KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia

Cekricek.id - KazanForum 2024: Jendela Baru Pasar Halal Rusia ke Dunia

Kazan. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Pada tahun 2023, Rusia mencatat sejarah sebagai negara non-Islam pertama yang menghadirkan standar Halal nasionalnya. Keputusan bersejarah ini membuka peluang baru dalam perdagangan internasional dan memperluas pasokan produk Halal Rusia ke negara-negara Teluk. Sertifikat Halal Rusia diakui di wilayah tersebut, mempermudah ekspor ke Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Yaman.

Forum Ekonomi Internasional "Rusia - Dunia Islam: KazanForum" yang ke-15, yang akan diadakan di Kazan pada 14-19 Mei 2024, menjadi platform utama untuk membahas perkembangan industri Halal di Rusia dan potensi pasar global. Para ahli terkemuka di bidang Halal akan mengungkapkan peluang baru yang muncul bagi pasar negara-negara Islam mulai tahun 2024.

Industri Halal di Rusia mengalami pertumbuhan pesat, menjadi fokus utama dalam setiap KazanForum. Dengan perdagangan antara Rusia dan negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) meningkat 43,2% menjadi $113,3 miliar pada tahun 2021, pasar Halal global yang kini bernilai $2,6 triliun menjanjikan pertumbuhan yang signifikan.

Pusat Kompetensi Halal di Rusia, bersama dengan lembaga sertifikasi pertama, "Roskachestvo-Halal," membuka peluang baru dengan menerima akreditasi dari Gulf Cooperation Council Accreditation Center (GAC).

Ini memungkinkan ekspansi pasar ke negara-negara Teluk Persia dan negara-negara Islam lainnya. Produk unggulan seperti unggas, daging sapi, kembang gula, dan produk susu Rusia dapat dengan mudah memasuki pasar internasional dengan standar Halal yang diakui.

Pada KazanForum-2024, diskusi tentang skema akreditasi Halal di Rusia dan saling pengakuan produk dengan negara-negara Islam akan menjadi fokus utama. Perwakilan dari berbagai sektor seperti produksi pangan, keuangan, pariwisata, dan kedokteran akan berbagi pengalaman dan praktik terbaik.

Pameran Kerjasama Ekonomi, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi "Russia Halal Expo 2024" menjadi highlight acara, menampilkan proyek terbesar dengan standar Halal di Rusia. Pelaku pasar dapat menjalin kontak dan kerja sama bisnis internasional di berbagai sektor, termasuk makanan, non-makanan, teknik mesin, konstruksi, fesyen, kecantikan, dan layanan keuangan halal.

KazanForum-2024 juga menghadirkan Pameran Internasional Produk Halal Kazan Halal Market, memungkinkan pengunjung untuk membeli produk-produk Halal terkini, mulai dari makanan hingga produk kecantikan dan perlengkapan rumah tangga. Festival busana Islami dan kunjungan ke situs spiritual dan sejarah Republik Tatarstan akan melengkapi pengalaman para peserta.

Pendaftaran untuk KazanForum-2024 telah dibuka sejak 11 Desember 2023 lalu, dengan persyaratan preferensial untuk pameran Russia Halal Expo 2024 hingga 31 Desember. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs resmi Forum: www.kazanforum.ru. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi potensi pasar Halal yang berkembang pesat di KazanForum 2024.

Dapatkan update Berita Riau Hari Ini setiap hari dari Cekricek.id. Ikuti kami melalui Google News. Klik tautan untuk terhubung.

Baca Juga

Bayar Zakat Fitrah Online, Sahkah? Ini Penjelasannya!
Bayar Zakat Fitrah Online, Sahkah? Ini Penjelasannya!
Berita Riau Hari Ini: Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah di Riau Bisa Pakai QRIS
Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah di Riau Bisa Pakai QRIS
Putin Meraih Kemenangan Lagi Pada Pemilu Rusia
Putin Meraih Kemenangan Lagi Pada Pemilu Rusia
Pilot Rusia yang Membelot Ditemukan Tewas di Spanyol
Pilot Rusia yang Membelot Ditemukan Tewas di Spanyol
Pesona Rusia sebagai Destinasi Wisata Muslim Menarik Minat, Jumlah Wisatawan Meningkat Tajam pada Tahun 2023
Pesona Rusia sebagai Destinasi Wisata Muslim Menarik Minat, Jumlah Wisatawan Meningkat Tajam pada Tahun 2023
Cekricek.id - Mengungkap Teka-teki Yajauj Majuj dalam Lintas Budaya
Mengungkap Teka-teki Yajuj Majuj dalam Lintas Budaya