Susu Basi Jangan Langsung Dibuang, Ternyata Memberikan Manfaat Luar Biasa

Berita terbaru hari ini: Manfaat susu basi

Ilustrasi. [Canva]

Berita terbaru hari ini:

Cekricek.id – Tidak semua makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa atau basi harus langsung dibuang. Pasalnya, makanan dan minuman tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Salah satunya adalah susu yang sudah kadaluwarsa.

Susu yang sudah kadaluwarsa dan basi ini ditandai dengan munculnya bau tak sedap alias tengik. Kemudian, perubahan rasa dari susu tersebut yang awalnya manis alami menjadi agak asam.

Baca juga: Begini Cara Memutihkan Ketiak dengan Alami

Melansir dari Tribun tmur, susu yang sudah basi bisa dimanfaatkan untuk membuat keju cottage. Caranya dengan memasak susu basi tersebut dengan cara mengukusnya hingga susu itu mengental. Setelah itu, tambahkan sejumlah krim, garam, dan lada untuk menambah cita rasa pada keju.

Susu yang sudah basi bisa juga dimanfaatkan dalam masker untuk wajah. Baunya memang tidak sedap, namun susu basi mengandung asam laktat yang bisa membuat kulit semakin sehat.

Tidak hanya itu, susu basi bisa dimanfaatkan untuk membantu tanaman tumbuh dengan subur dan mencegah terjadinya pembusukan pada tanaman tersebut. Hal ini karena kandungan kalsium yang sangat banyak di dalam susu tersebut. Protein esensial dan vitamin B dalam susu juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tanaman.

Untuk penggunaannya pada tanaman, susu kadaluwarsa ini tidak boleh dipergunakan secara berlebihan. Sebab, akan berpengaruh pada pertumbuhan dari tanaman itu dan menyebabkan tanaman memudar.

Kamu cukup menyuburkan tanaman dengan satu porsi susu basi ditambah dengan satu porsi air. Kemudian, masukkan ke dalam botol semprot. Langkah selanjutnya semprotkan ke tanaman dan diamkan selama 30 menit. Baru setelah itu, bersihkan sisa semprotan susu basi ke tanaman tadi menggunakan kain basah. Hal ini dilakukan agar tanaman tidak menimbulkan jamur.

Baca juga: Ini Cara Hilangkan Noda Hitam di Wajah

Susu kadaluwarsa ini pernah dipraktekkan kepada tanaman oleh aktris India bernama Telugu Samantha Akkineni. Dirinya mengunggah salah satu pot tanaman yang daunnya tampak mengkilap setelah diberikan susu kadaluwarsa di instagram story-nya.

“Jangan membuang susu kadaluwarsa. Saya mengelap daun saya dengan susu dan spons.. lihatlah mereka bersinar,” tulis Telugu, mengutip dari Viva.co.id, yang dilansir dari Times of India. [*/rik]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Tag:

Baca Juga

Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Terkenal sebagai minuman yang sehat dan kaya nutrisi, rupanya susu dapat menjadi penyebab iritasi kulit dan membuat kulit menjadi berjerawat.
Susu Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
Berita Riau Hari Ini: Ribuan Lubang Jalan di Pekanbaru Ditutup Jelang Lebaran
Ribuan Lubang Jalan di Pekanbaru Ditutup Jelang Lebaran
Penemuan Perkemahan Prasejarah Berusia 8.200 Tahun Menggemparkan Pangkalan Udara AS di New Mexico
Penemuan Perkemahan Prasejarah Berusia 8.200 Tahun Menggemparkan Pangkalan Udara AS di New Mexico
Berita Riau Hari Ini: Mudik Lebaran, Penumpang Kapal Jelatik Melonjak di Hari Terakhir Keberangkatan
Mudik Lebaran, Penumpang Kapal Jelatik Melonjak di Hari Terakhir Keberangkatan
Berita Riau Hari Ini: Kecelakaan Maut di Tol Pekanbaru-Dumai: Mobil Hilux Hantam Truk Tronton, Ibu dan Dua Anak Tewas
Kecelakaan Maut di Tol Pekanbaru-Dumai: Mobil Hilux Hantam Truk Tronton, Ibu dan Dua Anak Tewas