Tak Hanya Yunani, Indonesia Juga Punya 5 Hewan Mitologi

Berita trending terbaru dan berita viral terbaru : beberapa makhluk mitologi yang erat dengan kepercayaan masyarakat Indonesia.

Makhluk mitologi di Indonesia. [Foto.Ist]

Tidak hanya Yunani yang punya cerita tentang makhluk mitologi. Indonesia juga punya beberapa makhluk mitologi yang erat dengan kepercayaan masyarakat Indonesia.

Cekricek.id - Di tengah era digital saat ini masih banyak masyarakat yang mempercayai akan hal berbau mistis atau mitologi. Satunya mengenai keberadaan sejumlah makhluk mitologi yang berkembang di masyarakat.

Seperti beberapa makhluk mitologi yang erat dengan kepercayaan masyarakat Indonesia mengutip dari berbagai sumber.

Garuda

Lampiran Gambar

Posisi pertama pastinya sudah tidak asing lagi dengan makhluk mitologi ternama burung garuda. Sebutkan burung yang satu ini juga dijadikan sebagai simbol negara Indonesia karena dinilai begitu gagah berani serta mempunyai kekuatan hebat.

Dalam mitologi di kisahkan cerita burung garuda ini memiliki kepala seperti elang dan tubuh layaknya seorang ksatria berbeda dengan Garuda Pancasila. Hal ini dikisahkan dan dipercayai dari ajaran agama Hindu yang merupakan kendaraan bagi Dewa Wisnu.

Ukurannya disebut sangat besar karena bisa menutupi sinar matahari hanya dengan sayapnya. Hal ini jugalah yang menjadi dasar kekuatan bagi burung garuda karena mampu mengendalikan cuaca dan iklim.

Baca juga: Ilmuan Temukan Dunia dan Makhluk Hidup Baru

Ahool

Lampiran Gambar

Urutan berikutnya ada hewan mitologi yang berkembang tentang sosok hewan yang dinilai mirip seperti primata terbang bernama Ahool. Cerita yang berkembang di masyarakat jika hewan tersebut seringkali menghuni kawasan hutan tropis yang ada di pulau Jawa.

Hewan ini berbentuk seperti kepala monyet dengan ukuran mencapai 3 meter. Dinamai demikian juga karena teriakannya begitu nyaring dan mengeluarkan suara seperti kata "ahoool!,".

Hewan ini juga merupakan perpaduan dari kelelawar terbang. Sampai saat ini masih belum ada bukti konkret yang mampu menjelaskan bagaimana sosok hewan tersebut.

Baca juga: Awal Mula dan Sejarah Terbentuknya Illuminati

Orang Bati

makhluk mitologi indonesia

Hewan mitologi yang tak kalah populernya ada Orang Bati yang begitu dikenal di daerah Maluku. Hewan ini diperkirakan memiliki bentuk seperti manusia namun berwarna merah menyala. Hal itu ia juga memiliki sayap serta cakar dan taring.

Makhluk mitologi ini dikabarkan hidup di daerah Gunung Krakatau namun begitu berbahaya karena seringkali menyantap anak-anak untuk kekuatannya. Masyarakat pun percaya jika hewan tersebut berkeliaran hanya pada malam hari.

Kuda Sembrani

makhluk mitologi indonesia

Jika orang luar mungkin mengenal adanya kuda terbang atau pegasus dengan kisah mitologi Yunani ternyata di Indonesia juga ada hal serupa. Hewan itu bernama Kuda Sembrani yang konon kabarnya memiliki sayap yang menjadi tunggangan bagi Dewa Wisnu.

Akan tetapi hal ini juga masih belum dipastikan kebenarannya karena juga ada cerita lain yang berkembang di masyarakat. Adanya cerita yang berkembang jika sebenarnya hewan yang satu ini justru menjadi tunggangan bagi para arwah raja dan ratu.

Cindaku

makhluk mitologi indonesia

Hewan mitologi terakhir yang berasal dari Indonesia ada nama cindaku yang berasal dari kepercayaan masyarakat daerah Kerinci.

Hewan yang satu ini identik sebagai manusia harimau seperti mutan pada berbagai film fiksi. [*/Nlm]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Berita terbaru: Kasuari menjadi burung paling berbahaya di dunia lantaran memiliki jari kaki tebal dan tajam seperti belati.
Burung Kasuari Ternyata Paling Berbahaya di Dunia
Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Beberapa kebiasaan buruk mungkin biasa kamu lakukan, hal itu bisa saja mengundang setan.
Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mengundang Setan Lho
Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Seorang pria dibuat ketakutan lantaran menemukan katak zombie tanpa kepala yang masih hidup dan bisa melompat.
Ditemukan Katak Zombie Hidup Tanpa Kepala
Berita terkini, terbaru dan berita pilihan hari ini: Sapi di Bangladesh dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai sapi terkecil di dunia yang memiliki ukuran setinggi 20 inci.
Ini Sapi Terkecil di Dunia, Cuma 20 Inci
Berita terbaru, terkini dan berita pilihan hari ini: 5 tradisi dari suku di Indonesia ini terbilang ekstrem. Beberapa masih dilestarikan, sebagian sudah tidak ada lagi.
5 Tradisi Budaya Indonesia yang Terbilang Ekstrem, No. 5 Berburu Kepala Orang
Berita terbaru, terkini dan berita pilihan hari ini: Glaucus Atlanticus atau siput laut naga biru memiliki warna dan bentuk yang menarik. Tapi hati-hati terhadap sengatannya.
Siput Laut Naga Biru, Memesona Tapi Hati-hati Sengatannya