinggal mati oleh suami tentunya menjadi pukulan tersendiri bagi seorang istri. Selain harus menyandang status sebagai janda tentunya harus juga menghidupi anak yang ditinggalkan pasangannya.

Belum lagi ada sejumlah tradisi di segelintir wilayah terkait status janda yang disandang oleh seorang perempuan.

Seperti beberapa tradisi menyedihkan yang harus dijalani oleh janda yang berada di wilayah India mengutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Wanita Ini Nikahi 5 Pria Sekaligus, Tidur Bersama dan Kasih "Jatah" Bergiliran Tiap Malam

Putih Selama Hidupnya

Lampiran Gambar

Kebanyakan orang India terlebih yang beragama Hindu konservatisme meyakini jika suami meninggal berhenti hal ini merupakan kelalaian sang istri. Karena dirinya dianggap gagal untuk mempertahankan jiwa suaminya.

Maka dari itu dirinya harus menggunakan pakaian berwarna putih seumur hidup. Hal ini juga melambangkan sebagai tanda duka cita atau bergabung untuk sang suami. Selain itu mereka juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan berbagai aksesoris yang hanya diperbolehkan bagi wanita yang terikat pernikahan.

Namun hal ini juga dianggap menjanjikan karena segelintir pedagang justru melakukan diskriminasi karena enggan berinteraksi dengan para janda.

Mengasingkan Diri

Lampiran Gambar

Bukan hal baru lagi di India jika ada janda yang kemudian disuruh untuk mengasingkan diri.

Mereka sengaja meninggalkan kediamannya setelah sang suami meninggal dunia dan memilih untuk tinggal di ashram vidhwa (ashram untuk janda) yang dijalankan oleh pemerintah, perusahaan swasta, dan LSM.

Apalagi seorang janda di India tidak boleh untuk menikah lagi dan meninggalkan berbagai tradisi pernikahan. Karena banyak orang yang menganggap janda merupakan orang yang membawa malu bagi keluarganya.

Cukur Rambut

Lampiran Gambar

Yang tak kalah menyedihkannya nasib yang dialami oleh seorang janda adalah mereka dipaksa untuk mencukur rambut. Padahal bagi perempuan rambut merupakan salah satu mahkota yang dianggap penting.

Hal ini juga menjadi pembeda bagi wanita yang telah ditinggalkan suami dengan mereka yang masih terikat pernikahan. Seringkali ditemukan di jalan Vrindavan jumlah janda dengan rambut pendek atau bondol.

Dilarang Mengikuti Berbagai Acara

Lampiran Gambar

Para janda di India juga dianggap memiliki status sosial paling bawah sehingga tidak diperbolehkan untuk mengikuti berbagai acara termasuk dalam bidang keagamaan.

Serta mereka juga tidak diperbolehkan untuk menghadiri sebuah acara pernikahan karena ditakutkan dapat membawa bencana.

Sati, Tradisi Membakar diri

Lampiran Gambar

Tradisi paling menyedihkan bagi seorang janda adalah saat ini yaitu membakar diri sendiri untuk mengikuti suami yang telah meninggal. Karena mereka mempercayai adanya janji sehidup semati dalam sebuah pernikahan.

Masyarakat mempercayai jika tradisi membakar diri ini juga dilakukan atas dasar sukarela tanpa adanya paksaan.

Akan tetapi beberapa waktu belakangan tradisi tersebut telah menjadi suatu hal yang dipaksakan karena mereka tidak dianggap bagian dari masyarakat lagi. [*/Nlm]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat Usai Anaknya Meninggal Dunia
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat dan Dinikahi Muncikari
Anak indigo ini beberkan sederet kelebihan dan hal yang biasa bagi kaumnya tapi mungkin jadi hal special bagi orang lain.
Pria Ini Bongkar Sederet Kelebihan Anak Indigo
Mama Pandan, seorang waria inspiratif besarkan seorang anak angkat dengan segala perjuangan di tengah banyaknya bully.
Begini Perjuangan Waria Ini Demi Sekolahkan Anak Angkat
Usai makan sesajen di sendang dan kuburan, seorang pria ini alami berbagai macam kejadian mistis diganggu makhluk halus.
Nekat Makan Sesajen, Pria Ini Alami Kejadian Mistis
Seorang ibu menumpahkan rasa kecewaannya karena rambut anaknya yang baru seminggu masuk sekolah dipotong tanpa izin oleh gurunya.
Viral Guru Potong Rambut Murid 7 Tahun Tanpa Izin, Sang Ibu Lapor KPAI