5 Bahasa Cinta yang Dapat Memperkuat Hubunganmu dengan Pasangan

Cekricek.id - Bahasa cinta adalah tindakan yang menggambarkan cara orang menerima dan mengekspresikan cinta dalam suatu hubungan. Mengetahui bahasa cinta dari pasangan dan begitu juga sebaliknya adalah cara yang ampuh untuk membantu setiap pasangan untuk merasa dicintai dan dihargai.

Ilustrasi bahasa cinta. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Bahasa cinta adalah tindakan yang menggambarkan cara orang menerima dan mengekspresikan cinta dalam suatu hubungan. Mengetahui bahasa cinta dari pasangan dan begitu juga sebaliknya adalah cara yang ampuh untuk membantu setiap pasangan untuk merasa dicintai dan dihargai.

Penulis dan pendeta Gary Chapman yang dilansir dari Verrywell Mind, menjelaskan bagaimana menggunakan bahasa cinta ini untuk menunjukkan kepada pasangan bahwa kamu peduli pada mereka dengan cara yang menyentuh hati.

Apa 5 Bahasa Cinta Itu?

Buku Chapman yang berjudul "The 5 Love Languages" pertama kali diterbitkan pada tahun 1992. Sebelum menulis buku itu, Chapman mulai memperhatikan pola dalam pasangan yang melakukan konseling padanya. Dia menyadari bahwa pasangan sering salah memahami kebutuhan satu sama lain.

5 Bahasa Cinta yang Dapat Memperkuat Hubunganmu dengan Pasangan
Ilustrasi: Bahasa Cinta. [Canva]

Hal itulah yang membuatnya menemukan lima bahasa cinta, atau cara orang-orang dalam hubungan mengekspresikan cinta, di antaranya:

1. Kata-kata Penegasan

"Kata-kata penegasan” adalah tentang bagaimana pasangan mengungkapkan kasih sayangnya melalui kata-kata yang diucapkan. Kamu bisa secara langsung menyampaikan perasaanmu lewat kata-kata kepada pasanganmu.

Misalnya, dengan kata-kata kutipan yang membangkitkan semangat, catatan cinta, dan pesan teks yang lucu. Kamu dapat membuat pasanganmu merasa senang dengan memuji mereka atau menunjukkan apa yang mereka lakukan dengan baik.

2. Waktu yang Berkualitas

Seseorang dengan bahasa cinta ini adalah orang yang menginginkan perhatian penuh. Mereka merasa dicintai ketika pasangannya hadir dan fokus pada mereka saat sedang bersama.

Artinya, ketika sedang berdua kamu harus meletakkan ponsel, mematikan komputer,  melakukan kontak mata, dan mendengarkan secara aktif . Orang dengan bahasa cinta “waktu yang berkualitas” akan  mencari kualitas daripada kuantitas.

3. Sentuhan Fisik

Seseorang yang memiliki bahasa cinta “sentuhan fisik” adalah mereka yang merasakan cinta melalui kasih sayang fisik. Selain seks, mereka merasa dicintai ketika pasangannya memegang tangan mereka, menyentuh lengan, atau memijat mereka di penghujung hari, misalnya.

Gagasan orang ini tentang kencan yang sempurna dan romantis mungkin termasuk berpelukan di sofa dengan segelas anggur dan film yang bagus. Jadi, sebenarnya mereka hanya ingin dekat dengan pasangannya secara fisik, dan tidak harus bepergian ke luar, pergi ke tempat tertentu untuk berkencan.

4. Tindakan Pelayanan

Tindakan pelayanan adalah hal-hal baik yang kamu lakukan untuk pasangan yang membuat mereka merasa dicintai dan dihargai. Misalnya, dengan membantu mencuci piring, menjalankan tugas, beberes rumah, dan lain-lain.

Jika bahasa cinta utama pasangan kamu adalah “tindakan pelayanan”, mereka akan memperhatikan dan menghargai hal-hal kecil yang kamu lakukan untuknya. Mereka cenderung melakukan tindakan pelayanan dan kebaikan untuk orang lain juga.

5. Menerima Hadiah

Bagi seseorang yang mempunyai bahasa cinta ini, pemberian hadiah adalah sesuatu yang bisa menunjukkan cinta dan kasih sayang. Mereka menghargai tidak hanya isi hadiahnya tetapi juga waktu dan usaha yang diberikan oleh si pemberi hadiah.

Lampiran Gambar
Ilustrasi: Menerima Hadiah. [Canva]

Orang yang senang menerima hadiah sebagai bagian dari bahasa cinta utama mereka tidak selalu mengharapkan hadiah besar atau mahal. Mereka justru lebih melihat pada upaya dan perhatian di balik hadiah yang diberikan.

Ketika Anda meluangkan waktu untuk memilih hadiah khusus untuk mereka, itu memberi tahu mereka bahwa Anda benar-benar mengenal mereka. Orang-orang dengan bahasa cinta ini sering kali dapat mengingat setiap hadiah kecil yang mereka terima dari orang yang mereka cintai karena hal itu memberikan dampak yang besar bagi mereka.

Itulah 5 bahasa cinta yang harus kamu tahu untuk mempererat hubungan dengan pasangan. Bahasa cinta pasangan kamu mungkin tidak sama dengan bahasa cintamu. Ketika pasangan memiliki bahasa cinta utama yang berbeda, pasti ada kesalahpahaman.

Baca juga: Bicara KDRT, Lutfi Azigal Khawatir Dengan Anak Perempuannya: Kalau Udah Gak Cinta Kembaliin Baik-baik

Namun, jika pasangan belajar berbicara bahasa cinta satu sama lain kemungkinan besar mereka akan merasa dicintai, dihargai, dan, pada akhirnya, lebih bahagia dengan hubungan tersebut.

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental
Cekricek.id - Siapa yang mengira jika telur ceplok bisa menjadi resep masakan yang terlihat lebih berkelas hanya denga tambahan sejumlah bumbu dapur. Jika biasanya sajian nasi dan telur dianggap menu paling sederhana, maka kali ini akan berbeda.
Resep Nasi Telur Ceplok Inovatif, Masakan Sederhana Tapi Nggak Murahan
Ternyata ini penyebab darah menstruasi wanita keluar sedikit, makanan ini dapat mengatasinya dan membuat darah menstruasi keluar normal.
Darah Menstruasi Keluar Sedikit? Coba Konsumsi Makanan Ini!
Cekricek.id - Resep masakan murah meriah tentunya menjadi sasaran banyak orang, terutama anak kos. Hal itu tak lain untuk menghemat uang jajan agar biaya hidup di rantau orang bisa tercukupi.
Anak Kos Wajib Tahu, Ini Resep Masakan Murah Meriah Cuma Rp15 Ribuan
Cekricek.id - Banyak orang yang menjadikan belanja sebagai hobi. Mereka percaya bahwa belanja adalah salah satu kegiatan penghilang rasa stres. Namun, jika sudah menjadi kecanduan, akan menjadi suatu tanda adanya gangguan kesehatan mental.
Awas, Kecanduan Belanja Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan Mental
Cekricek.id - Ayam goreng saus Vietnam bisa dijadikan sebagai salah satu menu andalan makan siang di rumah. Bahan-bahan dan cara memasaknya pun cukup mudah untuk diikuti oleh para ibu rumah tangga.
Resep Ayam Goreng Saus Vietnam Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Jadi Menu Makan Siang Andalan