Mahasiswa UI Guncang Panggung Gamescom 2023 di Jerman: Membawa Harum Nama Industri Game Indonesia

Mahasiswa UI Guncang Panggung Gamescom 2023 di Jerman: Membawa Harum Nama Industri Game Indonesia

Ilustrasi. [Canva]

Mahasiswa Vokasi UI memamerkan karya dan talenta di Gamescom 2023, Jerman, menunjukkan potensi besar Indonesia dalam industri game global. Temukan kisah inspiratif mereka di sini.

Cekricek.id - Dalam sebuah momen bersejarah, Nathaniel Ebenezer Pantun dan Keisha Mayra Faiza Amaris Hermawan, dua mahasiswa berbakat dari Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia jurusan Produksi Media, berhasil mengibarkan bendera Indonesia di Gamescom 2023, Koelnmesse, Koln, Jerman. Mereka hadir di ajang prestisius ini berkat undangan dari Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Gamescom, yang dikenal sebagai pameran industri game terbesar di dunia, tahun ini menampilkan lebih dari 1.227 stan dari 63 negara. Di tengah-tengah ribuan peserta, mahasiswa kita ini mendapat kesempatan emas untuk mempresentasikan ide dan karya mereka di depan perusahaan game ternama.

Mereka tidak hanya memaparkan latar belakang pendidikan mereka di bidang Produksi Media, tetapi juga menampilkan karya dan pengetahuan yang telah diperoleh selama masa studi. Dengan penuh semangat, mereka berbagi pengalaman, menonjolkan prestasi, dan menunjukkan kompetensi yang dimiliki.

Kehadiran mereka di Gamescom tidak hanya membanggakan, tetapi juga menandai langkah besar bagi Prodi Produksi Media Vokasi UI. Ini menjadi bukti bahwa lembaga pendidikan kita telah berhasil menjalin kerja sama dengan industri game global dan menjadi yang pertama dari Indonesia yang hadir di acara bergengsi tersebut.

Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., pemimpin dari Program Studi Produksi Media UI, menyatakan bahwa keikutsertaan mahasiswa di Gamescom 2023 mencerminkan dedikasi Vokasi UI dalam mendukung industri game nasional. "Gamescom akan menjadi agenda tahunan bagi kami sebagai bagian dari AGI. Ini adalah langkah maju dalam mengembangkan sektor game di Produksi Media," ungkap Rangga.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari, 23-25 Agustus 2023, mahasiswa tersebut didukung oleh tim pendamping dari UI, termasuk Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, serta beberapa nama lain yang memiliki peran penting di universitas.

Selain berpartisipasi dalam pitching, tim dari UI juga aktif menjelajahi pameran, berinteraksi dengan developer game, dan mencoba berbagai game terbaru. Salah satu karya yang menjadi sorotan adalah Roblox Game, yang dikembangkan oleh mahasiswa Produksi Media Vokasi UI yang sedang magang di Extralife Entertainment.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, menekankan bahwa kehadiran mahasiswa di Gamescom 2023 adalah bukti bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar di industri game global. "Gamescom 2023 menjadi jembatan bagi mahasiswa UI untuk terhubung dengan pelaku industri game dunia. Saya berharap pengalaman ini akan mempersiapkan mereka untuk bersaing di level internasional," kata Padang.

Melalui partisipasi di Gamescom, Vokasi UI tidak hanya memperoleh wawasan tentang tren industri game, tetapi juga memahami proses pengembangan game dengan lebih mendalam. Mereka juga menjalin hubungan dengan profesional industri dan menawarkan berbagai program kerja sama, termasuk magang, pertukaran mahasiswa, dan kolaborasi riset.

Dengan semangat dan dedikasi seperti ini, diharapkan industri game di Indonesia akan semakin berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan game internasional yang telah lama berkecimpung di tanah air.

Baca Juga

Cekricek.id - Universitas Indonesia Dinobatkan sebagai Universitas Terbaik di Asia untuk Keberlanjutan Versi UI GreenMetric 2023
Universitas Indonesia Dinobatkan sebagai Universitas Terbaik di Asia untuk Keberlanjutan Versi UI GreenMetric 2023
Cekricek.id - Permainan Kartu Rama Shinta, Inovasi UI Cegah HIV/AIDS Melalui Inspirasi Wayang
Permainan Kartu Rama Shinta, Inovasi UI Cegah HIV/AIDS Melalui Inspirasi Wayang
Satu-satunya di Indonesia, UI Menembus 1000 Universitas Terbaik Dunia
Satu-satunya di Indonesia, UI Menembus 1000 Universitas Terbaik Dunia
Kesadaran akan asuransi dan jaminan sosial menjadi kunci kesejahteraan generasi muda Indonesia. Pelajari pentingnya pemahaman ini bagi masyarakat berusia 17-35 tahun.
Meningkatkan Kesadaran Asuransi dan Jaminan Sosial: Kunci Kesejahteraan Generasi Muda Indonesia
Muhammad Aqsha Aufarahim Amato Rudolph, mahasiswa Teknik Mesin UI, menggabungkan prestasi akademik dan karier balap dengan sukses. Temukan kisah inspiratifnya di sini.
Amato Rudolph: Mahasiswa UI yang Bersinar di Trek Balap Nasional
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya