Burung Kasuari Ternyata Paling Berbahaya di Dunia

Berita terbaru: Kasuari menjadi burung paling berbahaya di dunia lantaran memiliki jari kaki tebal dan tajam seperti belati.

Burung Kasuari. [Canva]

Berita terbaru: Burung Kasuari menjadi burung paling berbahaya di dunia lantaran memiliki jari kaki tebal dan tajam seperti belati.

Cekricek.id, Jakarta - Burung merupakan salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara manusia. Meski kerap dianggap sebagai hewan yang baik, namun ternyata ada pula burung yang paling berbahaya di dunia.

Burung tersebut telah dibesarkan  oleh manusia sejak kurang lebih 18.000 tahun yang lalu. Dianggap sebagai burung paling berbahaya, karena unggas ini memiliki jari kaki seperti belati yang tajam.

Melansir dari Daily Star pada Selasa (19/02/2022), bukti baru menunjukkan bahwa kasuari dikenal sebagai burung paling berbahaya di dunia. Namun sejak ribuan tahun lalu, manusia seperti pemburu dan pengumpul telah menangkap dan merawat unggas ini.

Burung Kasuari Burung Paling Berbahaya di Dunia

Berita terbaru: Kasuari menjadi burung paling berbahaya di dunia lantaran memiliki jari kaki tebal dan tajam seperti belati.
Kasuari. [Canva]

Menurut sebuah laporan baru, Kristina Douglass, asisten profesor di Penn State University di Amerika Serikat, menjelaskan bahwa tanda-tanda dalam fosil menunjukkan bahwa kasuari telah dikumpulkan manusia saat lahir.

Mereka pun membesarkannya hingga menetas dan dewasa. Beberapa orang sengaja memeliharanya untuk diambil daging atau bulunya.

"Perilaku yang kita lihat ini datang ribuan tahun sebelum domestikasi ayam," jelas seorang pneliti dalam sebuah pernyataan.

"ini bukan unggas kecil, ini adalah burung besar. Burung yang tidak bisa terbang yang dapat mengeluarkan isi perut Anda," tambahnya.

Berdasarkan hasil penelitian manusia mengambil telur yang baru menetas dari kasuari, asli Australia dan Papa New Guinea. Namun hal ini tidak akan mudah, sebab burung tersebut memiliki jari kaki yang tebal dan tajam seperti belati.

Jika mereka merasa terancam, maka kaki tersebut digunakan untuk melindungi diri. Tidak heran jika kasuari jadi burung paling berbahaya di dunia.

Bahkan kejadian manusia dibunuh oleh hewan ini juga pernah terjadi. Pada tahun 2019, seorang pemilik hewan peliharaan eksotis di Florida dibunuh oleh kasuari peliharaannya. Kejadian itu terjadi setelah orang itu jatuh di kebun belakang rumahnya.

Berita terbaru: Kasuari menjadi burung paling berbahaya di dunia lantaran memiliki jari kaki tebal dan tajam seperti belati.
Kasuari. [Canva]

Kasuari merupakan makhluk yang penasaran. Mereka suka berpindah-pindah tempat untuk membuat sarang setiap tahunnya. Namun begitu, kasuari sering kali tampak melekat pada hal pertama yang dilihatnya saat menetas sebagai anak ayam.

Para ahli biologi menyebut fenomena itu dengan disebut 'pencetakan'. Lantaran hal itu pula diyakini manusia purba yang memiliki burung muda, akan sangat mudah untuk membesarkan mereka hingga dewasa.

Baca juga: Tak Hanya Yunani, Indonesia Juga Punya 5 Hewan Mitologi

"Orang-orang mungkin telah memburu jantan dan kemudian mengumpulkan telurnya. Karena jantan tidak meninggalkan sarang tanpa pengawasan, mereka juga tidak memberi makan banyak selama masa inkubasi, membuat mereka lebih rentan terhadap predator," jelas Ms Douglass kepada CNN.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Lesty dan Rizky Billar. [Foto: Instagram]
Polisi Akan Panggil Rizky Billar Terkait Dugaan KDRT Terhadap Lesty Kejora
Rizky Billar mengungkapkan bahwa dirinya sebelumnya tidak pernah berantem dengan Lety Kejora sejak menikah, Jumat (29/9/2022).
Dilaporkan ke Polisi karena KDRT, Rizky Billar Sebut Belum Pernah Berantam dengan Lesty Kejora Sejak Menikah
Cekricek.id - Ternyata masih ada sejarah yang belum terkuak berkaitan dengan Kota Batu Zanzibar. Ternyata ada sejarah tersembunyi kota tersebut
Menguak Sejarah Tersembunyi Kota Batu Zanzibar
Cekricek.id - Lesti Kejora membuat laporan untuk suaminya, yaitu Rizky Billar karena diduga melakukan tindakan KDRT kepada sang biduan
Diduga Lakukan KDRT, Rizky Billar Dilaporkan Lesti Kejora
Cekricek.id - Lagi-lagi artis cantik sekaligus juga model Luna Maya mendapat banyak pujian dari netizen, visualnya gak ada lawan
Yuk Intip Visual Luna Maya Saat Pemotretan yang Membius Netizen
Cekricek.id - Aby Respati, mantan waria yang pernah menjalin hubungan pertemanan yang akrab dengan waria cantik, Milen Cyrus. Dahulunya mereka cukup sering mengunggah foto atau membuat konten video bersama. Namun, setelah lama menghilang, sosok Aby kini berubah total kembali menjadi laki-laki tulen.
Cerita Waria Tobat, Sahabat Milen Cyrus yang Dulu Gemulai Kini Maco