Jika Tidak Ingin Wajah Berjerawat, Hindari 3 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Anda bisa mencegah kulit terutama muka tidak berjerawat. Paling mudah, anda bisa menghindari jenis makanan yang mengandung beberapa bahan ini

Ilustrasi. Muka berjerawat. [Canva]

Anda bisa mencegah kulit terutama muka tidak berjerawat. Paling mudah, anda bisa menghindari jenis makanan yang mengandung beberapa bahan ini

Kemunculan jerawat di kulit wajah sangat mengganggu dan tentunya membuat rasa percaya diri berkurang. Bagi sebagian wanita menganggap jerawat yang timbul di wajah merupakan masalah wajah terbesar.

Jerawat sendiri merupakan gangguan yang terjadi pada kulit akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan. Pada dasarnya, jerawat memiliki gejala berupa benjolan kecil berwarna kemerahan atau kuning yang mengandung nanah, adanya sensasi terbakar atau panas akibat peradangan, dan timbulnya rasa gatal.

Jerawat sebenarnya bukanlah penyakit berbahaya dan kondisi munculnya jerawat di wajah bisa terjadi pada siapa pun. Kendati begitu, jerawat yang muncul bisa meninggalkan bekas seperti bekas luka. Hal ini tentunya dapat mengganggu penampilan seseorang.

Tanpa disadari, ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi penyebab jerawat muncul. Untuk itu, mulai dari sekarang batasi konsumsi makanan dan minuman tersebut agar wajah terbebas dari jerawat. Berikut makanan dan minuman penyebab jerawat timbul.

Susu

Susu Tak Sehat Jika Dikombinasikan dengan 4 Makanan Ini

Susu dan produk olahan susu terkecuali yogurt merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat muncul. Pasalnya, konsumsi susu dapat meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 dalam darah, yang akan memicu reaksi peningkatan sebum.

Produksi sebum atau minyak berlebih pada wajah menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya memicu munculnya jerawat.

Alkohol

Alkohol

Minum alkohol dalam batas yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya jerawat di kulit wajah. Dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa alkohol bisa menyebabkan hormon manusia menjadi rusak.

Terlebih lagi, alkohol membuat hormon testosteron dan estrogen dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini tentunya menyebabkan kulit wajah rentan terkena jerawat.

Gula

Lampiran Gambar

Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Makanan yang mengandung gula membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin yang mempengaruhi kadar hormon lainnya. Hal ini bisa menyebabkan produksi minyak di kulit meningkat, sehingga jerawat dengan mudahnya muncul.

Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi di antaranya adalah soda, kue, minuman kemasan, permen, sereal instan, nasi putih, dan makanan olahan lainnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Cara mengatasi jerawat
Jangan Dipencet, Ini Cara Sehat Atasi Jerawat
Berita gaya hidup: Siapa sangka, ternyata untuk menghilangkan bekas jerawat tak harus mengeluarkan biaya mahal, cukup dengan mengaplikasikan daun ini.
Daun Dewa Ampuh Hilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat, Begini Caranya
Info kesehatan: Kacang tanah banyak dipercaya orang menyebabkan timbulnya jerawat, ternyata ini penjelasannya.
Kacang Tanah Dipercaya Menyebabkan Jerawat, Ternyata Ini Alasannya
Tips terbaru: Ketahui Manfaat Lain Micellar Water Selain untuk Kulit Wajah
Ketahui Manfaat Lain Micellar Water Selain untuk Kulit Wajah
Tips terbaru: Saat putus cinta, sebagian orang akan berusaha mengubah tampilan dirinya agar bisa lebih cepat move on. Salah satunya dengan memotong rambut
Memotong Rambut, Salah Satu Cara Wanita Saat Ingin Move On
Info terbaru: Lulur memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit wajah, jika dilakukan secara rutin terbukti dapat membuat kulit lebih cerah.
3 Manfaat Lulur dari Bahan Alami untuk Wajah