Potensi Budidaya Ikan di Riau Masih Besar, Namun Pemanfaatannya Masih Minim

Berita Riau Hari Ini: Potensi Budidaya Ikan di Riau Masih Besar, Namun Pemanfaatannya Masih Minim

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Pekanbaru, Cekricek.id - Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, menyoroti potensi besar dalam usaha budidaya ikan di Provinsi Riau, yang dikenal sebagai "Bumi Lancang Kuning". Dengan lima kawasan daratan dan tujuh kawasan pesisir yang meliputi luas wilayah sekitar 87.023,66 kilometer persegi, Riau menawarkan peluang luar biasa di sektor kelautan dan perikanan, terutama dalam pengembangan budidaya perikanan.

Penting untuk dicatat bahwa potensi budidaya perikanan di Riau sangat beragam, mencakup budidaya air tawar, air payau, dan air laut. Bidang budidaya air tawar memiliki potensi sebesar 74.686,76 hektar, dengan pemanfaatan mencapai 1.409,24 hektar atau 1,89 persen.

Sementara itu, budidaya air payau menunjukkan potensi 35.219,57 hektar, dengan pemanfaatan sebesar 870,34 hektar atau 2,47 persen. Untuk budidaya air laut, potensinya mencapai 169.030,68 hektar, dengan pemanfaatan sekitar 125,94 hektar atau sekitar 0,074 persen.

Gubri Edy Nasution menekankan bahwa fakta ini mencerminkan potensi besar yang masih belum sepenuhnya dimanfaatkan di sektor budidaya perikanan. "Peluang bisnis di bidang budidaya perikanan masih sangat besar," ungkap Gubri pada konferensi pers hari Kamis (25/1).

Lebih lanjut, Edy Nasution menyebutkan beberapa contoh di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kuantan Singingi, yang memiliki potensi air tawar yang signifikan namun pemanfaatannya masih terbatas.

Pada 2023, misalnya, Kabupaten Pelalawan memiliki potensi budidaya perikanan air tawar sebesar 25.768,45 hektar, namun baru dimanfaatkan sekitar 49,96 hektar. Begitu juga di Kabupaten Kuantan Singingi, dengan potensi air tawar 24.857,95 hektar, namun hanya dimanfaatkan sekitar 335,35 hektar.

Baca juga: Potensi Pengembangan Wilayah Indragiri Hilir: Kebun Kelapa dan Sawit Pilihan Utama

Gubri Edy Nasution mengimbau seluruh daerah di Riau untuk memaksimalkan potensi lokal mereka dan menonjolkan keunggulan masing-masing. Dengan demikian, perkembangan dan kemajuan sektor budidaya perikanan di Riau dapat terus meningkat.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

TAGS

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Stok Beras Bulog Riau Aman Hingga Lebaran, Capai 21 Ribu Ton
Stok Beras Bulog Riau Aman Hingga Lebaran, Capai 21 Ribu Ton
Berita Riau Hari Ini: Meranti Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Malaysia, Incar Peluang Ekspor dan Investasi
Meranti Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Malaysia, Incar Peluang Ekspor dan Investasi
Berita Riau Hari Ini: Stok Beras Premium di Riau Stabil Meski Harga Naik
Stok Beras Premium di Riau Stabil Meski Harga Naik
Berita Riau Hari Ini: Harga Sawit Swadaya Riau Alami Penurunan
Harga Sawit Mitra Swadaya Riau Alami Penurunan
Berita Riau Hari Ini: Harga Sawit Mitra Plasma Riau Naik, Berikut Rinciannya
Harga Sawit Mitra Plasma Riau Naik, Berikut Rinciannya
Berita Riau Hari Ini: Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi
Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi