Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Dulu Tumbuhan Liar, Kini Dijual dengan Harga Selangit

Dulu Dianggap Tumbuhan Liar, Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Bisa di jual dengan Harga Selangit

Buah ciplukan. [Foto: Canva]

Cekricek.id – Apakah kamu tahu manfaat buah ciplukan? Tanaman buah ciplukan biasanya mudah ditemukan di daerah pedesaan seperti area perkebunan, tegalan, pinggiran sungai, atau bahkan di semak-semak rimbun. Meski hidup liar seperti itu, tumbuhan yang satu ini sebenarnya kaya manfaat lho.

Bahkan manfaat yang dimilikinya sudah dipergunakan oleh orang-orang dai zaman dulu. Meski begitu tak banyak yang tahu bawa buahnya yang berbentuk bulat dan memiliki cita rasa manis jika sudah matang itu bisa dijual dengan harga yang tinggi.

Seperti yang dikutip dari akun Twiitter @GNFI, Rabu (18/01/2023), tumbuhan dengan nama latin physalis angulata L. itu dijual dengan dua macam pengemasan. Ada yang memperjual belikan buah segarnya dan ada juga yang sudah dikeringkan.

Harga buah ciplukan segar sendiri dapat ditaksir mulai dari seratus ribu hingga dua ratus ribu rupiah perkilogram. Sementara untuk buah ciplukan kering dihargai sebanyak lima puluh ribu hingga seratus ribu rupiah perkilogram.

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, semua bagian dari tanaman yang sebelumnya dianggap gulma ini dapat diolah menjadi teh herbal dengan proses pengeringan terlebih dahulu.

Bagi yang masa kecilnya tinggal di daerah pedesaan mungkin merasa tak asing dengan tanaman yang satu ini. Bahkan mungkin ada yang sengaja memburu buah yang dikenal juga dengan golden berry itu karena rasanya yang manis ketika sudah matang.

Namun, jangan coba-coba untuk memakan buah yang warnanya masih hijau dan tekstur lebih keras. Itu artinya buah tersebut belum matang dan jika dikonsumsi memiliki rasa yang pahit.

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Dulu Dianggap Tumbuhan Liar, Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Bisa di jual dengan Harga Selangit
Buah ciplukan. [Foto: Canva]

Melansir sumber yang sama, manfaat buah ciplukan sangat banyak untuk kesehatan. Mulai dari buah, batang, daun, hingga akar, semuanya memiliki fungsi sendiri dalam mencegah dan mengobatu suatu penyakit.

Selain itu, manfaat buah ciplukan, seperti buahnya, yang bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker dan diabetes. Bagian buah ini juga bisa mengobati penyakit epilepsy serta menjaga kesehatan dari mulut dan tenggorokan.

Kemudian, batang dari tanaman ini menyimpan kandungan antineoplastik yang dapat mencegah daripada pertumbuhan serta penyebaran sel-sel kanker.

Begitu juga dengan daun tumbuhan ciplukan yang dapat mengobati vertigo. Daun tanaman ini juga bisa menurunkan tekanan darah hingga mengatasi masalah jantung.

Terakhir adalah akar tumbuhan liar yang disebut golden berry ini juga kaya akan manfaat. Di antaranya bisa berperan sebagai anti-inflamasi serta meningkatkan system imun di tubuh.

Baca juga: Tumbuh Secara Liar, Buah Ciplukan Ini Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan yang hidup liar di negara tropis ini. Hal itulah yang membuatnya bisa dijual dengan harga yang tinggi dan naik kasta menjadi tanaman obat.

Nah, itulah manfaat buah ciplukan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Perasaan nyeri pada area payudara apakah menjadi tanda bagi kanker payudara?. Apalagi terasa nyeri membakar
Apakah Nyeri Seperti Terbakar di Payudara Merupakan Tanda Kanker Payudara?
Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cekricek.id – Perempuan yang memiliki rambut pendek tetap bisa menatanya mereka dengan cara mencepol alias disanggul. Bahkan ada berbagai macam model yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal tersebut.
3 Inspirasi Model Sanggul untuk Wanita Rambut Pendek, Sederhana Tapi Tetap Cantik
Cekricek.id - Belakangan ini operasi lasik identik untuk memperbaiki serta mengatasi berbagai masalah mata, tapi tidak untuk jenis penyakit ini
Masalah Mata yang Tidak Dapat Dikoreksi dengan Operasi Lasik
Cekricek.id – Mempertahankan hubungan dengan pasangan yang sering merasa insecure memang tidak mudah. Pasangan tersebut, perlu memiliki cara yang ampuh untuk membuat dirinya dan si dia bisa terus berjalan awet dan tidak saling membelenggu satu sama lain.
4 Cara Pertahankan Hubungan dari Pasangan yang Mudah Insecure