Cara Gampang Memperpanjang Umur Tanpa Ribet, Sering-sering Bersyukur

Cekricek.id - Bersyukur tak hanya sebagai upaya seseorang menerima keadaannya dengan lapang dada. Namun, perasaan ini juga memiliki banyak dampak posifit bagi tubuh baik secara fisik, mental, spiritual bahkan membuat seseorang dapat berumur panjang.

Manfaat bersyukur. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Bersyukur tak hanya sebagai upaya seseorang menerima keadaannya dengan lapang dada. Namun, perasaan ini juga memiliki banyak dampak positif bagi tubuh baik secara fisik, mental, spiritual bahkan membuat seseorang dapat berumur panjang.

Raja terlama di Inggris, Ratu Elizabeth II, terkenal karena banyak hal. Salah satu kebiasaan yang terus dijaganya adalah praktik bersyukurnya. Mendiang ratu sering mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan tulus, baik secara lisan maupun dalam ratusan kartu ucapan kepada semua orang.

Melansir The Healthy, kata Dave Rabin, MD, PhD, seorang ahli saraf dan psikiater, praktik bersyukur inilah yang membuat Ratu Elizabeth hidup hingga 96 tahun sebelum dia meninggal pada September 2022.

Pada dasarnya, orang yang bersyukur memiliki otak yang lebih bahagia dan lebih tangguh. Bagaimana tepatnya rasa syukur bisa meningkatkan umur panjang masih belum terbukti, karena ada banyak variabel lain yang terlibat dalam menentukan umur seseorang, kata Dr. Rabin.

Apa yang kita ketahui, menurut penelitian saat ini, didasarkan pada manfaat mental, fisik, dan spiritual dari bersyukur.

Efek Kesehatan yang Didapat Karena Bersyukur

Cara Gampang Memperpanjang Umur Tanpa Ribet, Sering-sering Bersyukur

Berikut ini adalah manfaat bersyukur yang bisa dirasakan oleh manusia, di antaranya:

Manfaat bersyukur secara fisik

Meskipun sulit untuk membuktikan hubungan sebab-akibat yang sebenarnya antara rasa syukur dan kesehatan, mempraktikkan rasa syukur telah ditunjukkan dalam beberapa studi memiliki sejumlah besar manfaat kesehatan fisik, kata Dr Rabin.

Orang yang bersyukur sering mengalami, gula darah normal, waktu pemulihan tubuh lebih cepat, laju pernapasan juga bisa menjadi lebih lambat, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kognisi. Selain itu, juga membuat suasana hati lebih baik, tidur berkualitas lebih tinggi dan mengurangi insomnia.

Bersyukur juga dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi peradangan dalam tubuh, menurunkan kadar hormon stres dan kadar “hormon bahagia” yang lebih tinggi termasuk oksitosin. Memori yang lebih tajam dan kognisi yang lebih baik, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa kanker dan penyakit gaya hidup lainnya.

Manfaat bersyukur secara mental

Orang yang memiliki pandangan optimis cenderung hidup lebih lama, dan Haley Perlus, PhD, seorang psikolog di Kanada yang mempelajari ketahanan emosional, mengatakan memberi ruang untuk bersyukur adalah salah satu cara tercepat untuk merasa lebih bahagia dan lebih optimis.

Rasa syukur adalah alat pelatihan emosional yang produktif. Ketika seseorang mensyukuri hidupnya, dia dapat mengalami perasaan yang terkait dengan kebahagiaan, kedamaian, gairah, kegembiraan, dan lainnya. Emosi yang menyenangkan ini kemudian dapat menjadi katalis kesehatan mental.

Berfokus pada rasa syukur membantu seseorang melihat betapa banyak hal baik dalam hidupnya, menenangkan suara batin negatif, dan mengurangi fokus pada masalah.

Baca juga: Ini Segudang Manfaat Daun Pepaya, Wajib Dicoba

Itulah manfaat bersyukur secara mental dan fisik. Jika hal ini terus diterapkan maka akan membantu seseorang hidup lebih sehat dan bahagia.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Perasaan nyeri pada area payudara apakah menjadi tanda bagi kanker payudara?. Apalagi terasa nyeri membakar
Apakah Nyeri Seperti Terbakar di Payudara Merupakan Tanda Kanker Payudara?
Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cekricek.id – Perempuan yang memiliki rambut pendek tetap bisa menatanya mereka dengan cara mencepol alias disanggul. Bahkan ada berbagai macam model yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal tersebut.
3 Inspirasi Model Sanggul untuk Wanita Rambut Pendek, Sederhana Tapi Tetap Cantik
Dulu Dianggap Tumbuhan Liar, Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Bisa di jual dengan Harga Selangit
Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Dulu Tumbuhan Liar, Kini Dijual dengan Harga Selangit
Cekricek.id - Belakangan ini operasi lasik identik untuk memperbaiki serta mengatasi berbagai masalah mata, tapi tidak untuk jenis penyakit ini
Masalah Mata yang Tidak Dapat Dikoreksi dengan Operasi Lasik