Mengejutkan! Ada Sungai Purba di Antartika yang Tertimbun Es

Cekricek.id - Mengejutkan! Ada Sungai Purba di Antartika yang Tertimbun Es

Ilustrasi. [Foto: Dibuat oleh Kreator Cekricek.id]

Cekricek.id - Temukan penemuan mengagumkan di Antartika Timur, di mana sistem sungai prasejarah yang telah tersembunyi selama 14 juta tahun berhasil diungkap. Dalam eksplorasi ini, tim peneliti dari Universitas Durham memanfaatkan teknologi radar canggih dan analisis data satelit untuk mengungkap misteri yang terkubur di bawah es.

Para ilmuwan telah berhasil mengartikulasikan peta topografi dari lanskap yang selama ini tersembunyi di bawah Lapisan Es Antartika Timur, memberikan wawasan baru tentang fluktuasi lapisan es sepanjang waktu.

Lapisan Es Antartika Timur merupakan lapisan es terbesar di Bumi, sebagian besar bertumpu pada batuan dasar yang terletak di atas permukaan laut.

Namun, stabilnya lapisan ini ternyata tidak sekonstan yang diperkirakan sebelumnya. Pemanasan global diperkirakan akan mencapai lebih dari 2°C di atas tingkat pra-industri, dan ini bisa menyebabkan Lapisan Es Antartika Timur menyumbang hampir setengah meter kenaikan permukaan laut pada tahun 2100, di atas kenaikan yang disebabkan oleh pencairan es di tempat lain.

Masih ada ketidakpastian besar tentang bagaimana lapisan es Antartika akan merespons pemanasan global, namun ini bisa menjadi kontributor utama terhadap kenaikan permukaan air laut di masa depan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memetakan bagian bawah Lapisan Es Antartika Timur dan memprediksi bagaimana kondisinya akan berubah di masa depan, termasuk lapisan es lainnya.

Menurut Matt King, seorang ilmuwan kutub dari Universitas Tasmania dan penulis studi ini, "Kami belum sepenuhnya memahami risiko iklim yang akan muncul dari kawasan ini. Bahkan, kami memahami Bulan lebih baik daripada Antartika Timur."

Studi ini meneliti secara lebih mendalam masa lalu dari Lapisan Es Antartika Timur, khususnya di bawah cekungan Aurora dan Schmidt. Ini terletak di pedalaman gletser Denman dan Totten, di mana para ilmuwan menemukan bukti fluktuasi es di masa lalu.

Lapisan Es Antartika Timur terbentuk sekitar 34 juta tahun yang lalu, dan telah mengalami peningkatan dan penurunan volume es, serta penebalan dan penipisan, seiring dengan fluktuasi suhu sepanjang zaman geologis.

Meskipun lapisan es ini telah cukup stabil selama 14 juta tahun terakhir, tingkat penyusutan lapisan es selama periode hangat masih menjadi misteri.

Dalam penelitian ini, tim menemukan lanskap kuno 300 kilometer ke daratan dari pertemuan saat ini antara lapisan es dan laut.

Area ini sangat luas dan terbuka, terdiri dari tiga blok yang dipisahkan oleh palung dalam selebar sekitar 40 kilometer. Lanskap kompleks pegunungan dan lembah menghiasi blok-blok ini, yang tidak konsisten dengan aliran es modern.

Para peneliti percaya bahwa wilayah ini kemungkinan terbentuk sebelum glasiasi Antartika, ketika sungai mengalir melintasi wilayah ini menuju garis pantai yang muncul ketika benua super Gondwana terpecah.

Medan ini diduga terbentuk dari retakan yang awalnya terbuka saat Gondwana terbelah, yang kemudian terkikis lebih jauh hingga membentuk palung yang dalam.

Halaman:

Baca Juga

'Gletser Kiamat' di Antartika Mencair 30 Tahun Lebih Cepat dari Perkiraan
'Gletser Kiamat' di Antartika Mencair 30 Tahun Lebih Cepat dari Perkiraan
Cekricek.id, Berita Pekanbaru Hari Ini dan Berita Riau Hari Ini: Proyek Normalisasi Sungai Sail Pekanbaru Dilanjutkan Tahun 2024 Ini
Proyek Normalisasi Sungai Sail Pekanbaru Dilanjutkan Tahun 2024 Ini
Lumpur Kuno di Mississippi Bongkar Kisah Dramatis Lapisan Es Antartika
Lumpur Kuno di Mississippi Bongkar Kisah Dramatis Lapisan Es Antartika
Cekricek.id, Objek Wisata - Sebenarnya ada sejumlah fakta tersembunyi berkaitan tempat yang ada di muka bumi, termasuk benua Antartika.
Fakta Antartika Tersembunyi, Gerbang Menuju Dunia Lain
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya
ID42NER Serahkan Bantuan Korban Galodo Ranah Minang dalam Jelajah Sumatera 2024
ID42NER Serahkan Bantuan Korban Galodo Ranah Minang dalam Jelajah Sumatera 2024