Waspadai Kulit Dehidrasi yang Bisa Membuat Kulit Jadi Sensitif, Atasi dengan Cara Ini

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: cara mengatasi kulit dehidrasi, dari minum air putih, menghindari alkohol dan kafein, serta dengan bahan alami.

Ilustrasi. [Canva]

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: waspadai kulit dehidrasi yang bisa membuat kulit menjadi sensitif. Kamu bisa melakukan cara ini untuk mengatasi kulit dehidrasi.

Cekricek.id - Kulit dehidrasi berbeda dengan kulit kering. Kulit kering merupakan kulit yang kurang mengandung minyak, sedangkan kulit dehidrasi merupakan kulit yang kekurangan air. Kulit dehidrasi ini bisa dialami dengan tipe kulit apapun, termasuk kulit berminyak sekalipun.

Kulit dehidrasi umumnya terjadi karena cuaca yang sedang panas dan kering. Hal ini membuat cairan tubuh banyak keluar dan membuat kulit menjadi kekurangan air.

Faktor penyebab kulit dehidrasi ini adalah kurang minum air putih, paparan sinar matahari yang berlebihan, pola makan yang tidak tepat, hingga penggunaan produk kosmetik yang salah.

Melansir dari The Klog, tanda kamu mengalami kulit dehidrasi adalah kulit terlihat kusam, lelah, bersisik, terasa kencang, kasar, lingkaran gelap di bawah mata, kulit juga menjadi sensitif, hingga mengalami nyeri atau peradangan.

Cara mengatasi kulit dehidrasi

Untuk mengatasi kulit dehidrasi, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Simak ulasan berikut.

1. Minum air putih

Minum Air PutihLangkah pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih agar kulit kamu tidak dehidrasi. Pasalnya, kulit manusia memerlukan air untuk menjaga kelembapannya.

Perlu kalian tahu bahwa 64% kulit manusia terdiri dari air. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa minum 2,25 liter air setiap harinya selama sebulan dapat membantu menyehatkan kulit.

2. Konsumsi asupan yang mengandung air

Mengonsumsi asupan yang mengandung air seperti sayur dan buah  juga dapat membuat kulit kamu terhindar dari dehidrasi.

Untuk mengatasi kulit yang dehidrasi, kamu perlu mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin, terutama vitamin E yang memiliki antioksidan dalam jumlah yang banyak. Di antaranya adalah bayam, brokoli, tomat, mangga, alpukat, dan lainnya.

3. Hindari alkohol dan kafein

Salah satu hal yang membuat kulit dehidrasi adalah mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein. Untuk itu, kamu perlu menghindari alkohol dan kafein supaya kulit kamu tidak dehidrasi. Tidak hanya alkohol dan kafein saja, kamu juga perlu menghentikan kebiasaan merokok karena dapat memperburuk kesehatan kulit.

4. Menggunakan bahan alami

Kamu juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengatasi kulit dehidrasi. Salah satunya adalah menggunakan susu. Dalam susu terkandung asam laktat yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan membantu menjaga kelembapan kulit. Untuk mengatasi kulit dehidrasi, susu bisa kamu jadikan sebagai luluran.

Selain susu, kamu juga dapat menggunakan madu untuk kulit dehidrasi. Pasalnya, madu mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk kulit. Tidak hanya itu saja, madu juga bersifat humektan, antioksidan, dan antimikroba yang dapat melembabkan kulit.

Baca juga: Gigitan Tomcat Bisa Membuat Kulit Seperti Terbakar, Begini Pertolongan Pertamanya

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Kantung mata
Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya
Mengisi waktu luang
Jauhi Ponsel, Ini Pilihan Aktivitas untuk Mengisi Waktu Luang Anda
Pribadi yang asyik
Hilangkan Kebosanan, Ini Tips Jadi Pribadi yang Asyik
Wajah cantik alami
Berikut Tips Sehat untuk Tampil Cantik Alami
Kulit putih alami
Mau Kulit Putih Alami? Ini Bahan Alami yang Cocok dan Aman Untukmu
Kebiasaan orang sukses
Wajib Tahu, Ini Tujuh Kebiasaan Orang-orang Sukses