7 Tips Menahan Lapar Saat Diet

Berita terbaru hari ini: Cara menahan lapar

Ilustrasi: Cara menahan lapar. [Canva]

Berita terbaru hari ini: Ini 7 tips atau cara menahan lapar saat melakukan diet. Nah, kamu cukup minum air putih hingga melakukan aerobik.

Cekricek.id – Diet merupakan program penurunan berat badan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsing serta ideal. Biasanya orang yang melakukan diet perlu membatasi asupan makanan untuk tubuhnya. Dengan menghindari mengonsumsi makanan yang berlemak.

Cobaan terberat saat melakukan diet adalah menahan rasa lapar yang kemudian bisa membuat seseorang nekat untuk makan makanan tersebut. Akibat dari itu, bisa membuat seseorang gagal dalam program dietnya.

Namun, tenang saja, ternyata ada solusi untuk menahan lapar ketika diet. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ada tujuh cara untuk menahan lapar secara efektif ketika melakukan diet.

Minum Air Putih

Lampiran Gambar

Minum air putih bisa menjadi salah satu cara untuk menahan lapar ketika sedang melakukan diet. Biasakan untuk meminum air putih setidaknya segelas air putih sebelum makan.

Hal ini bisa membantu mengurangi rasa lapar dan bisa menghindari makan lebih banyak. Tidak hanya itu, minum air putih di pagi hari setelah bangun dapat membantu proses penurunan berat badan.

Baca juga: Mengenyangkan dan Sehat, Inilah 5 Makanan Sahur Terbaik Untuk Dikonsumsi

Cokelat hitam

Cokelat hitam

Cokelat hitam memiliki senyawa seperti polifenol, flavanol, dan katekin. Senyawa ini dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi keinginan makan dan rasa perasaan kenyang. Tidak hanya itu, menciumnya saja bisa menurunkan nafsu makan dan mngurangi kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar.

Jeruk

Makan jeruk

Rasa asam dari jeruk dapat membantu meredamkan rasa lapar. Buah jeruk ini kaya dengan vitamin C yang membantu mengubah lemak menjadi energi.

Biasakan juga untuk menikmati satu buah jeruk ukuran sedang sekitar 30 menit sebelum makan untuk membantu membuat kamu kenyang lebih lama.

Minum Kopi

Minum Kopi

Secangkir kopi hitam dapat membantu kamu menahan rasa lapar ketika melakukan program diet. Pilihlah kopi tanpa kafein agar tetap sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa kopi mendorong pelepasan hormon peptida (YPP) yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan tidak membuat kamu makan secara berlebihan.

Baca juga: 5 Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat, Wajib Tahu Saat Pandemi Covid-19

Olahraga

Olahraga

Olahraga tertentu bisa meredam nafsu makan seseorang sehingga tidak cepat lapar. Saat berolahraga, pelepasan hormon ghrelin dapat membuat rasa lapar berkurang sehingga perut kenya lebih lama.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik efektif untuk mengurangi porsi makan seseorang.

Tidur cukup

Tidur cukup

Tidur yang cukup ternyata dapat membantu kamu mengurangi rasa lapar ketika diet. Saat kamu tidur di malam hari setelah melakukan pekerjaan seharian penuh akan menjadi lebih rileks sehingga metabolisme tubuh berjalan normal.

Dalam hal ini tentunya tubuh akan lebih mudah mencerna makanan dan tidak akan terasa lapar terus menerus.

Camilan kaya protein

Camilan kaya protein

Dalam program diet perlu mencari cemilan sehat yang kaya akan protein dan rendah kalori seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

Dengan hal tersebut bisa membuat kamu merasa kenyang selama semalaman dan tidak akan membuat kamu merasa kelaparan.

Nai itu tips atau cara menahan lapar bila kamu sedang diet. Selamat mencoba. [*]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Sudah Ada Sejak Tahun 6000 SM, Intip Lokasi Zaman Pra Sejarah di Pedalaman Sumatera, yaitu lokasi seribu menhir di Maek Limapuluh Kota.
Banyak Tak Tahu, Tempat Ini Sudah Ada Sejak Tahun 6000 SM, Intip Lokasi Zaman Pra Sejarah di Pedalaman Sumatera
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat Usai Anaknya Meninggal Dunia
Kisah Mantan 'Kupu-kupu Malam' Tobat dan Dinikahi Muncikari
Anak indigo ini beberkan sederet kelebihan dan hal yang biasa bagi kaumnya tapi mungkin jadi hal special bagi orang lain.
Pria Ini Bongkar Sederet Kelebihan Anak Indigo
Mama Pandan, seorang waria inspiratif besarkan seorang anak angkat dengan segala perjuangan di tengah banyaknya bully.
Begini Perjuangan Waria Ini Demi Sekolahkan Anak Angkat