Pasal 530 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana)

Pasal KUHP Baru (Kitab Undang-undang Pidana)

Ilustrasi: KUHP (Kitab Undang-undang Pidana). [Canva]

Pasal 530 KUHP masuk dalam Buku Kedua Tentang Tindak Pidana, BAB XXX Tindak Pidana Jabatan, Bagian Kedua Tindak Pidana Paksaan dan Tindak Pidana Penyiksaan.

Pasal 530 KUHP

Setiap Pejabat atau orang lain yang bertindak dalam suatu kapasitas Pejabat resmi, atau orang yang bertindak karena digerakkan atau sepengetahuan Pejabat publik melakukan perbuatan yang menimbulkan penderitaan fisik atau mental terhadap seseorang dengan tujuan untuk memperoleh informasi atau pengakuan dari orang tersebut atau orang ketiga, menghukumnya atas perbuatan yang dilakukan atau disangkakan telah dilakukan olehnya atau orang ketiga, atau melakukan intimidasi atau memaksa orang tersebut atau orang ketiga atas dasar suatu alasan diskriminasi dalam segala bentuknya, dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun

Penjelasan Pasal 530 KUHP

Ketentuan ini mengatur Tindak Pidana yang dikenal dengan nama Torture. Tindak Pidana ini sudah menjadi salah satu Tindak Pidana internasional melalui konvensi internasional Convention against Torture and other Cruel, In Human or Degrading Treatment or Punishment, 10 December 1984. Indonesia sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa telah meratifikasi konvensi ini dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1998 tentang Pengesahan Convention Against Torture and Other Cruel, Inhuman or Degrading Treatment or Punishment (Konvensi Menentang Penyiksaan dan Perlakuan atau Penghukuman Lain yang Kejam, Tidak Manusiawi, atau Merendahkan Martabat Manusia). Oleh karena itu, perbuatan tersebut dalam Undang-Undang ini dikategorikan sebagai suatu Tindak Pidana.

Referensi
Undang-undang No. 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Courtesy of Cekricek.id.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Pasal KUHP Baru (Kitab Undang-undang Pidana), Pasal 620 KUHP
Pasal 620 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana)
Pasal KUHP Baru (Kitab Undang-undang Pidana)
Pasal 618 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana)
Pasal KUHP Baru (Kitab Undang-undang Pidana)
Pasal 615 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana)
Pasal KUHP Baru (Kitab Undang-undang Pidana)
Pasal 614 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana)
Pasal KUHP Baru (Kitab Undang-undang Pidana)
Pasal 577 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana)
Pasal KUHP Baru (Kitab Undang-undang Pidana), Pasal 622 KUHP
Pasal 568 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana)