5 Dampak Negatif Sabun Mandi Bagi Kulit Wajah

Cekricek.id: ternyata ada berbagai dampak buruk jika kamu masih menggunakan sabun cuci muka untuk mencuci wajah seperti berikut ini. 

Dampak gunakan sabun mandi untuk cuci muka. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Banyak dari kita yang sampai saat ini masih menyepelekan terkait kesehatan kulit wajah. Padahal kulit wajah sangat sensitif dibandingkan kulit di tubuh manusia lainnya.

Maka dari itu perlu perawatan ekstra agar dapat memiliki kulit wajah yang sehat dan terlihat cerah. Jangan sampai kamu masih melakukan berbagai kebiasaan buruk salah satunya menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka.

Karena ternyata ada berbagai dampak buruk jika kamu masih menggunakan sabun cuci muka untuk mencuci wajah seperti berikut ini.

Baca juga: 6 Rahasia Kulit Glowing Ala Orang Korea Selatan

Merusak dan bikin kulit kering

Lampiran Gambar

Dampak pertama adalah dapat membuat kulit wajah terlihat kering dan merusaknya. Karena Sabun mandi ini justru dapat menghilangkan minyak alami yang ada dalam tubuh sehingga menyebabkan nya mengering.

Lambat laun kulit wajah pun akan terlihat mengelupas serta menimbulkan reaksi gatal-gatal. Hal ini disebabkan lantaran adanya kandungan kaustik soda.

Mengganggu pH kulit

Lampiran Gambar

Dampak negatif berikutnya adalah dapat mengganggu pH kulit. Dengan adanya kandungan pH asam membuat kulit terhindar dari berbagai bakteri yang mungkin saja berkembang di kulit wajah.

Sementara sabun mandi sendiri mengandung pH asam yang justru dapat membantu pertumbuhan bakteri.

Melemahkan sistem imun kulit

Lampiran Gambar

Dampak negatif berikutnya adalah dapat melemahkan sistem imun kulit. Dengan melemahnya sistem imun pada kulit tentu saja membuat bakteri dapat berkembang biak secara baik.

Akibat lainnya yang dapat ditimbulkan dari hal ini adalah kulit wajah menjadi gampang berjerawat.

Melemahkan bakteri baik

Lampiran Gambar

Tidak semua bakteri buruk untuk kesehatan kulit. Apabila kamu menggunakan sabun mandi untuk kulit wajah tentu hal ini dapat melemahkan bakteri baik. Kulit sangat rentan terjadi infeksi ataupun berjerawat.

Menghilangkan vitamin D dari kulit

Lampiran Gambar

Dampak negatif terakhir dari penggunaan sabun mandi pada kulit wajah adalah menghilangkan vitamin. Dengan berkurangnya vitamin D dari kulit wajah, dapat menyebabkannya terlihat lebih kusam serta berkerut.

Tidak heran terkadang ada orang yang memiliki usia sangat muda namun memiliki kulit wajah berkerut. Selain dari berbagai faktor genetic ternyata hal ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan sabun mandi yang diabaikan sebagai sabun cuci muka. [*/Nlm]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Tag:

Baca Juga

Berita artis: Nora Alexandra disebut netizen begitu bahenol serta miliki bentuk tubuh ramping yang menjadi pasangan impian kaum pria.
Kulit Bening Plus Bodi Aduhai, Nora Alexandra Jadi Pasangan Idaman Para Pria
Berita artis: Suami Lesti Kejora yakni Rizky Billar unggah foto bareng anaknya, malah ngaku jika itu merupakan adik bungsunya.
Walah, Rizky Billar Akui Sang Anak Sebagai Adik Bungsunya
Berita artis: Asisten keuangan Raffi Ahmad yang bernama Mimi Bayuh dikabarkan tengah hamil padahal sudah ajukan perceraian dengan suami sejak Januari 2022.
Heboh, Asisten Keuangan Raffi Ahmad Hamil Tanpa Suami, Netizen Pertanyakan Siapa Bapaknya, Benarkah Raffi Ahmad?
Berita artis: Fuji dikabarkan sedang beristirahat dari media sosial, hal itu malah langsung disangkutpautkan netizen dengan komentar Sohwa Halilintar.
Fuji Rehat Usai Disindir Calon Kakak Ipar Soal Pakaian, Ini Kata Sohwa Halilintar
Berita artis: Unggah sebuah foto baru, penampilan dari model Angel Karamoy buat netizen merasa pusing saking cantiknya wanita ini.
Lama Menjanda Angel Karamoy Makin Cantik Saja, Tampilan Masih Kayak Anak ABG
Berita artis: Agar Amora tidak gugup saat bernyanyi di panggung besar, Krisdayanti secara khusus mengantar sang putri saat tampil.
Agar Amora Tak Gugup, Krisdayanti Antar Langsung Putrinya Bernyanyi di Panggung