Ibu Menyusui Gak Boleh Makan Pedas? Ini Faktanya

Ibu menyusui

Benarkah ibu menyusui gak boleh makan pedas? Ini faktanya. [Foto/Ist]

Cekricek.id - Ibu menyusui biasanya dilarang memakan berbagai jenis makanan tertentu. Mulai dari makanan dingin yang mengandung es hingga makanan pedas.

Kalau makanan yang mengandung es katanya akan membuat si bayi mudah terserang flu dan demam. Mungkin alasan ini bisa sedikit diterima lantaran es memang tidak baik untuk dikonsumsi jika berlebihan, apalagi bagi ibu menyusui.

Lalu bagaimana dengan makanan pedas? Kata kebanyakan orang tua di zaman dulu, kalau ibu menyusui makan makanan pedas, ASI yang dihasilkannya juga akan terasa pedas. Hal itu menyebabkan si bayi yang disusui menjadi sakit perut dan lebih rewel dari biasanya.

Melansir situs Hello Sehat, faktanya hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebut bahwa ibu menyusui harus menghindari jenis makanan tertentu. Apalagi soal anggapan bahwa bayi yang disusui akan lebih rewel jika si ibu memakan makanan pedas.

Anggapan itu muncul karena banyak orang yang mengaitkan konsumsi makanan pedas dengan timbulnya penyakit pencernaan bayi, seperti kolik, diare, dan sebagainya. Penyakit pencernaan itulah yang kemudian disebut membuat bayi rewel karena ibu bayi memakan makanan pedas.

Padahal, penyakit pencernaan pada bayi itu biasanya terjadi karena sistem pencernaan bayi belum sempurna, mengalami ketidakseimbangan bakteri pencernaan, atau menderita alergi makanan tertentu.

Bayi juga bisa menjadi rewel karena kelaparan, kesepian, kelelahan, tubuhnya basah, ingin digendong, ingin mengisap sesuatu, kepanasan, atau kedinginan.

Bahkan disebutkan bahwa, konsumsi makanan pedas sebenarnya memiliki beberapa manfaat bagi ibu menyusui.

Setidaknya ada empat manfaat konsumsi makanan pedas bagi ibu menyusui. Pertama, bisa membuat ibu menyusui makan lebih lahap dengan porsi banyak sehingga kebutuhan kalori selama menyusui tercukupi.

Kedua, makanan pedas bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mendukung kesehatan jantung. Ketiga, membantu program diet untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Lalu keempat, makanan pedas bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Baca juga: Sedang Hamil, Ria Ricis Lakukan Split, Netizen: Jangan Gitu, Nanti Nyesal

Itulah manfaat memakan makanan pedas bagi ibu menyusui. Jadi, bukan dilarang, tetapi makanan pedas nyatanya punya manfaat bagi ibu menyusui.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Tag:

Baca Juga

Kesehatan mata
Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata
Nafsu makan
Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat
Minum di waktu makan
Ternyata Minum di Waktu Makan Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasan Ustaz Zaidul Akbar
Menghilangkan cegukan
Sangat Menganggu Saat Puasa, Berikut Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Air
Mengatasi kolesterol tinggi
Tujuh Buah Ini Cocok Atasi Kolesterol Tinggi dalam Darah
Kantung mata
Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya