AJI Padang Sambut 7 Anggota Baru

Tujuh jurnalis menjadi anggota baru AJI Padang. Mereka diterima setelah melewati berbagai proses seleksi yang ketat.

Ilustrasi: Logo AJI Padang. [Dok. AJI Padang]

Tujuh jurnalis menjadi anggota baru Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang. Mereka diterima setelah melewati berbagai proses seleksi yang ketat.

Cekricek.id - Dalam suasana keakraban di kawasan perkemahan Sungai Lareh, Padang, Sumbar, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang menyambut tujuh jurnalis muda yang resmi menjadi bagian dari keluarga besar mereka pada Minggu (17/9/2023). Para jurnalis ini berasal dari berbagai media di Sumatera Barat dan Jakarta, termasuk beberapa jurnalis yang memilih jalur independen sebagai freelancer.

Ketujuh jurnalis tersebut adalah Alif Ilham Fajriadi dan Wahyu Bahar dari Tribun Padang, Dharma Harisa dari Langgam.id, serta Fatris MF, Habil Ramanda, Neneng Nora Hastuti, dan Lisa Septri Melina yang merupakan jurnalis lepas.

Rizka Desri Yusfita, yang menjabat sebagai Koordinator Bidang Organisasi dan Kesekretariatan AJI Padang, mengungkapkan bahwa proses seleksi anggota baru ini berlangsung selama tujuh bulan. Mulai dari tahap administrasi, wawancara, pemantauan, hingga pembekalan etik dan keorganisasian AJI.

"Proses pendaftaran dimulai Maret 2023, ada 13 orang yang mendaftar. Lalu setelah berbagai proses dan ditetapkan dalam rapat anggota, tujuh jurnalis inilah yang dinyatakan lolos sebagai anggota. Dengan tambahan ini anggota AJI Padang kini 44 jurnalis," kata Rizka.

Harapan untuk Anggota Baru AJI Padang

Ketua AJI Padang, Aidil Ichlas, dalam sambutannya menekankan bahwa tujuh jurnalis muda ini kini memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dengan anggota AJI lainnya. "Selamat kepada kawan-kawan yang sudah resmi sebagai anggota AJI. Kita berharap kawan-kawan bisa menambah kekuatan AJI untuk terus memperjuangkan tripanji AJI Padang, yaitu mengawal kemerdekaan pers, menjaga profesionalisme dan memperjuangkan kesejahteraan jurnalis," ucap Aidil.

Dharma Harisa, salah satu anggota baru, mengungkapkan rasa syukurnya dan harapannya setelah bergabung dengan AJI. "Saya berharap AJI Padang terus memberikan banyak ilmu di bidang jurnalistik dan ilmu lainnya. Di awal bergabung ini, saya berharap bisa menjadi harapan untuk AJI lebih tumbuh dan berkembang," ungkap Harisa.

Lisa Septri Melina, jurnalis lainnya yang baru bergabung, menambahkan, "Saya berharap dengan masuk AJI Padang ini dapat meningkatkan serta memperluas wawasan saya tentang jurnalistik dan juga dapat menjaring relasi yang baik antara sesama anggota AJI dan juga jurnalis-jurnalis lain yang ada di Indonesia."

Acara pengukuhan anggota baru ini dilengkapi dengan serangkaian kegiatan selama dua hari, termasuk pembekalan dari Ketua Majelis Etik AJI Padang, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Nasional AJI Hendra Makmur, Yuafriza dari Pengurus Nasional Bidang Ketenagakerjaan AJI, dan Novia Herlina, Koordinator Bidang Gender, Anak dan Kelompok Marjinal AJI Padang.

Tag:

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Polres Kuansing Tangkap Pengedar Sabu di Logas Tanah Darat
Polres Kuansing Tangkap Pengedar Sabu di Logas Tanah Darat
Berita Riau Hari Ini: Kampar Unjuk Kreativitas di Lomba Tari Kreasi Jingle Gelari Pelangi HGK PKK Nasional ke-52
Kampar Unjuk Kreativitas di Lomba Tari Kreasi Jingle Gelari Pelangi HGK PKK Nasional ke-52
Berita Riau Hari Ini: Video Harimau Mati Tertabrak di Tol Permai Ternyata Hoaks, Ini Faktanya
Video Harimau Mati Tertabrak di Tol Permai Ternyata Hoaks, Ini Faktanya
Berita Riau Hari Ini: Kabar Gembira, Berobat TBC di RSJ Tampan Gratis
Kabar Gembira, Berobat TBC di RSJ Tampan Gratis
Berita Riau Hari Ini: Pasang 5 Kamera Trap, BBKSDA Riau Awasi Harimau Sumatera Penyerang Manusia
Pasang 5 Kamera Trap, BBKSDA Riau Awasi Harimau Sumatera Penyerang Manusia
Berita Riau Hari Ini: 14 Santriwati di Rokan Hilir Diduga Keracunan Siomay, Ini kata Polisi
14 Santriwati di Rokan Hilir Diduga Keracunan Siomay, Ini kata Polisi