Operasi Plastik Bermodalkan Tutorial YouTube, Pria Ini Berakhir di UGD

Seorang pria mencoba melakukan operasi pada hidungnya sendiri bermodalkan tutorial YouTube dan lem super, namun berakhir di UGD.

Seorang pria mencoba melakukan operasi pada hidungnya sendiri bermodalkan tutorial YouTube dan lem super, namun berakhir di UGD. [Foto: Odditycentral]

Seorang pria mencoba melakukan operasi pada hidungnya sendiri bermodalkan tutorial YouTube dan lem super, namun berakhir di UGD.

Cekricek.id - Mencoba mengoperasi diri sendiri memang terdengar sangat creepy bagi kita. Namun, hal itu beda persepsi dengan seorang pria di Brasil ini. Dia mencoba melakukan operasi plastik pada hidungnya sendiri dengan menggunakan tutorial YouTube dan lem super.

Kamu dapat menemukan segala macam tutorial DIY di YouTube akhir-akhir ini, dan itu tampaknya termasuk operasi hidung juga. Namun, hanya karena seseorang mengatakan bahwa kamu tidak harus menjadi dokter untuk melakukan operasi, bukan berarti kamu bisa melakukannya secara ilegal.

Terutama jika itu pada diri kamu sendiri bukanlah ide yang baik. Sayangnya, seorang pria Sao Paolo ini benar-benar mencoba melakukan operasi hidung sendiri menggunakan video YouTube sebagai panduan dan berakhir di Unit Perawatan Darurat Campo Limpo dengan luka yang terinfeksi.

Operasi Plastik Mandiri Bermodalkan Tutorial YouTube

Pria itu mengatakan kepada dokter bahwa dia tidak menggunakan sarung tangan untuk melakukan prosedur operasi dan tidak membersihkan lukanya agar tidak membuka jahitannya.

Pria malang yang namanya tidak diungkapkan oleh rumah sakit ini, mengatakan kepada dokter di bagian hidung, tenggorokan dan telinga (THT) bahwa dia mendapat ide untuk melakukan operasi hidungnya sendiri di YouTube.

Dia juga menggunakan alkohol untuk mendisinfeksi area tersebut, serta melakukan anestesi sendiri untuk menghilangkan rasa sakit. Setelah dia selesai melakukan operasinya itu, dia kemudian menggunakan benang penyerap diri dan lem super untuk menutup lukanya.

“Setelah disambut oleh tim medis kesehatan mental, pasien menjalani perawatan oleh tim oral dan maksilofasial (BMF), yang melakukan pembersihan luka, pembalutan, dan bimbingan tentang perawatan yang diperlukan,” kata sebuah rumah sakit melalui siaran pers dilansir dari Odditycentral.

“Pasien dipulangkan dari rumah sakit pada hari yang sama, selain dirujuk untuk kunjungan kembali dengan spesialisasi BMF,” sambungnya.

Calon ahli bedah muncul di rumah sakit pada 21 Juli, tetapi kasusnya baru diungkapkan oleh media kemarin. Sekarang menyoroti apa yang disebut video "rhinoplasti rumah" yang diduga mengajarkan orang-orang tentang bagaimana membuat hidung mereka lebih kecil atau lebih tipis. 

Dokter memperingatkan bahwa prosedur bedah amatir semacam itu dapat menyebabkan bahaya. Selain menyebabkan efek sebaliknya dari yang diinginkan, tindakan ilegal tersebut bisa berujung pada kematian.

Perhimpunan Bedah Plastik Brasil (SBCP) juga menerbitkan pernyataan peringatan di situs resminya, mengklarifikasi bahwa operasi hidung, selain tindakan medis eksklusif, memerlukan spesialisasi dan kualifikasi untuk melakukannya”.

Baca juga: Ditanya Fan Kok Jarang Terlihat, Chef Renatta: Lagi Operasi Plastik Nih

Menariknya, kasus seseorang yang melakukan operasi pada dirinya sendiri bukan pertama kalinya terjadi. Pada tahun 2016, seorang insinyur Inggris mengoperasi dirinya sendiri karena tidak mau menunggu setelah dimasukkan dalam daftar tunggu yang panjang di rumah sakit.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Akibat tingginya temperatur dan minimnya curah hujan selama musim panas, Inggris diperkirakan mengalami invasi tawon dalam jumlah besar.
Ada Ancaman Invasi Tawon di Inggris, Ini Cara Mereka Mengatasi Sengatannya
Bayi yang Lahir Seukuran Kantong Plastik Kecil Berhasil Bertahan dan Mulai Sekolah Dasar
Bayi yang Lahir Sangat Kecil Ini Berhasil Bertahan dan Kini Sudah Sekolah Dasar
Seorang wanita ditinggal pergi oleh mempelai pria di hari pernikahannya. Hal itu karena ibu mertua tak suka punya menantu pendek dan jelek.
Dicemooh Pendek dan Jelek oleh Ibu Mertua, Wanita Ini Ditinggal Pergi Mempelai Prianya
Balenciaga baru saja merilis brand terbarunya yang berbentuk trash bag atau kantong sampah. Harganya diperkirakan mencapai 44 juta rupiah.
Gila! Harga Tas Model Kantong Sampah Ini Bikin Kantong Menangis Perih
Seorang gadis berusia 9 tahun di Inggris ditemukan tewas ditusuk oleh orang tak dikenal. Saat ini polisi sedang menyelidiki kasusnya.
Sedang Asyik Bermain, Anak Gadis 9 Tahun Tewas Ditikam Orang Tak Dikenal
Pria berusia 27 tahun asal Cina ini menjadi viral karena kondisi fisiknya seperti anak kecil yang membuatnya kesulitan mendapat pekerjaan.
Tampang Masih Kayak Anak Kecil, Pria Ini Sulit Mendapat Pekerjaan dan Pacar