Alasan Tom Lembong Mengagumi Islam: Jasa Cendekiawan Muslim dalam Melestarikan Ilmu Pengetahuan

Alasan Tom Lembong Mengagumi Islam: Jasa Cendekiawan Muslim dalam Melestarikan Ilmu Pengetahuan

Tom Lembong. [Foto: Instagram]

Cekricek.id - Tom Lembong, mantan juru bicara Presiden Joko Widodo, mengungkapkan alasan dirinya mengagumi Islam meskipun beragama Katolik. Lembong mengatakan, kagumnya pada Islam diawali dari kegemarannya pada sejarah.

"Teman-teman saya, keluarga saya sangat mengetahui bahwa saya pengagum Islam. Itu diawali pada kegemaran saya pada sejarah. Sejarah itu luar biasanya ya," kata Lembong dalam sebuah tayangan talkshow.

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, beberapa kali menyebutkan nama Tom Lembong saat debat pada Minggu (21/1), memicu rasa penasaran publik terhadap latar belakang sosok tersebut.

Sebelumnya, Tom Lembong telah menjadi juru bicara Presiden Jokowi selama periode 2019-2024. Namun, kini, ia mendukung pasangan Anies-Muhaimin.

Sebuah tayangan Video talkshow memperlihatkan Tom Lembong berbicara tentang kekagumannya pada Islam. "Teman-teman saya, keluarga saya sangat mengetahui bahwa saya pengagum Islam. Itu diawali pada kegemaran saya pada sejarah. Sejarah itu luar biasanya ya," ungkap Tom Lembong.

Lembong menjelaskan tentang kontribusi cendekiawan Muslim pada masa lampau dalam melestarikan ilmu pengetahuan. Ia membahas perkembangan ilmu pengetahuan di Yunani, kemudian menyoroti Masa Kegelapan di Eropa pada abad ke-9 hingga ke-10, di mana gereja Katolik menjadi sangat radikal.

"Makanya kalau kita belajar Matematika seperti Aljebra di SD SMP itu kan ilmunya cendekiawan yang namanya Aljabar. Kemudian kalo kita dengar kata Algoritma, ilmu komputer itu seorang cendekiawan Muslim namanya Al Khwarizmi," ujar Tom Lembong.

Tom Lembong mengakui kagumnya pada peran Khalifah Abbasiyah hingga Kesultanan Ottoman yang menyelamatkan ilmu pengetahuan seperti Geografi, Astronomi, Matematika, Geometri, hingga Kedokteran dari Masa Kegelapan.

"Contoh lagi di bidang kedokteran, namanya vaksinasi. Itu pertama kali dirintis oleh pedagang-pedagang Muslim di Turki Istanbul," tambahnya.

Baca juga: 6 Tips Memilih Pasangan Hidup Menurut dalam Islam

Kesimpulannya, alasan Tom Lembong mengagumi Islam bukan hanya sebatas keberagaman, tetapi juga penghargaan terhadap kontribusi luar biasa cendekiawan Muslim dalam melestarikan ilmu pengetahuan bagi generasi saat ini.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

TAGS

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau 22 Februari 2024: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
Prakiraan Cuaca Riau 22 Februari 2024: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
Berita Riau Hari Ini: Stok Beras Bulog Riau Aman Hingga Lebaran, Capai 21 Ribu Ton
Stok Beras Bulog Riau Aman Hingga Lebaran, Capai 21 Ribu Ton
Berita Riau Hari Ini: Bawaslu Merenti Rekomendasikan Penghitungan ulang di 28 TPS
Bawaslu Merenti Rekomendasikan Penghitungan ulang di 28 TPS
Berita Riau Hari Ini: Meranti Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Malaysia, Incar Peluang Ekspor dan Investasi
Meranti Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Malaysia, Incar Peluang Ekspor dan Investasi
32 Pemain Lolos untuk Mengikuti Seleksi Gelombang Kedua Timnas U-16 Indonesia
32 Pemain Lolos untuk Mengikuti Seleksi Gelombang Kedua Timnas U-16 Indonesia
Berita Riau Hari Ini: Stok Beras Premium di Riau Stabil Meski Harga Naik
Stok Beras Premium di Riau Stabil Meski Harga Naik