Bahan Alam Ini Cocok Jadi Obat Batuk Alami, Silakan Dicoba

Obat batuk alami

Ini bahan alam yang cocok jadi obat batuk alami. [Foto/Ist]

Berita Terbaru: Ada beberapa cara dan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk yang menyerang

Cekricek.id - Batuk termasuk penyakit yang menjengkelkan. Terlebih jika batuk itu kambuh ketika sedang kumpul bersama teman, keluarga, atau pada kondisi tertentu yang membutuhkan kefokusan.

Meskipun batuk menjadi cara alami bagi tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya, tetapi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Terlebih jika batuk itu menjadi-jadi ketika malam hari menjelang tidur.

Nah, untuk membantu meredakan batuk, ada beberapa bahan alam yang dipercaya ampuh sebagai obat batuk alami yang bisa kamu coba. Berikut beberapa obat batuk alami dikutip dari berbagai sumber.

1. Teh herbal madu hangat

Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa meredakan batuk. Cara menggunakan madu sebagai obat batuk alami cukup mudah. Campurkan dua sendok madu dengan teh herbal lalu tambahkan air hangat secukupnya. Minuman ini akan membantu melegakan tenggorokan dan meredakan batuk.

2. Jahe

Jahe dipercaya bisa menjadi obat batu alami karena mengandung senyawa antiperadangan. Senyawa antiperadangan ini berfungsi untuk melemaskan membrane di saluran udara sehingga intensitas batuk berkurang.

Cara menggunakan jahe sebagai obat batuk alami ialah dengan menyeduh 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas, lalu diamkan beberapa menit sebelum diminum. Kamu bisa juga menambahkan madu dan perasan lemon untuk meningkatkan khasiatnya.

3. Banyak minum air

Batuk dan pilek bisa diatasi dengan menjaga kecukupan cairan tubuh. Oleh sebab itu, jika sedang batuk perbanyak minum air putih. Bisa juga mengonsumsi air hangat jika batuk disertai pilek. Namun jika batuk disertai radang tenggorokan, hindari minuman yang terlalu panas.

4. Larutan air garam

Larutan air garam merupakan obat batuk berdahak alami karena bisa mengurangi lendir yang menempel di bagian belakang tenggorokan. Untuk membuat larutan air garam, cukup aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Tunggu sampai tidak terlalu panas, baru gunakan untuk berkumur.

Biarkan larutan menjangkau bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat, sebelum Anda membuangnya. Berkumurlah dengan air garam selama beberapa kali sehari sampai kondisi batuk membaik.

Hindari memberikan larutan air garam kepada anak-anak yang belum bisa berkumur dengan benar.

5. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami. Bromelain adalah enzim yang banyak ditemukan dalam bagian tengah buah nanas. Bromelain memiliki zat antiperadangan serta bisa memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Baca Juga: Cara Meredakan Batuk dengan Bahan Alami, Jeruk Nipis Hingga Kacang Almond

Untuk menggunakan nanas sebagai obat batuk alami, makan nanas atau minum jus nanas sampai ke bagian tengah atau inti buah. Hal yang perlu diingat, konsumsi nanas tidak boleh berbarengan dengan obat pengencer darah dan antibiotik tertentu, karena memicu efek samping.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

WHO mengidentifikasi cacar monyet telah menyebar ke lebih dari 50 negara di dunia. Namun kondisi ini belum ditetapkan sebagai pandemi.
Cacar Monyet Telah Menyebar ke-50 Negara, Akan Menjadi Pandemi Baru?
Gula pasir
Apakah Gula Pasir Bikin Kecanduan? Ini Kata Ustaz Zaidul Akbar
Kesehatan mata
Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata
Nafsu makan
Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat
Ibu menyusui
Ibu Menyusui Gak Boleh Makan Pedas? Ini Faktanya
Minum di waktu makan
Ternyata Minum di Waktu Makan Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasan Ustaz Zaidul Akbar