Keindahan Nepal van Java, Desa Cantik di Kaki Gunung Sumbing

Cekricek.id, Objek Wisata – Pendaki gunung mungkin sudah tahu tentang desa cantik yang berada di kaki Gunung Sumbing. Hamparan rumah-rumah warga yang terlihat bertingkat memenuhi lereng dengan warna-warni cat dinding yang beragam sukses membuat tempat tersebut sebagai salah satu destinasi wisata.

Desa cantik di kaki Gunung Sumbing. [Instagram]

Cekricek.id, Objek Wisata – Pendaki gunung mungkin sudah tahu tentang desa cantik yang berada di kaki Gunung Sumbing. Hamparan rumah-rumah warga yang terlihat bertingkat memenuhi lereng dengan warna-warni cat dinding yang beragam sukses membuat tempat tersebut sebagai salah satu destinasi wisata.

Laman Instagram @mountnesia, dikutip Sabtu (15/4/2023), membagikan hasil rekaman drone yang memperlihatkan keindahan desa tersebut. Dijuluki Nepal van Java, perkambungan di lereng Gunung Sumbing ini adalah Dusun Butuh yang terletak di Kaliangkri, Magelang, Jawa Tengah.

Tak sedikit orang-orang yang dibuat terkesima setelah menyaksikan video singkat yang menampilkan pemandangan dusun di lereng gunung itu secara keseluruhan.

Bentuk bangunan rumah-rumah di sana juga sangat beragam. Sebagian besar merupakan rumah panggung hingga dibuat bertingkat lantaran dataran yang cukup miring karena berada di lereng.

Warna cat dinding yang bervariasi, berbeda dari satu rumah ke rumah lainnya juga sangat sukses memanjakan mata. Sebagai salah satu objek wisata, Dusun Butuh ini disebut sangat ramai pengunjung.

Desa Cantik Mirip Nepal

Cekricek.id, Objek Wisata - Keindahan Nepal van Java, Desa Cantik di Kaki Gunung Sumbing
Nepal van Java. [Instagram]

Keindahan desa cantik di kaki Gunung Sumbing ini mengingatkan wisatawan pada tempat wisata luar negeri seperti pedesaan Namche Bazaar di Nepal, sehingga tidak heran, julukan Nepal van Java melekat erat pada perkampungan tersebut.

Pemandangan spektakuler tersebut juga diakui oleh netizen yang terkesima menyaksikannya lewat video rekaman drone tersebut. Bukan hanya wisatawan biasa yang ingin mencari spot foto menarik, pada pendaki gunung juga sering melewati dusun tersebut.

Jika ingin mendaki gunung melewati Kaliangkrik, Nepal van Java inilah yang akan menjadi jalur pendakiannya. Tentu sangat menyenangkan bagi mereka yang bisa menyaksikan keindahan perkampungan tersebut secara langsung.

Keindahan Nepal van Java, Desa Cantik di Kaki Gunung Sumbing
Desa cantik di lereng Gunung Sumbing. [Ist]

Netizen dari kolom komentar pun juga ramai memuji keindahan perkampungan di kaki Gunung Sumbing ini. Bukan hanya itu, salah seorang netizen yang mengaku pernah mengunjungi tempat itu menyebut bahwa penduduk di sana sangat ramah.

Meski baru bertemu, mereka memperlakukan wisatawan dengan baik bahkan ada yang mengajak ngopi bersama di rumahnya.

Baca juga: Pakai Teknologi AI, Ini Penampakan Wajah Sederet Presiden Indonesia Versi Hokage dari Desa Konoha

Namun, karena jalanannya yang berbentuk lereng, netizen lain menyarankan jika datang berkunjung harus benar-benar menyiapkan transportasi dalam keadaan baik begitu juga pengendaranya.

Dapatkan update berita seleb dan berita artis setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung dengan kami di WhatsApp Group. Caranya klik link Cekricek News Update.

Baca Juga

Cekricek.id, Objek Wisata - Sebagai seorang muslim tentu wajib tahu terkait dengan fakta menarik masjidil haram, muslim wajib tahu
Masyaallah, Ini Loh 7 Fakta Menarik Tentang Masjidil Haram, Muslim Wajib Tahu!
Cekricek.id, Objek Wisata - Aksi mencuri istri orang lain yang dilakukan oleh pria Suku Wodaabe seolah menjadi peristiwa yang unik.
Lewat Tarian dan Nyanyian, Pria Suku Wodaabe Akan ‘Curi’ Istri Orang
Cekricek.id, Objek Wisata - Sebuah kota suci yang ada di India bernama Vrindavan memiliki banyak cerita menarik, sebagai kota Janda
Vrindavan, Kota Suci di India Mayoritas Dihuni Para Janda
Cekricek.id, Objek Wisata- Giethoorn kini menjadi desa paling bersih di dunia tanpa adanya asap kendaraan dan jalan, terletak di Belanda
Tanpa Jalan dan Asap Kendaraan, Ini Loh Giethoorn, Desa Paling Bersih di Dunia
Cekricek.id, Objek Wisata - Ternyata ada berbagai alasan mengapa Niger dijuluki sebagai negara panci penggorengan dunia.
Ini Loh Alasan Niger, Negara yang Dijuluki Panci Penggorengan Dunia
Cekricek.id, Objek Wisata - Ternyata adalah salah satu suku di Indonesia yang paling sulit ditaklukan oleh Belanda, ialah Suku Nias
Ini Loh Suku di Indonesia yang Paling Sulit Ditaklukan Belanda