Tujuh Buah Ini Cocok Atasi Kolesterol Tinggi dalam Darah

Mengatasi kolesterol tinggi

Beberapa buah ini ampuh untuk mengatasi kolesterol tinggi. [Foto/Ist]

Berita Terbaru: Buah-buahan ini dipercaya dapat mengatasi kolesterol tinggi yang berada di dalam darah, buah apa saja?

Cekricek.id - Memiliki kolesterol yang berlebihan dalam tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan. Kondisi itu dapat memicu berbagai penyakit seperti kardiovaskular, aterosklerosis, akumulasi kolesterol, dan plak berbahaya di dinding arteri.

Untuk mengetahui jumlah kadar kolesterol dalam tubuh, Anda bisa memeriksakannya ke dokter. Kadar kolesterol normal untuk orang dewasa berada di angka kurang dari 200 mg/dL, sementara kadar kolesterol tinggi berada pada angka di atas 240 mg/dL.

Jika hasil pemeriksaan Anda menunjukkan angka d atas 240 mg/dL itu, perlu dilakukan penanganan cepat untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak asupan nutris dari buah tertentu yang dipercaya ampuh mengatasi kolesterol tinggi. Pasalnya, buah-buah tersebut mengandung serat yang bisa mengikat asam empedu sehingga menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Lalu apa saja jenis buah yang bisa mengatasi kolesterol tinggi? Dikutip dari berbagai sumber, berikut jenis buah yang bisa mengatasi kolesterol tinggi.

1. Pisang

Kandungan zat inulin pada pisang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2. Apel

Selain pisang, Anda juga bisa mengonsumsi satu buah apel untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pektin menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. 

3. Alpukat

Alpukat juga dipercaya bisa mengatasi kolesterol tinggi. Buah ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Rutin mengonsumsi buah alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Buah ini juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. 

4. Jambu Biji

Jambu biji juga bisa menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol tinggi. Kandungan kalium dan serat yang ada dalam buah ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Tak hanya itu, kandungan buah ini juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Buah beri

Buah beri sangat bagus untuk tubuh, baik itu stroberi, blueberry, ataupun cranberry. Buah ini kaya akan pektin yang ampuh mengikat kolesterol sehingga bisa mengatasi kolesterol tinggi dalam darah.

6. Kiwi

Kandungan serat larut air dalam buah kiwi mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Dengan rutin mengonsumsi buah kiwi, kadar kolesterol akan lebih terkontrol.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Buah Ini Baik Dimakan Bersama Bijinya

7. Tomat

Senyawa likopen dalam tomat dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Buah ini juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh agar lebih kebal dari proses oksidasi.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Tag:

Baca Juga

Kesehatan mata
Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata
Nafsu makan
Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat
Ibu menyusui
Ibu Menyusui Gak Boleh Makan Pedas? Ini Faktanya
Minum di waktu makan
Ternyata Minum di Waktu Makan Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasan Ustaz Zaidul Akbar
Menghilangkan cegukan
Sangat Menganggu Saat Puasa, Berikut Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Air
Kantung mata
Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya