Jangan Kalap, Makan Berlebihan Saat Buka Puasa Bisa Picu Kolesterol

Berita terkini: dokter Tirta mengungkapkan bahwa makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur dapat meningkatkan kolesterol.

Ilustrasi Makan Banyak. [Foto: Ist]

Berita terkini: dokter Tirta mengungkapkan bahwa makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur dapat meningkatkan kolesterol.

Cekricek.id – Setelah sepanjang hari berpuasa, waktu puasa biasanya dijadikan sebagai ajang balas dendam dengan cara makan dalam porsi besar atau makan berlebihan.

Kebiasaan seperti itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Jika seseorang makan berlebihan saat berbuka puasa akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Hal itu diungkapkan oleh dokter Tirta lewat akun Instagramnya.

“Apa sih yang menyebabkan berpuasa meningkatkan kolesterol?” tanya dokter Tirta.

Menjawab pertanyaannya tersebut, dokter Tirta menyebutkan bahwa pemicu kolesterol saat berpuasa adalah makan berlebihan ketika berbuka puasa.

“Contoh kamu berpuasa itu bukan balas dendam makan ketika buka. Ketika buka puasa kamu kalap,” ucap dokter Tirta.

Mulai dari makanan berminyak seperti gorengan hingga konsumsi makanan bersantan saat berbuka puasa menjadi pemicu kolesterol meningkat.

“Makan gorengan banyak dari minyak-minyak jenuh yang digoreng berkali-kali. Terus makan sate-satean. Makan jeroan, makan daging-dagingan, santan semua kamu lalap tu habis buka puasa,” lanjutnya.

Kemudian, setelah salat tarawih dilanjutkan lagi hingga waktu sahur dengan makan berlebihan. Jika pola makan seperti itu yang kita terapkan di bulan Ramadan maka berisiko pada kesehatan tubuh kita. Salah satu resikonya adalah kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat.

“Terus pas teraweh kamu makan lagi. Terus kamu pas sahur makan sebanyak mungkin. Apa yang terjadi? Tubuh kita itu ada batasnya kalau kamu terlalu banyak makan otomatis ya lemak-lemak itu akan diolah dan membebani kerja hati dan empedu. Akhirnya kadar kolesterol jadi tinggi,” tuturnya.

Lampiran Gambar
Jangan Kalap, Makan Berlebihan Saat Buka Puasa Bisa Picu Kolesterol

Apabila kadar kolesterol dalam tubuh kamu melebihi kadar normalnya, gejala pertama yang akan kamu rasakan adalah badan pegal-pegal, kehilangan konsentrasi, dan tensi menjadi tinggi.

“Gejalanya apa ketika total kolesterol tinggi melebihi kadar normal yaitu 200. Gejala pertamanya kita jadi pegal-pegal nggak fokus, badan jadi nggak enak, dan paling nggak enak tensinya menjadi tinggi,” ucap dokter Tirta.

Lebih lanjutnya, dokter Tirta menyarankan masyarakat Indonesia untuk tidak kalap  ketika berbuka puasa dan makan di waktu sahur.

Baca Juga: Aksi 11 April, Pedagang Es Keliling Laris Manis, Netizen: Sudah Dipastikan Tidak Puasa

“Nah, kamu jangan kalap. Ketika sahur juga jangan kalap. Tetap makan yang cukup. Tubuh kita itu sudah mempunyai kompensasi yangs angat tinggi,” ujarnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita Artis: Rafathar Malik Ahmad, putra pertama pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pasalnya akan disekolahkan di luar negeri.
Rafathar Akan Sekolah di Swiss, Tempatnya Para Pangeran Dunia
Berita artis: Dinar Candy merasa dirinya hanya dimanfaatkan oleh Nikita Mirzani, ia pun menantang Nikita Mirzani untuk lakukan adu tinju di atas ring.
Selama Berteman, Dinar Candy Merasa Cuma Dimanfaatkan Oleh Nikita Mirzani
Haji Faisal
Keluarga Haji Faisal dan Pengacaranya Raih Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak
Dodit Mulyanto
Dodit Mulyanto Jadi Komedian Terkaya Versi IDX
Berita artis: Foto dari jarak dekat Millen Cyrus saat pamer gaya make up, dapat banyak pujian dari netizen salah satunya sebagai wanita sempurna.
Cantiknya Sempurna, Millen Cyrus Dijuluki Wanita Sempurna
Sule
Rizky Febian dan Mahalini akan Nikah Tahun Ini, Sule Bilang Begini