Limbah Pakaian Bekas Membanjiri Pantai Afrika

Gunung sampah yang terdiri dari limbah pakaian bekas ditemukan di tepi pantai Afrika. Hal itu disebut berasal dari impor luar negeri.

Gunung sampah yang terdiri dari limbah pakaian bekas ditemukan di tepi pantai Afrika. Hal itu disebut berasal dari impor luar negeri. [Foto: The Mirror]

Gunung sampah yang terdiri dari limbah pakaian bekas ditemukan di tepi pantai Afrika. Hal itu disebut berasal dari impor luar negeri.

Cekricek.id - Sebuah gunung sampah di salah satu kota di Afrika Barat baru-baru ini menghebohkan banyak orang. Pasalnya tumpukan sampah itu berasal dari limbah pakaian bekas hasil impor yang kemudian terdampar begitu saja di tepi pantai.

Sebut saja kota Accra di Ghana yang menjadi lokasi pemandangan yang tidak enak dipandang itu. Ribuan pakaian borongan yang tak layak pakai itu benar-benar terlihat memenuhi jalanan sepanjang tepian pantai.

Hal itu terlihat dari beberapa foto yang beredar yang menunjukkan betapa kumuhnya lingkungan tersebut karena tumpukan besar pakaian basah berserakan di atas pasir. Sebagian besar limbah yang ada di antaranya diperkirakan hasil impor dari Inggris dan negara-negara kaya lainnya.

Limbah Pakaian itu Berasal dari Barang Impor Tak Terpakai

Lampiran Gambar
Limbah Pakaian Bekas Membanjiri Pantai Afrika

Melansir The Mirror, menurut badan amal kelestarian lingkungan, WRAP, hampir sebanyak 70 persen pakaian limbah Inggris dari ritel dan sumbangan dikirim ke luar negeri (Ghana). Di antara negara-negara penyumbang, Amerika Serikat menempati posisi tinggi sebagai pengekspor terbesar ke seluruh dunia.

Sementara itu Ghana adalah rumah bagi industri pakaian bekas yang berkembang pesat. Pakaian-pakain itu dikirim dalam stok yang banyak untuk kemudian dijual kembali dan digunakan kembali oleh warga Ghana.

Namun, saat ini negara tersebut tampaknya sedang kesulitan berjuang untuk mengatasi banyaknya permintaan.

Hampir setengah dari semua pakaian yang dikirim ke negara itu dari wilayah barat namun tidak dapat dijual kembali. Sebab, setengah jumlah itu diterima dalam kondisi yang buruk. Borongan pakaian tersebut akhirnya hanya dianggap sebagai penyumbang utama polusi.

Satu foto baru-baru ini dari komunitas nelayan pesisir Jamestown di Accra menggambarkan skala masalah. Dia memperlihatkan seorang pria yang sedang berada diantara tumpukan sampah pakaian yang sudah mencemari pasir pantai.

Potret lainnya juga menampilkan hal serupa yang memamerkan benda-benda di bawah air yang diduga pakaian bekas itu. Itu artinya masalah polusi limbah pakaian itu sekarang sudah mempengaruhi darat dan laut.

Ini menggemakan pemandangan yang ditemukan di gurun Atacama Chili awal tahun ini, di mana banyak pakaian bekas terbentang sejauh mata memandang.

Gurun, yang diyakini oleh para ilmuwan sebagai gurun yang terkering di dunia ini adalah tempat pembuangan sampah terbesar lainnya dari seluruh dunia.

Di Inggris, pembeli membeli lebih banyak pakaian perorang daripada di tempat lain di Eropa. Yaikni berjumlah sekitar lima kali lebih banyak daripada catatan pembelian pakaian pada tahun 1980-an, melansir laporan parlemen Inggris 2019 oleh Komite Audit Lingkungan.

Baca juga: Pernah Muncul di Film Doraemon, Monster Loch Ness Ternyata Benar-benar Ada di Dunia Nyata

Selain itu, di dalam laporan yang sama, ada sekitar 300.000 ton pakaian telah dibuang ke TPA atau pembakaran pertahun.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Akibat tingginya temperatur dan minimnya curah hujan selama musim panas, Inggris diperkirakan mengalami invasi tawon dalam jumlah besar.
Ada Ancaman Invasi Tawon di Inggris, Ini Cara Mereka Mengatasi Sengatannya
Seorang pria mencoba melakukan operasi pada hidungnya sendiri bermodalkan tutorial YouTube dan lem super, namun berakhir di UGD.
Operasi Plastik Bermodalkan Tutorial YouTube, Pria Ini Berakhir di UGD
Bayi yang Lahir Seukuran Kantong Plastik Kecil Berhasil Bertahan dan Mulai Sekolah Dasar
Bayi yang Lahir Sangat Kecil Ini Berhasil Bertahan dan Kini Sudah Sekolah Dasar
Seorang wanita ditinggal pergi oleh mempelai pria di hari pernikahannya. Hal itu karena ibu mertua tak suka punya menantu pendek dan jelek.
Dicemooh Pendek dan Jelek oleh Ibu Mertua, Wanita Ini Ditinggal Pergi Mempelai Prianya
Balenciaga baru saja merilis brand terbarunya yang berbentuk trash bag atau kantong sampah. Harganya diperkirakan mencapai 44 juta rupiah.
Gila! Harga Tas Model Kantong Sampah Ini Bikin Kantong Menangis Perih
Seorang gadis berusia 9 tahun di Inggris ditemukan tewas ditusuk oleh orang tak dikenal. Saat ini polisi sedang menyelidiki kasusnya.
Sedang Asyik Bermain, Anak Gadis 9 Tahun Tewas Ditikam Orang Tak Dikenal