Unggah Video Pelajar SMA yang Bully Anak Disabilitas, Ridwan Kamil Suarakan Anti Bullying

Ridwan Kamil bereaksi keras saat melihat aksi pelajar SMA membully seorang remaja berkebutuhan khusus di Kabupaten Cirebon.

Ridwan Kamil. [Foto: Ist]

Cekricek.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau sering disapa dengan Kang Emil ini mengunggah video di akun Instagram miliknya yang memperlihatkan aksi perundungan (bullying) yang berlangsung di Kabupaten Cirebon.

Bullying merupakan tindakan perundungan yang terjadi secara berulang dengan tujuan mengintimidasi, melecehkan, dan menyakiti seseorang.

Dalam video yang dibagikan Kang Emil tersebut terlihat seorang pelajar SMA melakukan kekerasan kepada anak disabilitas.

Sambil merokok, pemuda SMA itu meletakkan kakinya dipunggung korban hingga membuat si korban menangis histeris. Sesekali korban tersebut memberontak melawan aksi pemuda SMA itu.

Terdengar juga pemuda lainnya yang mengolok dengan tertawa di balik rekaman video tersebut.

Tak sampai di situ saja, pemuda SMA itu bahkan menginjak pundak korban dengan menaiki badan anak berkebutuhan khusus tersebut menggunakan kedua kakinya. Korban berteriak kesakitan akibat memikul badan pemuda SMA tersebut.

Anak berkebutuhan khusus yang menjadi korban pembullyan pemuda SMA itu tak berdaya dan hanya bisa menangis.

Menanggapi adanya kasus perundungan ini, kang Emil menegaskan bahwa kasus pembullyan tidak boleh terjadi lagi di wilayah Jabar.

“Tidak boleh ada bully di lingkungan kita, apalagi kepada kaum disabilitas, yang harus lebih kita pahami dan kita sayangi. Setiap kita adalah unik dalam eksistensi hidupnya,” tulis Kang Emil sebagai caption dalam video yang diunggahnya.

Kang Emil juga menjelaskan bahwa satu dari tiga pelaku pembullyan telah diamankan oleh pihak kepolisian dan akan ditindak sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Lebih lanjutnya, Ridwan Kamil mengajak anak-anak sekolah untuk saling menyayangi sesama manusia.

“Pendampingan mental juga sudah kami arahkan kepada tim psikolog @jabarquickresponse. Untuk anak-anakku di sekolah, mari selalu saling menyayangi sesama manusia. Perlakukan teman kita seperti kita ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga ikut mengajak para orang tua dan guru untuk terus memberikan edukasi tentang rasa sayang kemanusiaan kepada anak-anak agar dunia selalu damai dan saling tolong menolong.

Lampiran Gambar

Unggahan Kang Emil ini mengundang banyak komentar dari netizen yang sangat prihatin dengan maraknya kasus pembullyan yang terjadi di Indonesia.

“Astagfirullah. Aku yang bukan orangtuanya aja ikut netesin air mata, apalagi orangtuanya ngeliat anaknya dikaya giniin,” kata netizen.

“Melihat video beginian keselnya luar biasa, ada apa dengan manusia ini yah,” sahut netizen lainnya.

Baca juga: Wajahnya Disama-samakan dengan Artis Korea, Ridwan Kamil: Jangan Dibandingkan, Semuanya Pasti Kalah

“Jangan ada maaf pak, harus proses sesuai hukum baru bisa jera, kalau bisa yang ngerekam juga ditangkap pak,” imbuh yang lainnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Paras rupawan gubernur Ridwan Kamil disebut mirip artis tanah air hingga orang Korea, Ridwan Kamil pun meminta agar dirinya tidak dibandingkan.
Wajahnya Disama-samakan dengan Artis Korea, Ridwan Kamil: Jangan Dibandingkan, Semuanya Pasti Kalah
Nama Bonge kian melambung sejak fenomena Citayam Fashion Week, bahkan baru-baru ini dia ikut nongkrong bareng artis sampai gubernur.
Bonge Joget TikTok Bareng Ridwan Kamil, Netizen: Tongkrongannya Ngeri
Ridwan Kamil memberikan komentar atas tindakan Baim Wong dan istrinya yang mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham.
Ridwan Kamil Kritik Baim Wong Daftarkan Hak Paten Citayam Fashion Week: Biarkan Tetap Slebew Bukan Haute Couture
Ridwan Kamil ikut ramaikan Citayam Fashion Week dengan berjalan ala catwalk bersama deretan ojol. Buat banyak netizen gemas.
Gak Mau Ketinggalan, Ridwan Kamil Ikut Citayam Fashion Week Bareng Driver Ojol
Ridwan Kamil ajak keluarga kecilnya untuk jalani ibadah haji, sekaligus lakukan badal haji untuk Eril buat banyak netizen merasa haru.
Ridwan Kamil Jalani Badal Haji Untuk Eril
Ridwan Kamil kedatangan tamu spesial yang tak biasa. Seorang Habib Muhammad Luthfi bin Yahya turut datang berziarah ke makam Eril dan mendoakan anak sulung Gubernur Jawa Barat itu.
Ridwan Kamil Didatangi Oleh Habib Ternama di Indonesia, Khusus Doakan Eril