Tuan Guru Bajang Jadi Cawapres, Ini Respons Ganjar

Tuan Guru Bajang Jadi Cawapres, Ini Respons Ganjar

Tuan Guru Bajang Zainul Majdi dan Ganjar Pranowo. [Instagram]

Cekricek.id, Jakarta - Ganjar Pranowo, bakal calon presiden dari PDIP, memberikan tanggapan mengenai Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, Ketua Harian DPP Perindo, yang dianggap sebagai bakal calon wakil presiden dalam Pilpres 2024.

Ganjar menyambut baik ketika TGB disebut sebagai calon wakil presidennya. Dia mengungkapkan bahwa dia telah mengenal mantan Gubernur NTB ini cukup lama.

"Dalam keterangan saya selama di DPR, saya sudah mengenalnya sebagai sesama gubernur," ujar Ganjar saat berada di NTB, dilansir Suara.com, Senin (19/6/2023).

Selain kedekatan pribadi dan pengalaman, Ganjar juga mengingatkan bahwa PDIP dan Partai Perindo telah melakukan kerjasama politik untuk Pilpres 2024.

"Hari ini PDIP dan Perindo juga bersama-sama, (TGB) merupakan sosok yang baik," tambahnya.

Mengenai Nama TGB

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal DPP PDIP, memberi izin kepada partai-partai pendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) untuk mengajukan nama calon wakil presiden (bacawapres).

Hal tersebut diungkapkan oleh Hasto ketika ditanya oleh awak media mengenai kemungkinan PPP mengusulkan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden untuk Ganjar.

Hasto menjelaskan bahwa dia telah bertemu dengan Plt Ketua Umum DPP PPP M Mardiono terkait calon wakil presiden. Menurutnya, PPP tidak akan mengajukan satu nama saja.

Hasto menyatakan bahwa pada prinsipnya PDIP memberi izin jika ada partai politik yang ingin mengusulkan nama calon. Termasuk juga Partai Perindo, menurutnya, Perindo bahkan telah mengusulkan TGB Zainul Majdi sebagai calon wakil presiden untuk Ganjar.

"Ya, silakan karena ini adalah aspirasi dari partai-partai. Bahkan Perindo juga sempat menyebut TGB, jadi silakan mengusulkan nama-nama," kata Hasto kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dikutip pada Selasa (13/6/2023).

Baca juga: Lingkar Cendala Rilis Video Klip "Kaki Seribu", Analogikan Politik dengan Belatung

Namun, Hasto menekankan bahwa pada akhirnya keputusan tersebut akan ditentukan oleh masyarakat. Selain itu, hal tersebut juga dapat diukur melalui instrumen elektoral nantinya.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Bawaslu Merenti Rekomendasikan Penghitungan ulang di 28 TPS
Bawaslu Merenti Rekomendasikan Penghitungan ulang di 28 TPS
Dede Sunandar Jual 2 Mobil demi Nyaleg, Hasilnya Baru 10 Suara
Dede Sunandar Jual 2 Mobil demi Nyaleg, Hasilnya Baru 10 Suara
Berita Riau Hari Ini: Duka di Riau, Dua Petugas KPPS Meninggal Usai Bertugas
Duka di Riau, Dua Petugas KPPS Meninggal Usai Bertugas
Berita Riau Hari Ini: Pemungutan Suara Ulang di TPS Desa Sungai Tohor Meranti Digelar Hari Ini
Pemungutan Suara Ulang di TPS Desa Sungai Tohor Meranti Digelar Hari Ini
PN Jakarta Pusat Diskualifikasi Pencalonan Gibran, Apakah Betul? Cek Fakta!
PN Jakarta Pusat Diskualifikasi Pencalonan Gibran, Apakah Betul? Cek Fakta!
Berita Riau Hari Ini: Pemilu di Riau Berjalan Kondusif
Pemilu di Riau Berlangsung Aman dan Kondusif