Inovasi Gene Solutions dalam Deteksi Kanker Mendapat Sorotan di ESMO Asia 2023

Cekricek.id - Inovasi Gene Solutions dalam Deteksi Kanker Mendapat Sorotan di ESMO Asia 2023

Inovasi Gene Solutions dalam Deteksi Kanker Mendapat Sorotan di ESMO Asia 2023. [Foto: Dok. Gene Solutions]

Cekricek.id - Dalam hajatan ilmiah onkologi bergengsi ESMO Asia Congress 2023 di Singapura, Gene Solutions, perusahaan pionir dalam pengujian genetika dari Vietnam, mencuri perhatian. Konferensi yang berlangsung dari 1 hingga 3 Desember ini menjadi ajang berkumpulnya para pakar onkologi kelas dunia, untuk berbagi dan mendiskusikan inovasi terkini di bidang kanker.

Gene Solutions, sebagai wakil tunggal dari Asia Tenggara dalam kongres ini, mengekspos pencapaian monumentalnya dalam teknologi Pengurutan Gen Generasi Selanjutnya (NGS). Mereka memaparkan penelitian terkini yang menunjukkan kemajuan signifikan dalam terapi kanker yang dipersonalisasi.

Timnya mempresentasikan lima studi, termasuk satu presentasi lisan dan empat poster, yang menyoroti keuntungan pengujian genetik dalam deteksi dan pelacakan kanker. Dua di antaranya dianugerahi Travel Merit Award.

Kehadiran Gene Solutions di Asia Tenggara mencakup Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, Indonesia, dan terbaru di Singapura. Pembukaan laboratorium baru di Singapura menandai pengakuan dan kerjasama internasional yang signifikan. Mereka juga menjadi tuan rumah diskusi dengan tema "Solusi komprehensif untuk pasien kanker" yang mengundang ahli dari enam negara di Asia Tenggara.

Pada awal tahun, keberhasilan penelitian Gene Solutions telah diakui di ASCO Breakthrough di Jepang, dimana mereka meraih dua ASCO Breakthrough Abstract Awards. Kajian validasi klinis mereka, K-DETEK, menjadi sorotan dalam konferensi pers internasional.

Gene Solutions terus berinovasi dengan misi untuk mengatasi kanker dan meningkatkan perawatan pasien di Asia Tenggara. Mereka mengembangkan SPOT-MAS, tes biopsi cairan multimodal yang mampu mendeteksi lima jenis kanker utama.

Studi validasi SPOT-MAS menunjukkan efektivitas dengan sensitivitas 72,4% dan spesifisitas 97,0%, seperti dipublikasikan dalam jurnal eLife. Dengan produk seperti SPOT-MAS, OncoGS, K-TRACK, dan K-4CARE, Gene Solutions memimpin dalam penerapan biopsi cairan untuk skrining, diagnosis, dan pemantauan kanker.

Didirikan pada tahun 2017 oleh Dr. Nguyen Hoai Nghia, Dr. Nguyen Huu Nguyen, dan Dr. Giang Hoa, Gene Solutions berakar kuat dalam keahlian genetika dan biologi kanker.

Setelah studi di AS, Dr. Nghia terinspirasi untuk membawa teknologi mutakhir ke Vietnam, menciptakan solusi yang mudah diakses dan terjangkau bagi jutaan orang di Asia Tenggara.

“Menjadi suatu kebanggaan mempresentasikan penelitian kami di ESMO Asia 2023, merayakan penghargaan yang diterima, dan menyaksikan perjalanan enam tahun kami dalam mengembangkan NGS di Vietnam,” ujar Dr. Nguyen Huu Nguyen dalam keterangan tertulis kepada Cekricek.id.

“Gene Solutions mendorong perubahan paradigma dalam perawatan kesehatan, mewujudkan riset genetika mutakhir untuk perawatan preventif, dan menginspirasi masyarakat untuk lebih proaktif dalam kesehatan mereka,” ungkapnya.

TAGS

Baca Juga

Pola Konsumsi Serupa Puasa Bantu Tunda Proses Penuaan
Pola Konsumsi Serupa Puasa Bantu Tunda Proses Penuaan
Misterius, Remaja 19 Tahun di Tiongkok Didiagnosis Alzheimer, Jadi Kasus Termuda di Dunia
Misterius, Remaja 19 Tahun di Tiongkok Didiagnosis Alzheimer, Jadi Kasus Termuda di Dunia
Olahraga 1-2 Hari Seminggu Efektif Menurunkan Berat Badan
Olahraga 1-2 Hari Seminggu Efektif Menurunkan Berat Badan
Migrain Tingkatkan Risiko Penyakit Radang Usus Besar
Migrain Tingkatkan Risiko Penyakit Radang Usus Besar
13 Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Risiko Terkena Kanker
13 Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Risiko Terkena Kanker
Mengatasi Batuk yang Berlarut Usai Terserang Pilek
Mengatasi Batuk yang Berlarut Usai Terserang Pilek