Ini Penyebab Berat Badan Perempuan Naik Hingga 3 Kg Saat Menstruasi

Berita terbaru hari ini: Penyebab Berat Badan Perempuan Naik Saat Menstruasi

Ilustrasi: Penyebab Berat Badan Perempuan Naik Saat Menstruasi. [Canva]

Berita terbaru hari ini: Apakah berat badan kamu naik saat menstruasi? Nah, ternyata ini penyebab berat badan perempuan naik saat menstruasi.

Cekricek.id – Kenaikan berat badan saat menstruasi itu adalah hal yang wajar dialami oleh kaum wanita. Pasalnya, saat menstruasi, tubuh perempuan akan mengalami perubahan hormon estrogen dan progesteron.

Hal ini mendorong perempuan dalam meningkatkan asupan makanan hingga menyebabkan emosional pada makanan.

Selain itu, berat badan naik saat menstruasi juga disebabkan oleh retensi air yang terjadi dalam tubuh selama periode menstruasi. Pada beberapa perempuan kenaikan berat badan dapat bisa mencapai 2,5 hingga 3 kilogram.

Dilansir dari Himedik, kenaikan berat badan yang dialami oleh perempuan saat menstruasi diakibatkan oleh beberapa hal ini. Simak ulasan berikut ini.

Hormon

Berita terbaru hari ini: Berat badan wanita

Penyebab pertama berat badan kamu naik saat menstruasi adalah hormon estrogen yang meningkat. Menurut Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis obsetorik dan ilmu reproduktif di Yale School of Medicine, tingkat hormon yang tinggi menyebabkan cairan dalam tubuh tertahan.

Tak heran, jika kamu merasa kembung dan perut buncit ketika masa menstruasi. Bahkan, hormon ini juga bisa menyebabkan naiknya berat badan seseorang menjadi 2 kg atau bisa lebih dari itu.

Sembelit

Berita terbaru hari ini: Sembelit

Sebagian perempuan saat menstruasi ada juga mengalami gangguang buang air besar atau disebut juga dengan sembelit. Keluhan ini dinilai berkaitan dengan hormon.

Menurut dokter keluarga dari Cleveland Clinic, dr. Donald Ford, mengatakan bahwa penumpukan hormon progesteron yang terjadi saat menstruasi kemungkinan menjadi penyebab munculnya sembelit.

Penumpukan hormon tersebut menyebabkan pembentukan gas dan terkadang sembelit atau gangguan buang air besar sehingga fluktuasi berat badan pun bisa terlihat.

Baca juga: Tak Perlu Minder! Ini Keistimewaan Cewek Berkumis

Tubuh kekurangan magnesium

Lampiran Gambar

Magnesium dalam tubuh manusia berfungsi untuk mengatur hidrasi dalam tubuh. Saat menstruasi, kadar magnesium dalam tubuh secara bertahap-tahap menurun.

Hal ini membuat perempuan menginginkan makanan berjenis gula sehingga berkontribusi menaikkan berat badan.

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Begini Cara Menarik Perhatian Pria

Jika kadar magnesium dalam tubuh menurun dan tergolong rendah menyebabkan dehidrasi yang membuat tubuh menjadi lapar dan cenderung ingin makan berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan berat badan naik saat menstruasi.

Nah, itu penyebab berat badan perempuan naik saat menstruasi. Semoga bermanfaat. [*/rik]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Meskipun air tidak memiliki sifat ajaib untuk membakar lemak, tapi air dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terduga. Hal itu memungkinkan karena air dapat membuat kenyang dan mencegah makan berlebihan.
Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Mitos Atau Fakta?
Masalah berat badan naik turun
Berat Badan Susah Turun Padahal Sudah Diet, Kenali 6 Penyebabnya
Cekricek.id - Lee Young Hyun gemparkan publik dengan penampilan terbarunya yang bikin pangling dengan badannya yang sudah ideal.
Lee Young Hyun Sukses Turunkan Berat Badan 33 Kg
Cekricek.id - Pakaian dalam memang tidak terlihat dari luar, tetapi itu adalah bagian penting dari banyak pilihan pakaian sehari-hari. Terutama bra, dalaman wajib yang selalu dipakai wanita.
Perempuan Harus Tahu, Ini Pentingnya Mencuci Pakaian Dalam Secara Rutin
Cekricek.id - Keterbukaan secara emosional dalam suatu hubungan sangat diperlukan. Namun, untuk membuka diri terkadang ada banyak ketakutan yang membuat orang lebih suka menutup diri dari pasangannya.
Penting, Begini Cara Membuka Diri pada Pasangan Agar Hubungan Makin Romantis
Cekricek.id - Maudy Ayunda memberikan tips bagi siapa saja yang merasa kesulitan memulai suatu kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Dia membeberkan hal tersebut dengan cukup simpel sehingga mudah untuk dipahami.
Susah Memulai Kebiasaan yang Baik? Ini 4 Langkah Mudahnya dari Maudy Ayunda