Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat

Nafsu makan

Jenis makanan ini bisa membuat nafsu makan meningkat. [Foto/Ist]

Cekricek.id - Dalam keseharian, ada kalanya nafsu makan menurun. Bahkan rasa untuk ingin makan hilang sama sekali hingga satu hari penuh tidak ada sedikitpun makanan yang masuk e dalam perut.

Kondisi ini tentu tidak boleh berlarut lama-lama. Penurunan nafsu makan akan berimbas pada kekurangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya, tubuh mudah lemas, gampang capek, dan semangat hidup pun menurun.

Oleh sebab itu, nafsu makan perlu ditingkatkan agar kebutuhan gizi harian bagi tubuh tetap terpenuhi.

Lalu bagaimana cara membuat nafsu makan meningkat? Kunci utama membuat nafsu makan meningkat sebenarnya ialah menjalani gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat ini juga berhubungan dengan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh sebab itu, Anda perlu memil ihmakanan yang bisa membuat nafsu makan meningkat.

Mau tau apa aja jenis makanan sehat yang bisa membuat nafsu makan meningkat? Berikut beberapa jenis makanan sehat yang bisa Anda coba, dilansir dari berbagai sumber.

1. Alpukat

Berita terbaru hari ini: Cara menyimpan alpukat
Ilustrasi. [Canva]

Buah satu ini dipercaya bisa membuat nafsu makan meningkat lho. Kandungan kalori dan lemak tak jenuh dalam alpukat bisa menambah selera makan. Buah ini juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Yoghurt

Lampiran Gambar
Yogurt. [Foto: Ist]

Produk susu fermentasi yang mengandung  baktei baik ibagi usus ini juga bisa membuat nafsu makan meningkat. Selain itu, kandungan kalori dan gizi yang tinggi pada yoghurt juga sangat baik bagi tubuh.

Bahkan menurut penelitian, yoghurt dapat mengurangi konsumsi makanan berlemak dan gula tinggi yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, olahan susu fermentasi ini menjadi pilihan makanan sehat penambah nafsu makan.

3. Rempah-rempah

Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Saffron adalah rempah termahal di dunia. Saffron tangkai putik bunga crocus sativus.
Saffron. [Foto: Canva]

Rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, dan lada ternyata juga bisa merangsang selera makan. Bumbu masakan ini juga dapat membantu memproduksi empedu yang penting untuk mencerna lemak.

Beberapa jenis bumbu dan rempah yang bisa membuat nafsu makan meningkat antara lain, adas, peppermint, lada hitam, kayu manis, dan ketumbar.

4. Makanan pahit

Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Berikut ini cara memanaskan makanan sisa agar tetap segar dan kandungan gizi tidak hilang.
Ilustrasi: memanaskan makanan. [Canva]

Tak banyak yang tau, makanan pahit seperti pare nyatanya bisa menjadi pilihan makanan penambah nafsu makan.

Dalam sebuah penelitian disebutkan, mengaktifkan reseptor rasa pahit dapat merangsang sekresi ghrelin. Ghrelin merupakan hormon yang bertanggung jawab menghasilkan rasa lapar.

Selain itu, makanan pahit juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada organ perut. Hal ini bisa meningkatkan aktivitas saraf yang mengontrol rasa.

5. Makanan favorit Anda

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Kelainan dalam kebiasaan makan atau Eating disorder bisa membahayakan tubuh manusia. Ini 7 jenis Eating disorder yang perlu anda waspadai.
Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat

Cara sederhana untuk membuat nafsu makan meningkat sebenarnya adalah dengan memakan makanan kesukaan. Tak diragukan lagi, ketika seseorang dihidangkan makanan yang menjadi favoritnya, ia akan makan dengan lahap dan bahkan akan makin ketagihan.

Baca juga: Tips Ampuh dalam Mengendalikan Nafsu Makan, Salah Satunya Makan di Piring Kecil

Namun yang perlu diingat, Anda harus pandai memiliih makanan kesukaan yang sehat dan menghindari makanan cepat saji.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Tag:

Baca Juga

Kesehatan mata
Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata
Ibu menyusui
Ibu Menyusui Gak Boleh Makan Pedas? Ini Faktanya
Minum di waktu makan
Ternyata Minum di Waktu Makan Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasan Ustaz Zaidul Akbar
Menghilangkan cegukan
Sangat Menganggu Saat Puasa, Berikut Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Air
Mengatasi kolesterol tinggi
Tujuh Buah Ini Cocok Atasi Kolesterol Tinggi dalam Darah
Kantung mata
Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya