KazanForum 2024: Jembatan Ekonomi dan Budaya Antara Indonesia, Dunia Islam, dan Rusia

Cekricek.id - KazanForum 2024: Jembatan Ekonomi dan Budaya Antara Indonesia, Dunia Islam, dan Rusia

Ilustrasi. [Foto: Dibuat oleh Kreator Cekricek.id]

Cekricek.id - KazanForum 2024, ajang bergengsi yang mendekatkan Indonesia dengan pemain global di sektor ekonomi dan budaya Islam, siap digelar. Dalam peluang unik ini, Indonesia bersama negara-negara dunia Islam lainnya akan menjajaki kerjasama ekonomis dan budaya yang lebih erat dengan Rusia, melalui forum tahunan internasional yang berjudul “Rusia - Dunia Islam: KazanForum”.

Dijadwalkan berlangsung pada 14-19 Mei 2024 di Kazan, Rusia, di Pusat Pameran Internasional "Kazan Expo", forum ini tidak hanya menjadi titik temu penting bagi para pemimpin dan praktisi Islam internasional di bidang ekonomi dan keuangan, tapi juga menjadi platform bagi Indonesia untuk memperluas jaringannya.

KazanForum tahun sebelumnya telah sukses mengumpulkan lebih dari 16 ribu peserta, termasuk 950 pembicara dari 80 negara. Dengan kehadiran negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), forum ini mencerminkan suara lebih dari 2 miliar umat Islam di seluruh dunia. Forum ini juga menjadi ajang pertemuan para ulama, badan pemerintah, investor, dan pelaku bisnis internasional.

Tujuan utama dari KazanForum 2024 adalah memperkuat hubungan di berbagai aspek - perdagangan, pendidikan, sosial, dan budaya - antara negara-negara OKI dan Rusia. Kegiatan ini juga menekankan pada pengembangan keuangan Islam, yang menjadi salah satu topik utama dalam forum. Diskusi akan meliputi berbagai bidang, mulai dari industri halal, investasi, logistik, hingga pariwisata dan teknologi.

Forum tahun ini akan menyoroti pembangunan koridor transportasi Utara-Selatan, yang menjanjikan peluang ekspor produk pertanian dan halal Rusia ke negara-negara dunia Islam. KazanForum telah mendapatkan pengakuan lebih luas dengan status federal yang diberikan oleh Presiden Federasi Rusia sejak 2023, menegaskan posisinya sebagai salah satu forum ekonomi internasional terkemuka di Rusia.

Marat Khusnullin, Wakil Perdana Menteri Federasi Rusia, menyatakan bahwa forum tahun lalu telah mencapai kesuksesan besar, dengan partisipasi yang masif dan hasil nyata berupa lebih dari 130 kesepakatan. Sementara itu, Rustam Minnikhanov, Kepala Republik Tatarstan, menggarisbawahi pentingnya forum ini dalam memperkuat kerjasama ekonomi dan keuangan Islam.

Talia Minullina, kepala Badan Pengembangan Investasi Republik Tatarstan, menambahkan bahwa forum tahun ini akan melanjutkan tradisi acara ekonomi dan budaya tahunan, dengan fokus pada diskusi mengenai koridor transportasi, industri petrokimia, dan wisata medis halal. Bahkan, OPEK juga akan terlibat dalam diskusi khusus.

KazanForum 2024 juga akan memanjakan peserta dan tamu dengan ragam acara budaya. Mulai dari peringatan hari adopsi Islam oleh Volga Bulgaria, pertandingan hoki, hingga tur tamasya ke warisan budaya UNESCO di Republik Tatarstan.

Pendaftaran untuk forum dan pameran Russia Halal Expo akan dimulai pada 1 Desember 2023, dengan kesempatan untuk mendapat keistimewaan hingga akhir tahun. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs resmi www.kazanforum.ru.

KazanForum 2024 tidak hanya menjadi platform dialog dan kerjasama, tapi juga menjadi jendela bagi Indonesia dan dunia Islam untuk mengeksplorasi peluang baru bersama Rusia, membuka lembaran baru dalam hubungan ekonomi dan budaya global.

TAGS

Baca Juga

Pilot Rusia yang Membelot Ditemukan Tewas di Spanyol
Pilot Rusia yang Membelot Ditemukan Tewas di Spanyol
Janda Presiden, Perdana Menteri, Hingga Kepala Kepolisian, Didakwa Membunuh Presiden Haiti
Janda Presiden, Perdana Menteri, Hingga Kepala Kepolisian, Didakwa Membunuh Presiden Haiti
Perayaan Super Bowl Chiefs Berakhir Tragis, 1 Orang Tewas dan 21 Terluka dalam Penembakan
Perayaan Super Bowl Chiefs Berakhir Tragis, 1 Orang Tewas dan 21 Terluka dalam Penembakan
Pesona Rusia sebagai Destinasi Wisata Muslim Menarik Minat, Jumlah Wisatawan Meningkat Tajam pada Tahun 2023
Pesona Rusia sebagai Destinasi Wisata Muslim Menarik Minat, Jumlah Wisatawan Meningkat Tajam pada Tahun 2023
Cekricek.id - KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia
KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia
Cekricek.id: Serangan Bom di Upacara Peringatan Komandan Soleimani, Iran; Sekitar 100 Orang Tewas
Serangan Bom di Upacara Peringatan Komandan Soleimani, Iran; Sekitar 100 Orang Tewas