Belanda Akan Kembalikan Berlian 70 Karat Milik Sultan Banjarmasin

Berlian Sultan Banjarmasin

Berlian Sultan Banjarmasin. [Ist]

Berlian 70 Karat Milik Sultan Banjarmasin Akan dikembalikan oleh Belanda yang Dibawa saat Menjajah Indonesia.

Cekricek.id - Museum Rijks dan Tropenmuseum di Amsterdam mengkonfirmasi Pemerintah Belanda bakal mengembalikan sekitar 100.000 benda pusaka milik Indonesia yang diambil semasa penjajahan.

Dilansir The Guardian, Senin (12/10), satu di antara ratusan ribu pusaka yang akan dikembalikan yakni berlian 70 karat milik Sultan Banjarmasin. Barang tersebut dikuasai Belanda di akhir abad ke-19 dan kini dipajang di Rijksmuseum.

Museum di Belanda mendukung laporan yang mengusulkan 'pengakuan dan perbaikan ketidakadilan' semasa kolonialisme di nusantara.

Inventarisasi barang-barang pusaka turut dilakukan oleh Dewan Kebudayaan Belanda.

"Jika itu bukan milik Anda, Anda harus mengembalikannya," kata penulis laporan badan penasihat pemerintah Belanda, Lilian Gonçalves-Ho Kang You.

Direktur Rijksmuseum, Taco Dibbits mengatakan lembaganya sudah bekerja untuk mengidentifikasi asal-usul koleksi dan struktur formal untuk pengembalian akan diterima.

"Ini adalah masalah penting yang semakin mendapat perhatian, termasuk internasional, dalam beberapa dekade terakhir," ujarnya.

"Kami berharap hal ini berkontribusi pada dialog yang konstruktif dengan negara asal. Selain itu, penting agar museum bekerja sama secara internasional untuk menambah pengetahuan tentang kawasan ini," lanjutnya.

Direktur Tropenmuseum, Stijn Schoonderwoerd mengatakan kepada surat kabar Het Parool, bahwa apa yang dilakukan pemerintah Belanda merupakan sebuah langkah yang maju.

Baca juga: 4 Bangsawan Ini Dulunya Cuma Orang Biasa, Tapi Ada yang Jadi Ratu

"Dengan ini, Belanda mengambil tanggung jawabnya dengan mengakui ketidakadilan dan memungkinkan untuk mengembalikannya. Kami menyambutnya," ujarnya.

Sebelumnya pada Maret lalu, Belanda mengembalikan sebuah belati bertatahkan emas diserahkan, yang kemudian dikenal di Indonesia milik Pangeran Diponegoro. [*/Nit]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Berita terbaru hari ini: Francisco Guerrero Pembunuh berantai Meksiko
Guerrero, Pembunuh Berantai yang Telah Membunuh 20 Pelacur di Meksiko
Harem Dinasti Tiongkok
Kisah Harem Dinasti Tiongkok yang Dihuni 20 Ribu Selir
Anne Boleyn
Kisah Tragis Anne Boleyn, Dihukum Mati karena Difitnah Suami Sendiri
Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten
Sudah Ada Sejak Tahun 6000 SM, Intip Lokasi Zaman Pra Sejarah di Pedalaman Sumatera, yaitu lokasi seribu menhir di Maek Limapuluh Kota.
Banyak Tak Tahu, Tempat Ini Sudah Ada Sejak Tahun 6000 SM, Intip Lokasi Zaman Pra Sejarah di Pedalaman Sumatera