Nih, Cara Mudah Screenshot Pada HP Samsung

Cara Mudah Screenshot Pada HP Samsung

Ilustrasi: Cara screenshot pada HP Samsung. [Canva]

Cekricek.id - Cara melakukan screenshot di smartphone Samsung dengan smartphone lainnya sebenarnya sama saja. Namun, hanya ada sedikit perbedaan untuk tiap modelnya.  Khusus untuk pemula pengguna Samsung, beginilah cara screenshot di smartphone Anda.

Gunakan Kombinasi Tombol

Umumnya, cara melakukan screenshot dengan kombinasi tombol ialah dengan menekan tombol daya dan tombol volume down secara bersamaan. Nah, ponsel akan berkedip menandakan bahwa layar sudah ditangkap.

Gunakan Scroll Capture

Apakah laman web terlalu panjang untuk screenshot hanya dalam satu tangkapan layar? Scrool capture memungkinkan Anda mengambil beberapa screenshot dari satu halaman dan menggabungkan semuanya menjadi satu screenshot besar. Dengan begitu, Anda mendapatkan gambaran keseluruhan.

Arahkan ke layar yang ingin Anda capture. Untuk mengambil tangkapan layar, tekan tombol Daya dan Volume turun secara bersamaan. Saat menu Smart capture muncul, ketuk ikon Scroll capture yang terlihat seperti panah ke bawah.

Kemudian, ketuk kedua kalinya untuk memulai proses pengambilan gulir. Tekan terus ikon tersebut hingga mencapai bagian bawah halaman atau tempat yang Anda inginkan.

Tambahkan tag ke tangkapan layar Anda dengan mengetuk ikon hashtag di menu Tangkap cerdas. Tag yang disarankan akan muncul, tetapi Anda juga dapat membuatnya sendiri. Ketuk Simpan untuk menyimpan tag Anda.

Gunakan S Pen

Cara lain adalah menggunakan S Pen. Anda dapat menggunakan fitur bernama Screen write untuk mengambil screenshot dengan cepat. Ambil S Pen dari ponsel, lalu navigasikan ke layar mana yang ingin Anda capture.

Dengan S Pen, tap ikon menu Air command dan tap Screen Writer. Maka akan secara otomatis mengambil tangkap layar. Gunakan kontrol untuk menulis atau menggambar pada screenshot jika Anda mau. Setelah selesai, tap ikon Save untuk menyimpan screenshot di Gallery.

Gunakan Voice

Anda perlu menyiapkan sebuah Bixby Voice atau Google Assistant, Anda dapat melakukan perintah screenshot dengan mudah.

Saat akan melakukan screenshot ucapkan ‘Hai Bixby, ambil screenshot’ dan Bixby  maka akan langsung tertangkap layar Anda.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Data Kita Diretas atau Tidak

Tak hanya itu, Anda juga bisa memerintahkan pekerjaan kompleks dan mengucapkan ‘Hai Bixby, ambil screenshot dan bagikan di Twitter. Selamat mencoba.

Nah itulah cara melakukan screenshot pada HP Samsung. Semoga bermanfaat yah.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Ternyata untuk membuat mentega rumahan cukup sederhana resepnya. Kita hanya memerlukan susu atau krim yang hampir kadaluarsa.
Praktis, Ternyata Begini Cara Membuat Mentega Rumahan
Penampilan menjadi hal penting bagi para selebriti. Pemilihan outfit yang sesuai menambah kepercayaan tersendiri terutama bagi Beby Tsabina.
5 Inspirasi OOTD Nongkrong Ala Beby Tsabina, Cantik dan Trendy
Anda perlu mengetahui tanda-tanda WhatsApp yang anda miliki dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, anda perlu mengenali ciri-ciri berikut ini.
Kenali, Ini Tanda-tanda WhatsApp Anda Dibajak
Jika Tak Mendaftar ke Kominfo Hingga 20 Juli Mendatang, beberapa layanan perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, WhatsApp Terancam Diblokir di Indonesia.
Tak Mendaftar ke Kominfo Hingga 20 Juli Mendatang, Google, Facebook, WhatsApp Terancam Diblokir
Farah Quinn membagikan 10 tips menjadi wanita yang elegan dan disegani banyak orang. Tidak hanya ketika di luar rumah, di rumah pun wanita harus tampil elegan.
Ini 10 Tips Menjadi Wanita Elegan Menurut Farah Quinn
Tips terbaru: Jika kamu membeli mobil bekas, maka kamu perlu memperhatikan 4 Dampak yang Diperhatikan Mobil Bekas dengan Kilometer Tinggi
Kenali Dampak Mobil Kilometer Tinggi Sebelum Beli Mobil Bekas